Tips Bagi Yang Ingin Menjadi Relawan Di Bencana - Bencana adalah kejadian alam yang tidak di diduga karena datangnya secara tiba-tiba meskipun ada juga bencana yang datangnya perlahan, akan tetapi kita semua harus waspada dan harus selalu siap siaga, dan siapun harus selalu siap menjadi relawan saat bencana.
Tips Bagi Yang Ingin Menjadi Relawan Di Bencana


Berikut Tips Bagi Anda yang ingin menjadi relawan pada saat bencana


  1. Kenali jenis bencana. Carilah informasi yang lengkap tentang bencana yang sedang terjadi. Pengetahuan kita tentang ini sangat menentukan rencana tidakan kita dalam bencana.
  2. Kenali daerah yang mengalami bencana. Gunanya selain memperlancar aktifitas yang akan dilakukan, namun terutama upaya penyelamatan diri melalui jalur evakuasi.
  3. Siapkan mental anda. Kita harus siap menemukan hal-hal yang tidak seperti biasanya seperti mayat, darah, situasi mengerikan, menyedihkan. Jika tidak siap lebih baik batalkan rencana anda.
  4. Siapkan fisik anda. Aktifitas di lokasi bencana sangat menguras kekuatan fisik. Pastikan anda dalam keadaan sehat dan fit.
  5. Siapkan peralatan yang sesuai dengan jenis dan daerah bencana.
  6. Siapkan perlengkapan pertolongan pertama dan obat-obatan pribadi. Risiko kecelakaan dalam hal-hal ekstrim bisa saja terjadi di lokasi bencana.
  7. Bawa perlengkapan pribadi anda seminim mungkin. Namun, perelngkapan wajib sesuai tipe bencana harus dipakai seperti sepatu lapangan, rain coat, topi, kaos tangan yang kuat dan jaket jika di tempat dingin.
  8. Selalu membawa tanda pengenal, kartu nama pribadi kemanapun anda beraktifitas, Simpan di tempat yang aman.
  9. Sebelum berangkat, sampaikan rencana keberangkatan kepada keluarga di rumah, rekan di kantor dan teman-teman. Pastikan mereka mempunyai nomor telepon anda.
  10. Selalu membawa tas pinggang atau day pack untuk menyimpan makanan ringan dan air mineral.
  11. Sebaiknya tidak sendirian, kalau tidak ada teman yang bisa diajak, usahakan bergabung dengan kelompok relawan di lokasi bencana.
  12. Selalu membuat rencana kegiatan setiap harinya.
  13. Selalu berkordinasi dengan pihak terkait. Selain untuk kelancaran akses dan penyampaian bantuan. Juga untuk mendapatkan data perkembangan situasi.
  14. Jangan menyepelekan atau melebih-lebihkan suatu keadaan. Penilaian yang tepat suatu keadaan akan menyelamatkan kita.
  15. Catatlah hal-hal penting. Catatan ini bisa dijadikan dasar rencana kerja harian.
  16. Bawalah alat komunikasi yang paling praktis.
  17. Belajarlah bahasa daerah setempat, walaupun hanya satu atau dua kata. Ini sebagai usaha mendapat penerimaan yang baik dari masyarakat setempat.
Demikian Artikel Ampuh mengenai Tips Bagi Yang Ingin Menjadi Relawan Di Bencana , pastikan anda melakukan tips-tips diatas dengan baik dan benar supaya,anda,orang sekitar dan korban bencana bisa terselamatkan dan tidak menambah korban lagi.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: