Struktur Sel Prokariotik - Sel prokariotik merupakan salah satu jenis sel mahluk hidup yang berciri  khas tidak memiliki membran inti dan juga tidak memiliki sistem endomembran. Yang termasuk sel prokariotik adalah mahluk hidup golongan uniseluler. Contoh sel prokariotik: sel bakteri Escherichia coli.

Struktur Sel Prokariotik:

  1. Dinding Sel,  Komposisi senyawa kimia penyusun: Peptidoglikan (Senyawa ini yang mengakibatkan dinding sel kaku), Lipid (lemak) dan Protein. Fungsinya: Sebagai pemberi bentuk pada sel dan Melindunginya.
  2. Membran Plasma, Tersusun dari lemak (lipid) dan protein.Fungsinya sebagai pelindung sel, sebagai pengatur trasportasi air.
  3. Mesosom, Merupakan pemanjangan yang melekuk dari membran plasma. berfungsi sebagai pensintesa dinding sel, peregenerasian (pembelahan) dan oksidasi zat makanan.
  4. Sitoplasma, tersusun dari cairan (air), Nutrisi dari makanan yang terlarut, lemak, protein, mineral serta enzim yang berfungsi mencerna makanan secara intraseluler , juga sebagai pendukung proses metabolisme sel.
  5. Nukleotid, merupakan bahan inti yang dimiliki bakteri yang tersusun oleh DNA (Deoxy ribonukleat Acid)  yang akan membentuk kromosom tunggal.
  6. DNA, Tersusun dari gula deoksiribosa, fosfat dan basa nitrogen. berfungsi sebagai pembawa materi genetik untuk generasi berikutnya.
  7. Ribosom, berperan penting sebagai tempat pensintesisan protein.
  8. Flagel, dimiliki oleh beberapa jenis bakteri yang difungsikan sebagai alat gerak.
  9. Pili, berukuran lebih kecil dan pendek dibandingkan flagel, berfungsi sebagai alat pelekat diri pada sel inangnya.

Demikian Artikel Ampuh Mengenai Struktur Sel Prokariotik, yang dapat membantu kita mempelajari mengenai struktur sel prokariotik , bisa dijadikan sebagai bahan penelitian , pelengkap tugas sekolah dalam bidang biologi dan keperluan lainnya, Semoga bermanfaat.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: