Teknologi Generasi Awal / Zero Generation ( 0 G ) , PTT (Push To Talk Atau Press To Transmit) , MTS (Mobile Telephone Sistem) , IMTS ( Improved Mobile Telephone Service) , AMTS (Advanced Mobile Telephone Sistem) , OLT (Offering Landmobil Telefoni , Public Land Mobile Telephony) , MTD ( Mobilelefonisistem D , atau Mobile Telephony Sistem D) , Autotel /PALM (Public Automated Land Mobile) , ARP (Autoradiopuhelin , telephon radio mobil) , B-Netz
Teknologi Generasi Awal / Zero Generation ( 0 G ) - Generasi awal ( 0 G ), dikenal dengan istilah mobile radio telephone , merupakan teknologi telepon seluler modern permulaan , yang menggunakan pancaran gelombang radio (radio telephone) khusus ( terpisah jaringan berbeda namun masih sejenis) .

Teknologi ini biasa digunakan pada kendaraan bermotor untuk saling berkomunikasi melalui jaringan telepon biasa seperti taxi. Pada Prinsipnya , jaringan ini seperti jaringgan komunikasi polisi atau taxi (walkie-talkie) , hanya saja , mobile radio telephone mempunyai nomor telepon tersendiri dan terhubung dengan jaringannya sendiri.

Teknologi 0 G  Generasi Pertama

Berikut Macam Macam dari Teknologi 0 G


  1. PTT (Push To Talk Atau Press To Transmit)
    Teknologi jaringan komunikasi dengan metode Half Duplex ( sangat mirip walkie talkie , teta[i tehubungn dengan jaringan seluler) yang digunkan untuk berkomunikasi.
  2. MTS (Mobile Telephone Sistem)
    Teknologi radio telephone half duplex ini diimplementasikan pertamakali di kota st.louis pada tanggal 17 juni 1949 , dengan permulaan hanya 3 saluran untuk melayani komunikasi seluruh penggunanya , kemudian bertambah sampai 32 saluran dengan 3 frekuensi . Jaringannya terbatas hanya di area perkotaan.
  3. IMTS ( Improved Mobile Telephone Service)
    Teknologi radio telephone ini dikeluarkan pada tahun 1969 dan menggantikan teknologi MTS yang merupakan teknologi full duplex dan berfungsi melalui low wave di VHF (33-44 MHZ ,Memiliki 9 Saluran) , High VHF (152-158 MHz , Memiliki 11 Saluran) , dan UHF (454-460 MHz , memiliki 12 saluran).
  4. AMTS (Advanced Mobile Telephone Sistem)
    Teknologi komunikasi radio yang diimplementasikan di jepang : beropoerasi menggunakan frekuensi 900 MHz.
  5. OLT (Offering Landmobil Telefoni , Public Land Mobile Telephony)
    Jaringan komunikasi bergerak pertama kali yang diperkenalkan pada 1Desember 1966. OLT mendukung komunikasi full duplex dan berjalan pada gelombang 160 MHz dan tahun 1976 telah melayani(service) semua wilayah di Skandinavia.
  6. MTD ( Mobilelefonisistem D , atau Mobile Telephony Sistem D)
    Merupakan teknologi manual dari telepon yang bergerak yang dioprasikan pada frekuensi 450 MHz yang sudah diperkenalkan ke publik pada tahun 1971.


  7. Autotel /PALM (Public Automated Land Mobile)
    Jaringan radio telephone nonseluler yang beroperasi di gelombang VHF , dikembangkann di daerah pedesaan British Columbia , Kanada .
  8. ARP (Autoradiopuhelin , telephon radio mobil)
    ARP diperkenalkan pada tahun 1971 menggunakan frekuensi 150 MHz ( 80 saluran pada gelombang 147.9-154.875 MHz) yang beroperasi dan menggunakan tipe Half duplex dalam penggunaannya , tetapi dalam perkembangannya mendukung Full Duplex , ARP terkenal dengan jangkauan jaringannya yang meliputi 100% wilayahnya finlandia dan banyak penggunanya.


  9. B-Netz
    B-Netz Diperkenalkan tahun 1972 di Jerman Barat . Sebagai jaringan komersial komunikasi bergerak umum negara kedua selain jaringan telepon umum biasa . B-Netz tergantikan oleh C-Netz.

Demikian Artikel Ampuh mengenai Teknologi Generasi Awal / Zero Generation ( 0 G ) yang membantu kita mengenal dari asal mula jaringan yang harus kita kenal , sebagai permulaan sebuah jaringan.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: