Macam Macam Teknologi Generasi Kedua / Second Generation (2G) , Teknologi Generasi Kedua / Second Generation (2G) ,Jenis Jenis Jaringan 2 G, Time Division Multiple Access (TDMA) dan Code Division Multiple Access (CDMA)
Teknologi Generasi Kedua / Second Generation (2G) - Teknologi second generation atau generasi kedua diciptakan karena adanya kebutuhan pasar akan kualitas yang teknologi yang semakin baik. 2G sudah menggunakan jenis teknologi digital, dengan mekanisme Time Division Multiple Access (TDMA) dan Code Division Multiple Access (CDMA) dalam teknik komunikasinya. 

Baca Juga Artikel Ampuhh Mengenai  : Teknologi Generasi Pertama / First Generation (1G)

Teknologi Generasi Kedua / Second Generation (2G)

Adapun Macam Macam Teknologi Generasi Kedua / Second Generation (2G) :


  1. Berbasis TDMA
    Teknologi yang menggunakan basis TDMA adalah:
    • Digital AMPS atau IS-54 atau 15-136 (D-AMPS)
      Merupakan pengembangan dari teknologi AMPS, yang disebut juga sebagai TDMA (Time Division Multiple Access). Beroperasi di frekuwensi 800 MHz (824-849 dan 869-894 MHz) berdasarkan dari standar 15-54 dan standar 1900 MHZ (standar IS-136 support untuk dualband 800 MHz dan 1900 MHz). D-AMPS merupakan jaringan telepon seluler yang sudah menggunakan sistem digital, tapi jaringannya masih mendukung jaringan analog AMPS.
    • GSM (Global Sistem for Mobile Communications)
      GSM adalah jaringan yang menggabungkan teknologi FDMA (Frequency Division Multiple Access) dan TDMA (Time Division Multiple Access) menjadi satu jaringan, pada permulaannya gsm bekerja di frekuensi 900 MHz dan itu merupakan standarisasi yang dipelopori dari MI (The European Telecommunication Standard Institute). Alasan mengapa jaringan GSM muncul ,dikarenakan kebutuhan terhadap suatu sistem jaringan yang baru dan bisa menjadi standarisasi jaringan untuk diterapkan di Uni Eropa. GSM juga merupakan jaringan terbanyak yang digunakan oleh dunia.
    • PDC (Personal Digital Cellular)
      Diluncurkan pertama kali Maret 1993 yang merupakan jaringan telekomunikasi berdasarkan TDMA, dikembangkan oleh Jepang dan berlaku hanya di Jepang, dasar teknologi pdc mirip dengan jaringan GSM, dan dijalankan oleh NTT DoCoMo di frekuwensi 800 MHz dan 1500 MHz .
    • PHS (Personal Handy Sistem) atau PAS (Personal Access Sistem)
      PHS di Negara Jepang dikerjakan oleh J-Phone, yang mempunyai frekuensi antara 1895 sampai dengan 1918 MHz. Dan juga PHS Mempunyai kemampuan 2-way calling, roaming, high speed data services, suara yang sangat jernih, dan handover. 
    • CSD (Circuit Switched Data)
      CSD menggunakan single radio timeslot untuk mentransmisikan data pada kecepatan 9.6 Kbit/s pada jaringan GSM Network dan Switching Subsistem dan dapat dikoneksikan dengan modem ke jaringan telepon biasa (PSTN) komunikasi biasa dan dial-up service. 
    • (HSCSD) Atau High Speed Circuit Switched Data.
      Teknologi HSCSD mempunyai mekanisme data transfer menggunakan circuit-switched yang sama persis dengan teknologi GSM, namun HSCSD memiliki kelebihan dan kemampuan untuk menggunakan lebih dari 1 time slot dan 8 time slot pada jaringan data GSM untuk 1x terkoneksi (GSM hanya bisa menggunakan 1 time slot untuk 1 koneksi).
    • iDEN (Integrated Digital Enhanced Network)
      Teknologi komunikasi mobile berbasis TDMA ini dikembangkan oleh Motorolla dengan jumlah jaringan di 20 negara. Beroperasi di saluran 25 kHz, dimanfaatkan untuk radio truk dan telefon seluler.
  2. Berbasis CDMA
    Adapun teknologi yang menggunakan basis CDMA adalah sebagai berikut:
    • CDMAone atau Interim Standard 95 (I5-95) atau IS-95 CDMA /TIAEIA-95.
      CDMAone adalah sistem digital yang memiliki basis teknologi CDMA (Code Division Multiple Access), CDMAone beroperasi pada 2 class gelombang (Band Class 1, 1900 MHz) dan (Band Class 0, 800 MHz). Diperkenalkan oleh Qualcomm pada pertengahan 1990-an dan didukung oleh AT&T, Motorola, Lucent, ALPS, GSIC, Prime Co, Samsung, Sony, US West, Sprint, Bell Atlantic, Time Warner.

      Pada standar protocol IS-97-D terdapat 10 band class, yaitu:
      • Band class 0 (800 MHz band).
      • Band class 1 (1900 MHz band).
      • Band class 2 (TACS band).
      • Band class 3 (JTACS band).
      • Band class 3 (Korean PCS band).
      • Band class 5 (450 MHz band).
      • Band class 6 (2 GHz band).
      • Band class 7 (700 MHz band).
      • Band class 8 (1800 MHz band).
      • Band class 9 (900 MHz band).
Demikian Artikel Ampuh Mengenai Teknologi Generasi Kedua / Second Generation (2G) , yang dapat membantu anda mengenai teknologi lainnya selain dari pada postingan kami sebelumnya yang membahas mengenai Teknologi Generasi Pertama / First Generation (1G)  & Teknologi Generasi Awal / Zero Generation ( 0 G )

Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: