Friday, January 23, 2015

Komponen Kimiawi Dalam SEL Tubuh

Komponen Kimiawi Dalam SEL Tubuh - Sel merupakan Unit struktural dan fungsional terkecil yang ada dalam tubuh kita. Sel adalah hal utama dalam perkembangan dan kelangsungan hidup kita, nah sel juga memerlukan bahan-bahan kimia untuk membentuk sitoplasma (cairan sel) dalam dirinya. dan bahan kimia tersebut juga sebagai pendukung sel untuk menghasilkan energi. oleh karena itu kita memerlukan makanan untuk menyuplain bahan kimia yang diperlukan sel untukpertumbuhannya.

Komponen Kimiawi Dalam SEL Tubuh:
  1. Air, merupakan unsur utama pembentuk protoplasma.  Juga sebagai zat pelarut bagi bahan-bahan anorganik yang masuk kedalam tubuh.
  2. Protein, Pada unsur kimia ini banyak mengandung unsur yang juga membantu dalam pembentukan protoplasma. contohnya: Karbon(C), hidrogen (H), Oksigen (O), nitrogen (N) dan belerang (S). Protein terbagi menjadi 2 yaitu : (a.) Protein Struktural yaitu sebagai penyusun organel sel. contohnya: Membran sel, Mitokondria, ribosom dan Kromosom.  (b.) Protein Fungsional yaitu Protein-protein yang membentuk enzim. pPeran enzim dalam sel yaitu sebagai pengatur reaksi kimia yang terjadi agar sel tetap hidup.
  3. Lemak, Berperan penting dalam pembentukan membran sel dan struktur penyusun membran dalam organel sel.
  4. Karbohidrat, Jumlah Karbohidrat yang dibutuhkan hanyalah 1% dalam sel. Meski jumlahnya yang sangat sedikit namun ini berperan penting dalam proses metabolisme tubuh dan penyusunan makanan dalam tubuh hewan.
  5. Garam Mineral, Garam mineral dalam sel berbentuk ion. contohnya Natrium (Na) dalam sel berubah menjadi Ion Na+. ion ini berperan penting dalam mengatur keseimbangan pH dan osmosis yang terjadi dalam sel.
  6. Vitamin, berperan sebagai faktor bekerjanya reaksi kimia dalam sel, contohnya: Pentransferan energi dari Senyawa satu ke senyawa lainnya.

Demikian Artikel Ampuh Mengenai Komponen Kimiawi Dalam SEL Tubuh, yang dapat membantu kita mempelajari mengenai Zat kimia yang dibutuhkan sel tubuh kita , bisa dijadikan bahan penelitian , pelengkap tugas sekolah dalam bidang biologi dan keperluan lainnya, Semoga bermanfaat.
Disqus Comments