Kekurangan Dan Kelebihan Vitamin A - Vitamin adalah salah satu unsur mikronutrien yang di butuhkan tubuh, salah satunya yaitu Vitamin A.
Retinol atau Vitamin A memiliki peran penting pada kesehatan mata kita. Kita bisa memperoleh vitamin A pada berbagai sayuran berdaun hijau ataupun sayuran berwarna kuning yang mengandung karoten, misalnya bayam, wortel, dan kentang. Pada zat hewani juga dapat ditemukan contohnya Minyak ikan, telur, dan mentega.


Kuantitas pemenuhan asupan Vitamin A dalam tubuh haruslah PAS! karena apabila kekurangan ataupun kelebihan akan mengakibatkan gangguan pada tubuh kita.

A. AKIBAT KEKURANGAN VITAMIN A
  1. Terganggunya Penglihatan, Seperti yang kita ketahui fungsi utama Vitamin A adalah memelihara kesehatan mata kita, Gejala awal yang timbul pada saat tubuh kita kekurangan Vitamin A yaitu mata akan terasa kering (Xeropthalmia) merupakan suatu keadaan adanya kelainan pada selaput lendir mata.
  2. Terganggunya Proses Pencernaan, Pada sistem pencernaan hal paling utama adalah usus, disini terjadi  penyerapan air, agar penyerapan air dapat optimal maka kestabilan dinding usus haruslah terjaga. salah satu faktor pendukung kestabilan dinding usus adalah vitamin A, sehingga apabila usus kekurangan Vitamin A akan mengakibatkan fleksibilitas dinding pnyerapan mnjadi kurang optimal. Apabila kejadian ini terjadi terus menerus akan mengakibatkan terjadinya peradangan ataupun infeksi pada saluran kemih.
  3. Kulit Menjadi Rusak, Akibat dari kurangnya Vitamin A akan mengakibatkan kurangnya kemampuan dari sel-sel kelenjar untuk menghasilkan mucus (lendir) pada saat kulit beregenerasi sehingga yang terbentuk adalah kulit yang kasar dan bersisik.
  4. Menghambat Pertumbuhan, Vitamin A juga ternyata mampu menghambat pertumbuhan kita karena pada proses pembentukan tulang dan epitel jaringan tubuh memerlukan Vitamin A sebagai pensintetis protein pembentukan tulang dan gigi.
  5. Malnutrisi, Lebih sering terjadi pada anak-anak karena keseimbangan asupan nutrisinya tidak terpenuhi, akibatnya dapat terjadi obesitas pada anak. kekurangan Protein dan kalori seimbang akan mengakibatkan terganggunya pengangkutan Vitamin A sehingga mengakibatkan Kulit, Lapisan paru-paru, usus dan kandung kemih akan mengeras.

B. AKIBAT KELEBIHAN VITAMIN A
Mengkomsusmsi Vitamin A secara berlebihan misalnya Hati beruang kutub atau Hati anjing laut ataupun suplemen Vitamin A dengan dosis yang tinggi dapat mengakibatkan keracunan pada tubuh, dengan menderita gejala seperti ngantuk, kepala terasa sakit tidak tertahankan, muntah hingga berjamjam.


Demikian Artikel Ampuh mengenai Kekurangan Dan Kelebihan Vitamin A , semoga ini dapat membantu untuk lebih menjaga keseimbangan asupan nutrisi kita khususnya pada asupan mikronutrien yang di butuhkan tubuh.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: