Pengertian Dan Tujuan Kearsipan - Pengertian Dan Tujuan Kearsipan yang memberikan kita pemahaman mengenai kearsipan dan tujuan diselenggarakannya kearsipan tersebut.
Pengertian Kearsipan - Kearsipan adalah suatu proses kegiatan mulai dari kegiatan penerimaan , kegiatan pengumpulan , kegiatan pengaturan , kegiatan pemeliharaan , dan juga kegiatan penyimpanan untuk warkat menurut sistem yang telah di tentukan , sehingga pada saat diperlukan dapat ditemukan dengan cepat dan mudah.

Pengertian Dan Tujuan Kearsipan

Tujuan Penyelenggaraan Kearsipan , Adalah Sebagai Berikut :


  1. Agar arsip terpelihara dengan baik, teratur, dan aman.
  2. Agar bisa dengan mudah didapatkan kembali arsip yang dibutuhkan tersebut dengan cepat dan tepat
  3. Agar terhidari dari pemborosan tenaga dan waktu dalam kegiatan pencarian arsip yang kita butuhkan
  4. Untuk menghemat tempat penyimpanan.
  5. Untuk menjaga kerahasiaan arsip.
  6. Untuk menjaga kelestarian arsip.
  7. Untuk menyelamatkan arsip isinya tentang informasi pertanggung jawaban, tentang perencanaan, tentang pelaksanaan, dan tentang penyelenggaraan suatu kegiatan kemasyarakatan.
Dalam kegiatan menyelamatkan arsip yang memiliki informasi penting di dalamnya dan juga merupakan bukti pertanggungjawaban yang sangat otentik, baik secara fisik maupun isinya, maka arsip-arsip tersebut haruslah disimpan dengan baik menggunakan suatu sistem yang memudahkan dalam menyimpan dan menemukan kembali. 

Kegiatan penyimpanan tersebut membutuhkan banyak perlengkapan dan juga peralatan yang cukup memadai baik dari segi jumlah maupun kualitas . Hal tersebut penting agar arsip arsip tersebut dapat terlindung dari bahaya yang dapat mengancam menyebabkan terjadinya bahaya kerusakan arsip pada arsip tersebut, adapun bahaya yang mengancam itu ialah seperti bencana banjir, bahayan bencana kebakaran, bahaya tindakan pencurian, dan lain sebagainya.

Di setiap kantor tentu saja perlengkapan dan perlatan yang digunakan bermacam-macam semakin besar kantor dan arsip yang dikelola, maka semakin banyak dan beragam pula peralatan yang digunakan.

Demikian Artikel Ampuh mengenai Pengertian Dan Tujuan Kearsipan yang memberikan kita pemahaman mengenai kearsipan dan tujuan diselenggarakannya kearsipan tersebut.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: