10 Mineral Yang Di Butuhkan Tubuh Kita - Mineral merupakan senyawa kimia homogen yang bersifat anorganik terbentuk secara alami di alam dan memiliki bentuk teratur. Dibumi ada jutaan jenis mineral, akan tetapi ada beberapa mineral khusus yang di butuhkan oleh tubuh kita.


JENIS-JENIS MINERAL YANG DI BUTUHKAN TUBUH KITA
  1. Kalsium (Ca), Merupakan mineral yang dibutuhkan pada saat pembentukan tulang dan gigi, saat terjadinya kontraksi dan relaksasi pada sel otot di dalam tubuh, berperan dalam proses pembekuan darah saat terjadinya luka serta berperan penting dalam sistem imun tubuh manusia. Kalsium (Ca) dapat kita temukan pada sayuran berdaun hijau seperti sayur kangkung, daun singkong, bayam, daun pepaya, daun kacang panjang dan brokoli.
  2. Fospor (F), Jenis ini juga berperan dalam mineralisasi tulang dan gigi kita serta mengatur keseimbangan Ph darah. mineral ini dapat di temui dalam kandungan ikan, daging unggas, telur dan susu.
  3. Natrium (Na), Fungsi dari Natrium adalah untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh serta menjaga tekanan osmotik dalam cairan dara agar tidak terjadi lisis. Natrium di dalam tubuh juga bekerja sama dengan kalium untuk transmisi sara, kontraksi otot, absorbsi glukosa serta transportasi zat-zat gizi melalui antar membran sel.sumber makanan penghasil natrium ada pada daging, mentega dan produk peternakan.
  4. Kalium (K), Berperang penting dalam keseimbangan elektrolit dalam tubuh serta menyeimbangkan asam-basa dalam tubuh kita, dan juga berperan penting dalam proses metabolisme energi, sintetis glikogen dan protein. sumber kalium yaitu: Jeruk, semangka, Pisang, Sayuran hijau, Tomat, Kentang, Kacang Polong dan Wortel.
  5. Sulfur (S), Berfungsi dalam menjaga keseimbangan oksigenisasi dalam otak, Sulfur bekerja sama dengan Vitamin B untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh serta melawan bakteri akibat infeksi. sumbernya yaitu: Kacang-Kancangan, Bawang Putih, Bawang Bombay dan kubis-kubisan.
  6. Kromuim (Cr), mineral ini dibutuhkan dalam proses metabolisme lemak dan karbohidrat. Kromium bekerja sama dengan insulin untuk membantu glukosa untuk melewati membran sel. Sayuran dan buah yang mengandung Kromium yaitu: Kentang, Cabai Hijaun, Apel, Pisang, Bayam, Wortel dan Jeruk.
  7. Zat Besi (Fe), Berperan penting dalam penstabilan Hemoglobin (Hb) dalam tubuh, yang mana Hb berikatan dengan darah merupakan penanggungjawab pendistribusian oksigen dari paru-paru keseluruh tubuh. Zat besi juga berperan aktif pada metabolisme energi, termasuk pada pensintetisan DNA (DeoxyriboNukleat Acid), serta berperan pada Imunitas tubuh. Sumber Zat Besi (Fe) adalah: Sayuran hijau seperti bayam, Kangkung, daun singkong, dan daun pepaya.
  8. Yodium (I), Yodium adalah nama mineral yang lazim di dengar di masyarakat, berperan penting dalam proses pertumbuhan, membakar kelebihan lemak, menjaga kesehatan rambut, kulit dan gigi kita. sumbernya: Bawang merah dan Tanaman dekat pantai, serta beberapa jenis garam dapur mengandung Yodium.
  9. Magnesium (Mg), berperan penting sebagai katalisator berjalannya metabolisme dalam tubuh, berperan dalam sintetis degradasi sel serta yang paling penting yaitu menjaga kestabilan benang-benang kromatin pada DNA. sumber makanan yang mengandung Magnesium yaitu pada sayuran hijau, biji-bijian dan kacang-kacangan.
  10. Mangan (Mn), Mineral ini berfungsi sebagai Kofaktor terjadinya proses metabolisme dalam tubuh, saat bekerja sama dengan enzim maka berperan dalam pembentukan ureum, pembentkan jaringan ikat dan tulang serta mencegah terjadinya peroksidasi lemak oleh radikal bebas. sumber mineral berasal dari: Kacang-kacangan, sayur berdaun hijau dan gandum.

 Demikian Artikel Ampuh mengenai 10 Mineral Yang Di Butuhkan Tubuh Kita , semoga ini dapat membantu untuk lebih memerhatiakan kebutuhan mineral tubuh kita, karena sangat mudah untuk mendapatkannya hanya dengan mengkomsumsi sayur dan buah.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: