Mengenal Struktur Dan Fungsi Organel SEL - Unit terkecil dari mahluk hidup adalah Sel, namun sel juga memiliki organel-organel yang lebih kecil yang menjadi pengatur kelangsungan hidup kita. Contohnya adalah kita bisa beraktifitas karena sel memiliki organel yang berfungsi sebagai penghasil energi bagi kita.
Cairan tempat organel-organel sel disebut sitoplasma (cairan sel).  Selain sebagai tempat organel sel, sitoplasma juga befungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan sel.

Struktur Dan Fungsi Organel SEL:

1.    Retikulum Endoplasma (RE), 

Berbentuk anyaman membran yang menyerupai jala/kantung berbentuk pipih, tersusuh dari 2 lapisan yang berkelok-kelok yang bermuara pada membran inti. Dibedakan menjadi 2 yaitu RE kasar (terdapat Ribosom) dan RE Halus.
a.    RE Kasar berfungsi sebagai  tempat pensintetisan protein sebagai penyalur materi genetik dari membran inti ke sitoplasma, serta sebagai tempat transportasi protein dari dan keluar sel.
b.    RE halus berfungsi sebagai pensintetis (pembentuk) lemak dan karbohidrat, serta berperan penting dalam proses detoksifikasi (menetralkan racun yang masuk ke dalam sel).

2.    Ribosom

    Organel paling terkecil dalam sel (berdiameter 20µm) yang berada tersebar disitoplasma dan menempel pada Retikulum Endoplasma. Berfungsi sebagai tempat berlangsungnya pensintetisan protein.

3.    Badan Golgi

      Merupakan organel sel yang membentuk setumpuk kantong pipih yang tersusun dari ukuran terbesar ke yang terkecil. Fungsinya sebagai penyimpan hasil sekresi sel, menyimpan protein dan lemak yang disintetis oleh RE.

4.    Lisosom,  

     Merupakan sebuah vesikel (berbentuk bulat) yaitu membran yang memiliki kantung  yang mengandung enzim hidrolitik. Terbentuk dari hasil sekresi vesikel badan golgi. Yang berperan penting sebagai pencernaan makromolekul secara intraseluler yang dapat merusak sel-sel asing yang masuk kedalam sel. Dengan cara autofage, autolisis dan eksositosis.

5.    Peroksisom,

berbentuk bulat dan juga memiliki kantung yang berisi enzim oksidatif dan katalase. Berperan pada pengubahan hidrogen peroksida (H2O4)menjadi air dan C2.

6.    Mitokondria

      Berbentuk bulat dan memanjang yang memiliki memran rangkap. Mempunyai bagian-bagian membran luar, membran dalam yang berbentuk lekukan yang membentuk krista dan matriks. Banyak terdapat pada sel hati, ginjal da otot karena mitokondria berfungsi sebagai respirasi sel yang menghasilkan energi berupa ATP (Adenosit TriPospat).


Demikian Artikel Ampuh Mengenai Mengenal Struktur Dan Fungsi Organel SEL, yang dapat membantu kita mempelajari mengenai bagian-bagian yang terdapat di dalam sel , bisa dijadikan bahan penelitian , pelengkap tugas sekolah dalam bidang biologi dan keperluan lainnya, Semoga bermanfaat.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: