Macam Macam Teknologi Generasi Pertama Atau 1G | Teknologi Generasi Pertama 1G | AMPS (Advanced Mobile Phone Service) atau IS-136 | NMT (Nordic Mobile Telephony) | HICAP , Di Jepang | TACS (Total Access Communicatioons Sistem) | C-450 | C-Netz | Mobitex| DataTAC| CDPD (Cellular Digital Packet Data)
Teknologi Generasi Pertama / First Generation (1G) -1G merupakan generasi pertama dari teknologi hp (handphone) pertama yang diperkenalkan kepada dunia di era 80-an yang maih menggunakan sistem komunikasi data secara digital. Frequency Division Multiple Access (FDMA) adalah teknologi yang digunakan pada komunikasi 1G. Teknik ini memungkinkan untuk membagi bagi alokasi frekuensi pada suatu sel untuk pelanggan di sel tersebut,sehingga setiap pelanggan saat melakukan pembicaraan memiliki frekuensi sendiri (prinsipnya,seperti pada stasiun radio ,satu stasiun radion menggunakan satu frekuensi untuk siarannya.

http://www.artikelampuh.blogspot.com/p/sitemap.html

Adapun Macam Macam Teknologi Generasi Pertama Atau 1G adalah :


  1. AMPS (Advanced Mobile Phone Service) atau IS-136
    Teknologi ini dikembangkan sekitar tahun 1970-an. Pertama kali diperlihatkan pada tahun 1987 di daerah New Jersey dan Chicago dan dikomersilkan di U.S.A tahun 1983 dan berakhir pada tahun 2000, AMPS menggunakan frekuensi 800 MHz "Cellular" FM band AMPS , cara kerjanya hampir sama dengan IMTS (0G).
  2. NMT (Nordic Mobile Telephony)
    Teknologi ini dikembangkan pada tahun 1980-an . Selanjutnya , NMT 450 dikembangkan oleh perusahaan mobile Ericsson dan Nokia.Inc pada tahun 1981 dan beroperasi di frekuensi 450 MHz dengan menggunakan FDD (Frequency Division Duplex) FDMA. Ada juga NMT-F versi Perancis dari NMT900 diperkenalkan tahun 1986 yang beroperasi pada 900 MHz.
  3. HICAP , Di Jepang
    HICAP dikembangkan oleh NTT (Nipponn Telegraph and Telephone) pada bulan desember 1988, dengan frekuensi carrier 25 KHz dan menggunakan FDMA sebagai jaringan dari NTT Mobile solution.
  4. TACS (Total Access Communicatioons Sistem)
    Teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan Motorola yang nyaris sama dengan AMPS diperkenalkan tahun 1985. Teknologi ini merupakan standar analog yang dominan digunakan di Eropa yang beroperasi pada frekuensi 900 MHz. Di Negara Jepang ,Teknologi TACS lebih dikenal dengan JTAC atau Japanese Total Access Communication . TACS akhirnya digantikan dengan sistem GSM , khusus negara inggris TACS tergnatikan dulu oleh ETACSA tahun 1987 , sebelum benar benar tergantikan oleh GSM.
  5. C-450
    Muncul tahun 1980-an dan berakhhir tahun 1988, awalnya digunakan oleh Jerman Barat,Portugal,dan Afrika Selatan pada frekuensi 450 MHz.
  6. C-Netz
    C-Netz merupakan pengganti dari teknologi BNetz , diperkenalkan tahun 1981, dan berakhir tahun 1988, di Austria dan Jerman, yang dikenal sebagai Motor Phone System 512, yang dioperasikan oleh Vodacom SA.
  7. Mobitex
    Dikembangkan oleh Ericsson , berdasarkan standar dari OSI. di Amerika Utara, Mobitex Beroperasi di frekuensi 900 MHz, dan di Eropa beroperasi pada frekuensi 400-450 MHz. Mobitex banyak digunakan dikalangan militer,polisi,pemadam kebakaran,dan jasa ambulance karena tingkat keamaan dan kualitas jaringannya mengalahkan jaringan lainnya.
  8. DataTAC
    Teknolgi ini dikembangkan oleh Motorola untuk melayani komunikasi data. Beroperasi di frekuensi 800 MHz, dengan kecepatan data sampai 19.2 Kbit/s.
  9. CDPD (Cellular Digital Packet Data)
    Teknologi CDPD diperlihatkan pada tahun 1992 di U.S.A. CDPD memberikan kemampuan kepada teknologi D-AMPS/AMPS untuk komunikasi secara audio maupun menggunakan data dengan lebar jalur jaringannya sampai kecepatan 19.2 Kbit/s, beroperasi pada frekuensi 800 MHz dan 900 MHz. sama dengan halnya CDPD, dapat menjalankan aplikasi internet protocol(IP) dan dapat bertindak sebagai ekstensi internet, yang memungkinkan pengguna dapat merasa online terus-menerus seperti halnya teknologi gprs.

Demikian Artikel Ampuh mengenai Teknologi Generasi Pertama / First Generation (1G) membantu kita mengenal dari asal mula jaringan yang harus kita kenal , sebagai permulaan sebuah jaringan.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: