Mengenal Batuan Di Bumi - Dibagian dalam perut bumi terdapat cairan batuan yang sangat panas cairan itu disebut magma . Magma bisa keluar dari perut bumi bagian dalam melalui sebuah letusan gunung berapi. Magma tersebut keluar dan kemudian mengalir akan disebut lava .

Mengenal Batuan Di Bumi - Dibagian dalam perut bumi terdapat cairan batuan yang sangat panas cairan itu disebut magma . Magma bisa keluar dari perut bumi bagian dalam melalui sebuah letusan gunung berapi. Magma tersebut keluar dan kemudian mengalir akan disebut lava . Lava yang bercampur dengan benda benda lain disebut lahar. Lahar yang keluar dari gunung berapi akan membentuk batuan.


Berdasarkan Cara terbentuknya, Batuan Di Bedakan Dalam Tiga Golongan Yaitu :


A. Batuan Beku yakni batuan yang terjadi karena pembekuan cairan magma yang menjadi padat 
di dalam atau di permukaan bumi.

Macam Macam Batuan Beku Adalah :

1.Batu Basal
Batu basal adalah batu yang terbentuk dari sebuah lava yang membeku di dalam samudera yang kemudian menjadi batuan yang mendasari samudera dengan ciri ciri berat dan warnanya gelap.

2.Batu Apung
  1. Batu Apung adalah batu yang terbentuk dari lava yang membeku dan mengeluarkan banyak gas,sehingga batuan yang berbentuk berongga-rongga.


3.Batu Granit
Batu Granit adalah batu yang terbentuk dari lava yang membeku secara lambat. Batuannya berbentuk kristal.

4.Batu Obsidian
Batu Obsidian adalah batu yang berbentuk dari lava yang membeku dengan cepat. Batuannya Mengkilap seperti kaca hitam.

B. Batu Sedimen (batu endapan) yakni batuan yang terjadi karena pengendapan bahan- bahan batuan yang berasal kikisan batuan lain.

Macam Macam Batuan Sedimen (Batu Endapan) Adalah :

1.Batu Konglomerat
Batu Konglomerat adalah batu yang terbentuk dari kerakal yang terekat.

2.Batu Pasir
Batu Pasir adalah batu yang terbentuk dari butir butir pasir yang saling terekat dan tertekan oleh sebuah lapisan endapan yang ada di atasnya.

3.Batu Serpih
Batu Serpih adalah batu yang terbentuk dari geluh dan tanah liat/

4.Batu Kapur
Batu Kapur adalah batu yang terbentuk dari cangkang serta kerangka hewan laut dan batu karang.

C. Batuan Metamorf, adalah batuan yang terbentuk akibat adanya tekanan suhu yang kuat dan tinggi dalam jangka waktu yang sangat lama.

Macam Macam Batuan Metamorf Adalah :

1.Batu Marmer atau Batu Pualam 
Batu Marmer atau Batu Pualam adalah batu yang terbentuk dari batuan sedimen yang mengalami tekanan dan pengaruh panas bumi.

2.Batu Tulis
Batu Tulis adalah sebuah batu yang terbentuk dari serpihan batu yang lunak dan mengalami tekanan yang sangat besar sehingga terbentuk suatu batu baru yang dinamakan batu tulis.Sebagai pengetahuan tambahan admin artikel ampuh akan memberikan info yaitu Batuan yang dipakai sebagai bahan bangungan antara lain adalah batu pasir,batu granit,batu kapur,bata merah dan batako.

Dan pada bidang laut, di dasar laut banyak dijumpai batu karang. Bentuknya beraneka ragam batu karang yang digunakan oleh ikan sebagai tempat untuk berlindung. Batu karang juga dapat dijadikan sebagai hiasan taman atau akuarium.

Demikian Postingan Artikel Ampuh mengenai Mengenal Batuan Di Bumi yang akan membantu kita memperlajari mengenai proses terjadinya batu, bagaimana batu itu terbentuk dan apa manfaat batu tersebut  untuk kehidupan kita.Semoga bisa menjadi sumber referensi yang baik dan terpercaya.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

1 comments: