Sunday, November 3, 2013

Pengertian Kecerdasan Buatan

Pengertian Kecerdasan Buatan - Kecerdasan Buatan Atau Dalam Bahasa Inggris Dikenal dengan Articial Intelligence merupakan salah satu bagian dari ilmu pengetahuan perkomputeran yang khususnya ditujukan untuk perancangan sistem otomatisasi & tingkah laku cerdas/pintar dalam sebuah sistem kecerdasan komputer.

Sistem memperlihatkan sifat-sifat yang dihubungkan dengan kecerdasan dalam kelakuan atau tindak-tanduk yang sepenuhnya bisa menirukan beberapa fungsi otak manusia, seperti pengertian bahasa,pengetahuan,pemikiran,pemecahan masalah dan lain sebagainya.

Adapun defenisi kecerdasan buatan menurut Paul Y.Gloess, adalah ilmu yang memperlajari bagaimana membuat suatu mesin seolah-olah memiliki kecerdasan dalam memecahkan masalah yang diberikan kepadanya.


Adapun Beberapa Defenisi Lain Mengenai Kecerdasan Buatan Yaitu :



  1. Kecerdasan buatan merupakan salah satu cabang dari ilmu komputer yang sangat erat hubunganannya dengan kreasi dan studi sistem komputer yang mempertunjukkan beberapa bentuk kecerdasan.
  2. Sistem yang mempelajari konsep-konsep baru dan tugas - tugas.
  3. Sistem yang dapat berfikir dan menarik kesimpulan yang berguna bagi dunia di sekitar kita.
  4. Sistem yang dapat mengerti bahasa dan memahami permandangan visual.
  5. Sistem yang melakukan beberapa tipe yang lain seperti sebuah prestasi yang membutuhkan kecerdasan seorang manusia.


Menurut Aristotle pemahaman tentang sebuah pikiran /pola pikir adalah dasar dari semua ilmu pengetahuan. Hal ini dapat dihubungkan dengan suatu logika berpikir yang merupakan cikal bakal sehingga adanya kecerdasan buatan.

Menurut Aristotle ,suatu hal dapat dikatakan benar karena hal tersebut terhubung pada hal lain yang diketahui benar. Misalnya : semua manusia dapat/akan mati. Socrates adalah manusia. Maka Socrates dapat mati. Contoh ini menggambarkan pemahaman aristotle yang disebut sylogisme dan menggunakan bentuk modus ponen.

Demikian Artikel Ampuh mengenai Pengertian Kecerdasan Buatan yang dikemukakan oleh beberapa ahli yang menggambarkan tentang kecerdasan seorang manusia dan kecerdasan manusia yang bisa di terapkan dalam ilmu komputer. Semoga artikel ini dapat membantu dan menjadi sumber referensi belajar anda semua.
Disqus Comments