Penciptaan Arsip - Kegiatan kearsipan pada dasarnya tidak hanya saat penyimpanan saja. Akan tetapi, sudah dimulai sejak arsip tersebut diciptakan, diproses, disimpan, sampai akhirnya arsip tersebut dimusnahkan. Termasuk dalam hal ini adalah pemeliharaan atau perawatan arsip
Penciptaan Arsip - Setelah kemarin Artikel Ampuh membahas mengenai Pengertian dan Tujuan Kerasipan, kali ini admin artikelampuh akan berbagi mengenai Penciptaan Arsip, dimana kita akan belajar mengenal dan mengetahui tahap awal terjadinya penciptaan arsip.

Kegiatan kearsipan pada dasarnya tidak hanya saat penyimpanan saja. Akan tetapi, sudah dimulai sejak arsip tersebut diciptakan, diproses, disimpan, sampai akhirnya arsip tersebut dimusnahkan. Termasuk dalam hal ini adalah pemeliharaan atau perawatan arsip

Penciptaan Arsip

Pada Tahap awal (penciptaan arsip), arsip tercipta melalui 2 cara, yaitu sebagai berikut :


  1. Secara Intern
    Secara intern berarti bahwa arsip itu dibuat sendiri dalam ruang lingkup suatu perusahaan, yang meliputi standarisasi surat, bentuk surat, formulir, naskah, dan sebagainya serta pemrosesannya.

    Arsip intern dapat dikendalikan oleh perusahaan sendiri, sehingga dapat diatur baik isi maupun fisiknya, dan dibuat sesuai dengan kebutuhan.

    Contoh : Surat dari departemen keuangan ke departemen pemasaran

  2. Secara Ekstern
    Scara ekstern berarti sebuah arsip diterima dari pihak lain, baik dari perorangan maupun dari perusahaan. Pembuatan surat eksternal tidak dapat dikontrol dan dikendalikan oleh perusahaan tertentu, hal itu menyebabkan surat yang diterima suatu perusahaan akan berbeda satu dengan yang lainnya, terutama pada susunan ataupun standarisasi surat.

    Contoh : surat lamaran pekerjaan yang diterima suatu perusahaan.

Demikian Artikel Ampuh mengenai Penciptaan Arsip , dimana kita lebih memahami mengenai penciptaan arsip itu sendiri, dan mengenal istilah baru berupa arsip secara intern dan arsip secara ekstern beserta contoh contohnya.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: