Beberapa Versi Tentang Lahirnya Hari Valentine - Valentine atau Hari kasih Sayang adalah sebuah Peringatan Universal, sebelum ikut merayakan dan memperingati hari 'Valentine Day' sebagaiknya mengetahui tentang asal usul lahirnya Hari peringatan ini dari berbagai versi.

 Beberapa Versi Tentang Lahirnya Hari Valentine
Versi 1
Cikal bakal lahirnya hari valentine adalah sebuah perayaan festival Lupercalia. yangsudah lama terlaksana, yang dilaksanakan pada zaman kerajaan Romawi sekitar abad ke-III.
perayaan festival lupercia dilaksanakan pada tanggal 13 februari - 18 Februari. perayaan festival ini diawali dengan dilakukannya upacara untuk dewi cinta februata. dan tepat pada tanggal 14 Februari dilakukan sebuah permainan yang melibatkan pemuda dan pemudi di wilayah kerajaan. tata pelaksaan permainan yaitu pertama-tama para pemuda akan mengundi nama gadis beserta asal daerahnya secara acak, setelah mendapatkan nama gadis tersebut otomatis wanita itulah pasangannya selama jangka waktu setahun. permainan ini dilakukan sebenarnya hanya untuk kesenangan dan objek hiburan bagi mereka.namun adajuga beberapa yang melanjutkan kepernikahan. setelah sehari pemuda itu akan melecut kulit binatang kepada wanitanya, mereka percaya kalo itu dapat membuat para gadis menjadi subur.
Seiring dengan perkembangan waktu dan pergantian penguasa, para tokoh agama Romawi mengkombinasikan peringatan ini dengan nuansa keagamaan Kristen Katolik. pada saat itu agama Kristen Katolik menjadi agama kerajaan.
Kemudian pada waktu kekuasaan Kaisar Claudius II terjadi peperangan dan memerintahkan para pemuda untuk ikut berperang. Namun, bnyak pemuda yang merasa enggan untuk meninggalkan kekasihnya dan membuat Kaisar menjadi marah dan membuat peraturan baru, Yaitu untuk membatalkan semua pertunangan dan pernikahan Romawi. akibat keputusan ini mendapat pertentangan keras dari banyak pihak termasuk seorang pastor benama Valentine.
Pastor Valentine tetap menjalankan upacara pernikahan dengan cara sembunyi-sembunyi, yang membuat Kaisar Claudius II murka dan menangkap Valentine dan membunuhnya tepat pada tanggal 14 Februari 207 M. dan untuk mengenangnya kematiannya perayaan Festival Lupercia diubah menjadi peringatan/Festival Valentine dan momentum tersebut sekarang telah mendunia.

Versi 2
Hari Valentine dihubungkan dengan hari raya santo Valentino tentang cinta romantis, yaitu pada abad ke-14 di Inggris dan Prancis.yang dipercaya pada tanggal 14 Februari adalah dimana para pemuda untuk menemukan pasangannya. Kepercayaan ini ditulis oleh seorang sastrawan bernama Geoffrey Chaucer.
pada zaman itu bagi para pemuda sudah lazim untuk bertukaran kartu ucapan dan bersama dengan pasangan mereka di Hari Valentine.

Versi 3
Menurut Ensiklopedia Katolik, seorang pastur bernama Valentinus merujuk kepada 3 orang martir (orang yang dianggap suci) dari negara yang berbeda (ROma, Uskup Inteamna modrn Terni, dan Romawi afrika), hubungan yang jelas mengenai ketiga orang ini dihari kasih sayang (Valentine) sangatlah tidak jelas. Menurut Paus Gelasius I pada tahun 469 menyatakan bahawa sebenarnya tidak ada yang mengetahui secara jelas tentang ketiga orang tersebut dan penetapannya di 14 Februari sebagai hari kasih Sayang.
Beberapa bukti yang menyatakan yaitu sisa-sia kerangka yang digali makam Santo Hypolytus, yang diidentifikasi adalah jenazah dari St.Valentinus. kemudian jenazah tersebut di simpan dalam sebuah peti emas yang ditaruh di gereja Whitefriar Street Camelite Church di Dublin, irlandia. pada zaman sekarang setiap tanggal 14 Februari banyak yang berziarah ke gereja ini.

Versi 4
Menurut tarikh kalender athena kuno, Hri peringatan antara pertengahan Januari-februari merupakan bulan gamelion. yaitu hari peringatan yang dipersembahkan untuk memperingati pernikahan Dewa Zeus dan Hera.
Di ROma kuno, pada tanggal 14 Februari merupakan hari raya Lupercalia yaitu dewa kesuburan yang dilambangkan dengan berpakaian setengah telanjang yang ditutupi kulit kambing. sebagai salah satu ritual penyucian., yaitu para pendeta lupercus memberekian sesajian korban yaitu kambing kepada dewa dan kemudian meminum anggur dan berlari mengelilingin kota dengan membawa potongan kulit domba dan menyentuh siapapun yang mereka jumpai.
Demikian Artikel Ampuh Mengenai Beberapa Versi Tentang Lahirnya Hari Valentine, yang dapat membantu kita mengetahui arti sebenarnya dari "Hari Valentine" semoga bermanfaat!
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: