Menyusuri Jejak Sang Pemburu Rempah - Diperkirakan 3000 tahun sebelum masehi, penduduk Eropa telah menggunakan rempah-rempah.
Menyusuri Jejak Sang Pemburu Rempah - Diperkirakan 3000 tahun sebelum masehi, penduduk Eropa telah menggunakan rempah-rempah. Begitu berharganya rempah-rempah bagi kehidupan mereka. Akan teteapi  beradab-abda lamanya mereka belum mampu memecahkan misteri asal usul rempah.

Seperti dalam buku The Spice Route karya Jhon Keay,menuturkan bahwa kayumanis yang diperdagangkan tersebut berasal dari sebuah sarang burung. Burung yang telah membawa beberapa potongan kayu manis dari sebuah tempat yang tidak diketahui dan menjadikannnya sebagai sarang . Soal darimana asal kayu manis itu, cuma burung itu yang mengetahuinya. Akankah Indonesia yang tidak lain adalah kepulauan rempah-remah ini akan menjadi penentu sejarah berikutnya ? Waktu yang akan membuktikannya.

Bukan Rahasia apabila rempah-rempah menjadi primadona,hampit di tiap negara di dunia khususnya Eropa berlomba-lomba memburunya.

Berikut Para Pemburuh Rempah Dunia yang Di catat Sejarah :


1.Herodotus

Herodotus ialah seorang sejarawan Yunani,pada abad V sebelum Masehi mencatat keingintahuan orang Eropa mengenai asal-usul rempah-rempah mulai muncul. Akan tetapi,orang Arab yang dulunya sebagai pedagang rempah-rempah di Eropa tetap menyembunyikan asal-usul rempah-rempah itu.

2.Fa hien dan I Tsing
Pada tahun 671-695 catatan sorang pengelana yang berasal dari China yang bernama Fahien yang dalam sebuah buku ,yang dituliskan dalam bahasa Inggris berjudul " A Record pf Buddhistic Kingdoms as Practised in India and the Malay Archipelago",juga menyebut rempah-rempah sebagai suatu hal yang penting di dalam dunia perdagangan saat ini.

Pada abad IV diketahui ada jalur India-China yang melalui Selat Sunda. Rempah-rempah dari Nusantara dibawa dari berbagi tempat menuju pelabuhan di Semenanjung Malaya,kemudian dibawa melalui jalur Arab dan Eropa. Diduga pedagang asal Arab mendapat rempah-rempah melalui tiga jalur yaitu India,China, dan Indonesia. Rempah-tempah dari Nusantara memasuki China melalui jalur laut.

3.Marco Polo

Pada abad ke 13 Marco Polo melakukan perjalanan ke Daerah Timur melalui jalur darat hingga Tiba di China dan pulang kembali ke Negaranya di Italia melalui jalur darat dan jalur laut. Marco Polo telah menyebutkan beberapa tempat yang menghasilkan rempah-rempah di Indonesia. Beberapa pengelana juga mulai masuk ke wilayah Indonesia dan menyebutkan beberapa tempat yang banyak menjadi penghasil rempah-rempah.

4.Nicolo de Conti (1395-1469)

Laporan seorang pengelana asal Italia yang telah menjangkau Asia pada awal abad ke 15, yang bernama Nicolo de Conti , diperkirakan sebagai pendorong awal bangsa Portugis untuk memulai sebuah ekspedisi ke Pulau Rempah-rempah. Laporan tersebut menyakinkan bangsa Portugis bahwa pulau tersebut bisa dicapai lewat jalur laut.

Portugis kemudian membuat ekspedisi menyusuri pantai selatan Eropa, Kemudian Afrika hingga memasuki Asia. Penemuan tempat ini makin jelas ketika portugis menguasai Pelabuhan Malaka di tahun 1511. Di lain sisi, Bangsa Spanyol yang tidak mau kalah juga mencari jalur rempah-rempah melalui jalur darat dan pada akhirnya mereka menemukan Benua Amerika.

5.Ferdinand Magellan (1480-1521)

Petualangan yang sangat spektakuler adalah petualangan dari 5 kapal Ferdinand Magellan yang dimulai dari pelabuhan Sevila,Spanyol,pada tahun 1519. Ekspedisi Ferdinand Magellan yang berhasil mengelilingi bumi dan juga menemukan Kepulauan rempah-rempah meskipun pada akhirnya hanya 1 kapal yang bisa selamat untuk kembali ke Spanyol,yaitu kapal Victoria. Magellan sendiri tewas di Cebu,Filipina setelah berperang dengan orang orang dari suku setempat

Meski demikian,ekspedisi tersebut telah berhasil membuktikan adanya jalur darat menuju kepulauan rempah-rempah. Jalur tersebut juga memberikan kemungkinan kepada pengelana lain untuk menemukan Australia dan Selandia Baru. Proses pencarian ini akhirnya melibatkan negara-negara Eropa lainnya.

6.Christiper Colombus (1451 - 1506)

Proses pencarian rempah rempah ini telah merubah sejarah peradaban dunia. Dunia yang semula dikatakan sebuah lempengan datar,namun setelah pelayaran Christoper Colombus dan kemudian dibuktikan oleh Sir Magellan,ternyata bentuk bumi sebenarnya mirip bola. Peta dunia yang semula kacau balau makin mendekati kesempurnaan,

Revolusi teknologi terjadi untuk menunjang penaklukan tempat-tempat baru baik di Benua Amerika maupun di daerah daerah Timur Jauh. Komunikasi dengan orang orang darui Timur,selain memunculkan penjajahan,juga makin membuka wilayah tersebuy. Salah satu catatan yang penting adalah globalisasi pertama mengutip pendapat seorang penulir The World is Flat,Thomas L Friedman terjadi saat pencarian kepulauan rempah-rempah,yaitu ketika Colombus memastikan bahwa bumi itu bulat seperti yang sekrang kita kenal dengan globe. Saat itu rempah-rempah menjadi bagian dari penentu sejarah dunia. Perkembanga berbagai ilmu,salah satu yang penting yaitu ilmu geografi.juga terkait dalam proses pencarian rempah-rempah.

Rempah rempah adalah alasan penjelajahan yang dilakukan oleh Vasco Da Gama yang mencapai Maluku dan India. Rempah rempah ini pula yang menyebabkan belanda kemudian menyusul ke Maluku, sementara itu,bangsa Spanyol yanga kala itu di pimpinan oleh Magellan terlebih dahulu mencari jalur ke Timur melaui jalan lain yaitu melalui samudera pasific dan akhirnya mendarat di pulau Luzon Flipina.
Diatas merupakan ulasan singkat Artikel Ampuh mengenai Menyusuri Jejak Sang Pemburu Rempah yang merupakan awal dari banyak cerita sejarah.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: