Komposisi Darah - pada sistem peredaran darah manusia hal terutama adalah darah, darah tersusun dari 2 bagian yaitu plasma darah sebanyak 55% dan sel darah sebanyak 45%. Perbandingan yang padat dan cair ini disebut hematokrit.

1. Plasma Darah
Plasma darah atau cairan darah memiliki warna kekuningan yang terdiri atas 90% air, 8% protein, 0,9% mineral dan 0,1% bahan organik (Glukosa, lemak, urea, asam urat, asam amino, enzim dan antigen). Protein yang larut dalam darah disebut protein darah.
Plasma darah berfungsi sebagai pengangkut zat makanan seperti gula sederhana (glukosa, galaktosa dan frutkosa), asam amino (protein yang sederhana), vitamin dan mineral keseluruh bagian tubuh, serta mengangkut zat sisa seperti urea dan asam urat dari jaringan tubuh kemudian kealat pembuangan.selain itu plasma darah juga mengangkut hormon ke bangian tubuh tertentu.
Protein darah berperan penting untuk kerja fisiologi alat tubuh:
a. Fibrinogen berfungsi untuk pembekuan darah
b. Albumin berfungsi untuk menjaga tekanan osmotik darah
c. Globulin berfungsi untuk membuat zat kebal

2. Sel Darah
Sel darah manusia terdiri dari:
a. sel darah merah (eritrosit), yang berfungsi untuk mengangkut oksigen keseluruh tubuh.
b. sel darah putih (leukosit), Berfungsi sebagai anti bodi dari virus dan bakteri yang menyerang tubuh.
c. dan keping darah (trombosit), berfungsi di proses pembekuan darah saat terjadi luka.

Demikian Artikel Ampuh Mengenai Komposisi Darah , yang dapat membantu kita mempelajari mengenai komponen-komponen dalam darah kita, bisa dijadikan bahan penelitian , pelengkap tugas sekolah dalam bidang biologi dan keperluan lainnya, Semoga bermanfaat.

Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: