Topologi Jaringan Komputer Berdasarkan Skalanya,sejarah evolusi jaringan komputer.Topologi Jaringan Komputer,LAN,MAN,CAN,GAN,Internet,Intranet,Extranet,GAN
Topologi Jaringan Komputer - Suatu jaringan komputer pada dasarnya bertujuan untuk menghubungkan seluruh jaringan yang sudah ada dalam sistem jaringan tersebut sehingga nantinya segala informasi dapat ditransfer dari suatu lokasi ke lokasi lain. Namun demikian, jaringan komputer memiliki jenis dan topologi berbeda-beda. Penyebab Perbedaan antara topologi ini adalah dari fungsi dan dari perkembangan teknologi yang pernah ada pada sepanjang sejarah evolusi jaringan komputer.

Jenis Jenis Jaringan komputer bisa dikelompokkan dalam beberapa parameter salah satunya ialah topologi jaringan berdasarkan skalanya.


Topologi Jaringan Komputer Bedasarkan Skalanya :


Menurut skalanya,jaringan komputer bisa dikelompokkan sebagai Personal Area Network (PAN),Local Area Network (LAN),Campus Area Network (CAN), Metropolitan Area Network (MAN),atau Wide Area Network (WAN.

Mengingat ethernet kini menjadi standar antarmuka jaringan,perbedaan diatas sangat penting dipahami oleh para administrator jaringan. Administrator jaringan harus melakukan penyetingan jaringan berdasarkan delay yang diakibatkan oleh jarak sehingga menghasilkan kualitas layanan (QoS/Quality of Service) karena kata kunci perdedaan antara masing-masing jaringan tersebut adalah ukurannya.

Personal Area Network (PAN)
Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk berkomunikasi antara komputer atau piranti yang terdekat,seperti Printer,Fax,Telepon,PDA,atau Scanner dan semua periferal lainnya.

Sebuah PAN umumnya memiliki jarak 4-6 meter. PAN umumnya berguna untuk berkomunikasi dengan piranti tertentu atau untuk menghubungkan ke jaringan komputer yang lebih tinggi atau bahkan internet (misalnya menggunakan modem ponsel atau eksternal)

Koneksi jaringan komputer personal yang wired bisa langsung terhubung ke slot komputer,misalnya slot USB atau Firewire IEEE 1394. Adapun yang berbentu wireless biasanya berupa infrared IrDA ataupun bluetooth)

Bluetooth untuk PAN juga disebut piconet,komponen ini terdiri dari 8 piranti aktif yang menggunakan hubungan master dan slave. Piranti bluetooth pertama di piconet berfungsi sebagai master sementara lainnya berfungsi sebagai slave. Sebuah Piconet pada umumnya memiliki jangkauan 10 meter walaupun dalam kondisi ideal bisa hingga mencapai 10 meter.

Inovasi inovasi terkini di antena bluetooth memungkinkan piranti ini untuk meningkatkan jangkauannya sehingga melampaui jangkauan yang ada sebenarnya.

Local Area Network (LAN)
LAN adalah sebuah jaringan komputer yang hanya mencakup area tertentu yang berukuran kecil,misalnya rumah,kantor,atau gedung. LAN zaman sekarang umumnya menggunakan teknologi Ethernet sebagai infrastruktur.

LAN bisa dibuat memakai berbagai macam teknologi untuk mempersatukan/menggabungkan beberapa komputer dalam sebuah jaringan,tergantung kepada kebutuhannya. Sebuah komputer di jaringan bisa dibuat menggunakan hub+kabel dan bisa juga dibuat menggunakan wireless.

Jumlah komputer yang ada di LAN bisa beragam tergantung kebutuhan,layout dari gedung dan kebutuhan yang diperlukan. Jumlah komputer dalam LAN juga bisa ditambah tergantung kebutuhan.

Teknologi Ethernet yang kini lazim dipakai untuk membuat LAN dapat mengakomodasi kecepatan hinggal maksimal 10 Gbit/s

Campus Area Network (CAN)
CAN adalah jaringan yang menghubungkan 2 atau lebih LAn,namum masih terletak di tempat tertentu saja,misalnya kampus,pangkalan militer,dan kompleks industri tertentu.

CAN hampir mirip dnegan MAN (Metropolitan Area Network) , namun ukurannya lebih kecil dibandingkan MAN. CAN biasanya digunakan untuk menyebut sebuah implementasi jaringan komputer untuk area yang bersebrangan dan tidak terpisah.

Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network merupakan sebuah jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih Local Area Network atau Campus Area Network namum tidak melewati batas kota,atau area metropolitan tertentu. Untuk Membuat MAN,diperlukan beberapa router,switch dan hub.

Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan komunikasi data yang mencakup area geografis yang luas. Misalnya antara satu negara dengan negara lainnya. Sebuah WAN biasanya menggunakan fasilitas yang disediakan oleh perusahaan tele-komunikasi.

Global Area Network (GAN)
Spesifikasi tentang Global Area Network (GAN) dikembangkan oleh banyak kelompok dan tidak ada defenisi utama tentang GAN ini. Namum,umumnya GAN adalah model yang berfungsi  untuk memberi dukungan komunikasi kepada perangkat mobile yang mencakup beberapa LAN Wireless,area yang dilingkup satelit dan sebagainya.

Intranet
Intranet merupakan sebuah kumpulan dari beberapa jaringan yang saling berhubungan dan memanfaatkan protocol yang bermana Internet Protocol dan alat-alat berbasis berbasis IP seperti web browser dan sebagainya.

Ciri Khas intranet adalah adanya administrator dari sebuh intranet yang menjaga jaringan internet agar tertutup dari jaringan luar. Sebuah intranet biasanya adalah jaringan lokal dari sebuah perusahaan tertentu.

Extranet
Extranet merupakan jaringan yang terbatas ditinjau dari scope organisasinya. Namum juga berbeda dengan intranet yang sifatnya lokal,extranet memungkinkan orang luar atau entitas luar memiliki akses terbatas ke dalamnya.

Contohnya sebuah perusahaan ada yang membuka ekstranetnya untuk pihak luar,misalnya kepada para pelanggan. Extranet secara teknis bisa dikategorikan sebagai, CAN,MAN,atau WAN,  Selain itu,extranet umumnya tidak hanya terdiri dari satu LAN,karena harus memiliki koneksi (minimal satu) dengan jaringan eksternal.

Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang terdiri dari gabungan jaringan komputer di seluruh dunia. Jaringan-jaringan penyusun internet sangat luas,bisa terdiri dari jaringan komputer milik pemerintahan,akademis,publik,dan jaringan komputer pribadi.

Sejarah dari jaringan internet ini adalah proyek Advanced Research Project Agency Network (ARPANET) yang dikembangkan oleh ARPA yang merupakan bagian dari department petahanan Amerika (U.S. Department Of Defense).

Internet juga merupakan tempat terletaknya WWW (World Wide Web) . Orang yang ingin bergabung ke internet harus mendaftar ke ISP (Internet Service Provider).Provider Penyedia layanan saling berbagi informasi mengenai keterjangkauannya melalui BGP (Border Gateway Protocol)

Demikian Postingan Artikel Ampuh Mengenai Topologi Jaringan Komputer Berdasarkan Skalanya ,semoga membantu para pembaca sebagai bahan referensi.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: