Macam Macam Braindware Di Sistem Basis Data - Braindware atau yang lebih dikenal dengan pemakai komputer atau orang orang yang melakukan interaksi pada sistem komputer, namum pada artikel ampuh kali ini kita akan membahas spesifik mengenai Macam Macam Braindware yang bergelut Di Sistem Basis Data.
Macam Macam Braindware Di Sistem Basis Data - Braindware atau yang lebih dikenal dengan pemakai komputer atau orang orang yang melakukan interaksi pada sistem komputer, namum pada artikel ampuh kali ini kita akan membahas spesifik mengenai Macam Macam Braindware yang bergelut Di Sistem Basis Data.


Adapaun Macam Macam Braindware Di Sistem Basis Data Adalah :

  1. Administrasi Basis Data (Database Administrator)
    Merupakan pemakai yang berinteraksi langsung dengan DBMS, yang tugas utamanya adalah mengkonfigurasi Sistem Basis Data secara keseluruhan, seperti menginstalasi DBMS, menghidupkan atau mematikan DBMS, (startup/shutdown), menentukan group pemakai, mendefenisikan pemakai dan otoritasnya, membentuk Basis penyimpanannya,membentuk skema/struktur tabel-tabel di peningkatan performansi Sistem Basis Data, dan lain-lain.
  2. Pengembang Aplikasi (Progammer/Developer)
    Merupakan kelompok pemakai yang tugas utamanya adalah membangun dan mengembangkan Aplikasi Pengguna Basis Data yang nantinya akan dimanfaatkan oleh kelompok user lainnya yaitu pemakai Akhir (End-User). kelompok pemakai ini banyak berinteraksi dengan Basis Data lewat Data Manipulation Language (DML), yang disertakan dalam program yang mereka tulis dalam bahasa pemrograman tertentu (C.C++.pascal,Clipper,Visual basic, COBOL, PHP,Perl,Java,dll). Kelompok user ini baru bisa bekerja jika Administrator telah selesai melakukan pendefenisian Basis Data dan struktur tabel-tabel di dalamnya
  3. Pemakai Mahir (Casual User)
    Merupakan Kelompok pemakai yang berinteraksi dengan Basis Data langsung melalui faslitas antar muka yang disediakan DBMS yang mengelola Basis Data. pemanfaatan basis data dilakkan dengan menuliskan query dalam bahasa query yang tata bahasanya (syntax-nya) telah ditentukan oleh DBMS tersebut. Bahasa query yang umum digunakan adalah SQL . Query yang dilakukan pemakai ini biasanya untuk keperluan analisa pada sebuah basis data atau bisa juga untuk melakukan reparasi langsung terhadap basis data yang mengalami kerusakan.
  4. Pemakai Akhir/Umum (End-User/Naive User)
    Merupakan kelompok pemakai yang berperan dalam pemasukan data (data entry) dalam rangka membentuk basis data yang lengkap dengan memanfaatkan program/aplikasi pengguna basis data yang telah dibuat oleh developer. Di Saat pemasukan data telah lengkap dan akurat, kelompok pemakai ini dapat diberi tanggung jawab uuntuk melakukan pekerjaan pengecekan (verifikasi), perubahan hingga pencetakan data/informasi (pelaporan), dengan masih menggunakan program/aplikasi yang sama.

Demikian Artikel Ampuh mengenai Macam Macam Braindware Di Sistem Basis Data yang membantu kita mengenali para brainware atau teman teman kita yang tugasnya berinteraksi dengan komputer khususnya berinteraksi langsung dengan Sistem Basis Data.

Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: