Review Lengkap Windows Server 2008 - Selamat siang sobat pembaca kali ini artikel ampuh kami mengenai produk lain dari microsoft selain dari Windows 8 yang kemarin kita bahas,dan kali ini kita akan membahas produk khusus server yaitu windows server 2008

Windows Server 2008 adalah upgrade paling substansial ke baris produk Windows Server sejak Windows 2000, dengan satu set menyapu kemampuan dan inti direkayasa ulang yang akan mengantar era baru 64-bit server komputasi. Seperti yang Windows Vista stabil mate, Windows Server 2008 adalah dalam pembangunan waktu pedih lama, dan beberapa dari banyak fitur yang awalnya dijadwalkan untuk pendahulunya, Windows Server 2003 dan Windows Server 2003 R2. Tidak seperti Vista, namun, jadwal ini panjang belum terbukti bermasalah. Bahkan, itu bisa dibilang bekerja untuk keuntungan produk: Ini adalah halus, matang, dan stabil sistem operasi yang tidak diragukan lagi akan sistem server kekuatan semua jenis selama bertahun-tahun yang akan datang.

Meskipun Windows Server 2008 menggunakan versi berevolusi dari Active Directory (AD) infrastruktur yang pertama debutnya pada Windows 2000, banyak fitur dari OS baru ini yang radikal dan revolusioner. Kunci di antara kemajuan utama adalah Server Core, yang menyediakan versi ringan dari server yang ditujukan untuk beban kerja tertentu, dan Hyper-V, Microsoft adalah teknologi virtualisasi berbasis hypervisor. (Teknologi terakhir ini saat ini hanya tersedia dalam bentuk beta,. Lihat di bawah untuk rincian) Sebagaimana layaknya sebuah Server Upgrade Windows utama, bagaimanapun, Windows Server 2008 juga termasuk membunuh kemajuan fungsional yang lebih kecil serta keuntungan kunci dalam skalabilitas, kehandalan, pengelolaan , kinerja, dan keamanan.

Windows Server 2008 adalah kaya fitur Upgrade dengan keuntungan fungsional banyak lebih dari pendahulunya. Berikut adalah beberapa perubahan dalam rilis ini yang saya rasa akan memiliki dampak pelanggan terbesar.


Fungsi Fungsi Baru Windows 2008 Server


Tujuan Dengan Kompenisasi
Microsoft telah benar-benar rearchitected Windows Server untuk menjadi fungsional componentized, perubahan besar yang memiliki konsekuensi luas jangkauannya. Pada tingkatan yang lebih tinggi, komponenisasi memungkinkan untuk sistem yang lebih mudah berguna, baik bagi Microsoft dan pelanggannya. Hal ini juga memberikan sistem yang lebih aman dan handal, karena komunikasi dan ketergantungan antara komponen individu disimpan ke minimum.

Lebih khusus, komponenisasi memungkinkan beberapa fungsi yang paling menarik baru Windows Server 2008 ini, seperti fasilitas penyebaran berbasis gambar, manajemen berbasis peran, dan Server Core.

Server Manager
Sementara versi sebelumnya dari Windows Server menampilkan konsol pengelolaan terpisah seperti pada windows 2003 server, dengan windows server 2008 anda dapat mengelolah server anda sendiri. Ini adalah satu-stop shop benar untuk manajemen harian kebutuhan dan merupakan satu-satunya alat yang banyak administrator Windows akan perlu menggunakan secara teratur.

Yang berbasis MMC Server Manager menyediakan antarmuka pengguna untuk mengelola setiap peran diinstal dan fitur pada sistem, termasuk Active Directory Domain Services, Application Server, DHCP Server, DNS Server, Jasa File Terminal Services, Web Server, dan banyak lainnya. Ini juga mencakup berbagai alat pemecah masalah yang berharga seperti Keandalan dan utilitas Kinerja, alat konfigurasi seperti , WMI Control, Task Scheduler, Windows Firewall, dan Device Manager, Windows Server Backup baru dan Event Viewer, Services
Apa yang membuat Server Manager lebih berguna adalah bahwa setiap bagian dari UI konsol mendapat halaman rumah sendiri berdedikasi, masing-masing mencakup informasi yang berkaitan dengan peran atau fitur di tangan, beserta link untuk memperbaiki masalah, mendapatkan informasi lebih lanjut, dan akses lainnya alat. Ini adalah bijaksana, aplikasi yang dirancang dengan baik, baik logis dan berguna.

Server Core
Tidak seperti versi sebelumnya Windows Server, kebanyakan Server 2008 edisi produk Windows dapat diinstal dalam dua mode, server tradisional berbasis GUI kami sudah sejak Windows NT 3.1 dan perintah baris lingkungan berbasis ringan baru yang disebut Server Core. Dalam mode ini instalasi baru, Microsoft telah dilucuti keluar hampir semua GUI, jadi tidak ada shell (Start Menu, taskbar, Explorer jendela, dll), dan sedikit di jalan aplikasi pengguna akhir, hal-hal seperti Windows Media Player, Internet Explorer, dan Windows Mail semua hilang, meskipun aplikasi berbasis GUI beberapa, seperti Notepad dan Task Manager, masih tersedia. Untuk sebagian besar, satu-satunya antarmuka pengguna Anda akan melihat dalam Server Core adalah jendela baris perintah tunggal mengambang di atas latar belakang biru kosong. Itu yang paling anti-demo.

Jadi apa gunanya? Server Core dirancang untuk mengurangi serangan permukaan server menjadi sekecil mungkin. Dengan demikian, Core menginstal Server juga lebih terbatas daripada yang dari 2.008 instalasi standar Windows Server. Mendukung hanya sembilan peran, termasuk AD, AD LDS, DHCP, DNS, File, Print, Virtualisasi (Hyper-V), Web Server, dan WMS, dibandingkan dengan 18 peran di server penuh.

Karena Server Core masih Windows Server 2008, semua alat manajemen akrab berbasis GUI akan bekerja dengan baik jarak jauh terhadap server ini. Apa yang tidak akan bekerja, di samping peran yang hilang, adalah segala sesuatu yang membutuhkan GUI benar atau. NET Framework. Ini membatalkan beberapa kunci Windows Server 2008 fungsi, sayangnya, termasuk ASP NET:. Peran Server Core Web Server cukup banyak statis saja, hanya mendukung remaja, teknologi non-NET seperti ASP.

Harapan saya adalah bahwa Server Core akan membuktikan sangat populer sebagai infrastruktur (AD, DNS, DHCP, berkas, cetak) Server dan sebagai murah, server Web low-end. Ini adalah produk yang harus bersaing dengan baik dengan solusi berbasis Linux.

BitLocker Enkripsi Penuh-Drive
BitLocker adalah solusi enkripsi full-drive yang pertama debutnya di Windows Vista sebagai cara untuk melindungi data yang tersimpan pada mudah hilang dan dicuri komputer notebook eksekutif. Hal ini juga membutuhkan spesifikasi hardware berbasis TPM 1.2 yang digunakan untuk menyimpan enksripsi kunci dan dapat dikonfigurasi melalui kebijakan group.

Pada server, BitLocker sangat berharga untuk mesin disimpan di kantor-kantor cabang, karena server tersebut sering kurang baik secara fisik dilindungi dari mesin kembali di kantor rumah. Jika pencuri berjalan pergi dengan server BitLocker dilindungi, mereka tidak akan dapat mengakses semua data yang tersimpan pada sistem hard drive. BitLocker juga bekerja sangat baik dengan beberapa teknologi lain yang dibahas di sini untuk membuat solusi kantor cabang benar-benar aman dan berguna. (Lihat bagian RODC di bawah ini untuk contoh.)

Read-Only Domain Controller
Baca-Hanya Domain Controller (RODC) adalah fungsi baru yang memungkinkan administrator untuk mengkonfigurasi opsional database AD sebagai read-only, di mana hanya password pengguna lokal cache disimpan pada mesin dan replikasi AD adalah searah, bukan bidirectional.

Jadi, mengapa Anda ingin melakukan ini? Saat ini, banyak organisasi menginstal server di kantor cabang dan lokasi terpencil lainnya, dan server ini sering menghubungkan kembali ke kantor pusat menggunakan lambat atau tidak dapat diandalkan link WAN. Yang membuat replikasi AD - dan bahkan otentikasi - proses yang sulit dan panjang. Dengan RODC, server biasanya diatur dan dikonfigurasi di kantor rumah, dikirim ke lokasi terpencil, dan kemudian diaktifkan. Sejak saat itu, hanya nama pengguna dan password pengguna yang terkena server lokal - dan bukan account administrator - cache secara lokal pada server.

Seperti BitLocker, RODC adalah solusi yang sangat baik untuk remote server fisik tidak aman. Memang, jika Anda menggabungkan RODC dengan Windows Server 2008 baru lainnya teknologi seperti BitLocker dan Server Core, Anda dapat mengkonfigurasi server jauh yang paling aman mungkin. Dengan cara itu, bahkan hacker yang mendapatkan kontrol fisik server tidak dapat mengambil alih jaringan Anda. Dan menghapus RODC dicuri dari AD Anda adalah yang sederhana seperti memeriksa switch: Hanya para pengguna yang login ke mesin itu akan perlu mengubah password mereka. Anda tidak perlu melembagakan darurat organisasi-lebar, karena sebagian besar pengguna account 'tidak akan telah cache pada mesin itu.

RODC agak terbatas dalam hal itu hanya dapat mendukung subset dari peran dan fungsi biasanya didukung pada Windows Server 2008. Sebagai contoh, server berbasis RODC dapat mendukung teknologi seperti ADFS, DHCP, DNS, Group Policy (GP), DFS, IBU (Microsoft Operations Manager), dan SMS (Sistem Manajemen Server).
Internet Information Services 7

Web server baru pada Windows Server 2008 didorong oleh update baru besar untuk Internet Information Services (IIS). Seperti server itu sendiri, IIS 7 benar-benar componentized sehingga hanya komponen-komponen yang diperlukan untuk dipasang konfigurasi yang diinginkan dan, dengan demikian, perlu dilayani. Ini olahraga konsol manajemen meningkat drastis, mendukung xcopy Web penyebaran aplikasi dan administrasi didelegasikan, dan didukung oleh sebuah toko konfigurasi baru. NET berbasis, yang menggantikan, monolitik, menyimpan konfigurasi sebelumnya.

Terminal Services

Terminal Services (TS) melihat beberapa perubahan besar pada Windows Server 2008. TS RemoteApp baru memungkinkan fungsi admin untuk remote menyebarkan aplikasi individu desktop, bukannya seluruh lingkungan PC, yang dapat membingungkan bagi pengguna. Aplikasi ini mendownload dan menjalankan pada desktop pengguna dan, selain dari kotak dialog logon awal, fungsi dan terlihat hampir persis seperti mereka akan apakah mereka diinstal secara lokal. Fungsi ini memerlukan baru Remote Desktop klien, yang dikirim pada Windows Vista dan dapat didownload untuk Windows XP dengan SP2 dan di atas.

TS Gateway memungkinkan Anda terowongan sesi TS melalui HTTPS luar firewall perusahaan, sehingga pengguna dapat mengakses aplikasi remote mereka di jalan tanpa harus mengkonfigurasi klien VPN. Hal ini sangat berguna karena koneksi VPN sering diblokir pada titik-titik akses nirkabel, sedangkan HTTPS jarang.

TS mendapat perubahan kecil namun berguna sedikit juga. Ini termasuk TS Mudah Cetak, yang membuatnya mudah untuk mencetak ke printer lokal dari sesi remote, 32-bit warna dukungan dalam sesi TS, dan menyalin mulus dan operasi paste antara host OS dan sesi remote.

Network Access Protection
Microsoft pertama direncanakan untuk kapal jaringan sederhana dan mudah dikonfigurasi mengkarantina fungsi di Windows Server 2003, tapi di sini akhirnya dengan Network Access Protection (NAP). Fitur ini memungkinkan Anda untuk men-setup kebijakan keamanan untuk jaringan Anda: Ketika sebuah sistem klien menghubungkan, NAP memeriksa perangkat untuk memastikan memenuhi persyaratan kebijakan keamanan Anda. Mereka yang diperbolehkan secara online. Mereka yang tidak - biasanya komputer yang hanya terhubung jarang ke jaringan, seperti yang digunakan oleh karyawan bepergian - didorong menyisihkan menjadi bagian dikarantina dari jaringan, di mana mereka dapat diperbarui. Bagaimana update ini terjadi tergantung pada konfigurasi lingkungan Anda, tetapi sekali itu selesai, sistem diberikan akses penuh lagi dan diizinkan kembali pada jaringan. NAP termasuk remediasi failback ke Windows Update atau Microsoft Update jika lokal Windows Server Update Services server tidak tersedia, dan kompatibilitas dengan Cisco Network Admission Control (NAC) mengkarantina teknologi.

Windows Firewall
Untuk pertama kalinya, kapal Windows Server dengan firewall yang diaktifkan secara default. Baru Windows Firewall adalah dua arah dan bekerja mulus dengan semua peran dan fitur yang Anda dapat mengkonfigurasi pada Windows Server 2008. Bahkan, Firewall adalah bagian dari model manajemen berbasis peran baru: Ketika Anda mengaktifkan dan menonaktifkan berbagai peran dan fitur, Windows Firewall secara otomatis dikonfigurasi di latar belakang sehingga hanya port diperlukan dibuka. Ini adalah perubahan besar, dan salah satu yang bisa menghambat kompatibilitas dengan produk pihak ketiga, sehingga pengujian akan sangat penting.
Baris perintah dan scripting kebaikan

Mereka yang memilih untuk mengotomatisasi server mereka akan bersukacita pada baris perintah baru dan tambahan scripting pada Windows Server 2008, meskipun aku sedikit khawatir dengan sifat serampangan dan sementara beberapa perubahan ini. Dalam versi Windows Server, kita melihat awal transisi dari baris perintah DOS seperti lama ke yang baru lingkungan PowerShell NET berbasis.. Untuk sekarang, bagaimanapun, Anda harus memiliki kaki di kedua lingkungan terbaik untuk mengambil keuntungan dari kemampuan baru. Server Core, misalnya, tidak mendukung PowerShell.

Satu sisi baris perintah, kita mendapatkan dua tambahan utama: Sebuah Server utilitas manajemen inti disebut oclist.exe dan versi baris perintah dari Server Manager disebut ServerManagerCmd.exe. Keduanya dirancang dengan premis yang sama, menyediakan cara untuk mengkonfigurasi dan mengelola peran yang mungkin dalam lingkungan masing-masing.

PowerShell adalah lingkungan yang kompleks namun secara teknis mengesankan, dengan dukungan untuk ditemukan. Obyek NET berbasis, properti, dan metode. Ini menyediakan semua kekuatan lingkungan baris perintah UNIX dengan tidak ada inkonsistensi. Masalahnya, tentu saja, adalah apakah berbasis Windows mengelola cepat akan pindah ke perintah ini antarmuka baris baru. Sayangnya, Windows Server 2008 tidak membantu masalah banyak: Tidak kapal dengan commandlets PowerShell - script terkandung sepenuhnya yang dapat dieksekusi dari baris perintah - yang dapat menangani tugas-tugas manajemen umum. Microsoft memberitahu saya itu akan kapal Windows Server 2008 commandlets di situs Web-nya dari waktu ke waktu, bagaimanapun, dan mereka mengharapkan masyarakat yang sehat untuk cepat berkembang juga.

Hyper-V

Salah satu teknologi yang paling penting dan tampak akan dilakukan pada Windows Server 2008 tidak bahkan tersedia dalam versi awal pengiriman produk. Sebaliknya, Microsoft pengiriman versi beta platform virtualisasi Hyper-V dengan Windows Server 2008 dan akan mengupdate secara otomatis ketika teknologi tersebut selesai beberapa saat setelah pertengahan 2008. Hyper-V platform virtualisasi berbasis hypervisor yang membawa berbagai keuntungan kinerja jika dibandingkan dengan tingkat-aplikasi platform virtualisasi seperti Virtual Server. Dibandingkan dengan pemimpin pasar VMWare, menawarkan Microsoft belum matang dan belum terbukti, tetapi dimasukkan dalam Windows Server 2008 adalah yakin untuk mengumpulkan beberapa perhatian dan pangsa pasar Microsoft. Dan ada keuntungan untuk bundling ini: Dari perspektif manajemen, Hyper-V diinstal dan dikelola sebagai peran di bawah Windows 2008, seperti DHCP, file dan layanan cetak, dan peran standar lainnya. Itu berarti mudah untuk mengkonfigurasi, mengelola, dan pelayanan.

Kapal Hyper-V hanya dengan versi berbasis x64 produk dan bergantung pada fitur virtualisasi hardware yang hanya tersedia dalam terbaru AMD dan Intel chipset. Ini mendukung 32-bit dan 64-bit sistem operasi tamu, sampai dengan 32 GB RAM di setiap OS tamu, dan sampai 4 core CPU untuk setiap OS tamu. Hyper-V adalah kompatibel dengan mesin virtual yang dibuat untuk produk virtualisasi Microsoft sebelumnya, seperti Virtual PC dan Virtual Server.

Ketersediaan dan perizinan


Seperti dengan Windows Vista, Windows Server 2008 tersedia dalam beberapa edisi produk yang berbeda. Edisi ini mendukung platform hardware yang berbeda (32-bit x86, x64 64-bit, dan Itanium), beberapa di antaranya termasuk dukungan untuk teknologi virtualisasi Hyper-V dan beberapa yang tidak. (Perhatikan bahwa Hyper-V hanya diaktifkan pada versi x64 dari Windows Server 2008;. Microsoft menjual versi dengan dan tanpa Hyper-V termasuk)

Windows Web Server 2008
Ketersediaan: Pisahkan 32-bit (x86) dan 64-bit (x64) versi
Harga: $ 469
Prosesor yang didukung: 4
RAM yang didukung: 4 GB (x86) atau 32 GB (x64)
Catatan: Windows Web Server dirancang khusus sekitar peran Web Server dan tidak dapat digunakan sebagai kontroler domain AD. (Ini bisa, bagaimanapun, dikonfigurasi sebagai anggota domain.) Versi ini tidak termasuk Hyper-V, tetapi tidak mendukung Server menginstal Inti.

Windows Server 2008 Standard, Windows Server 2008 Standard tanpa Hyper-V

Ketersediaan: Pisahkan 32-bit (x86), 64-bit (x64), dan 64-bit (x64) versi tanpa Hyper-V
Harga: $ 999 (dengan lima Lisensi Akses Klien, atau CALs); $ 971 tanpa Hyper-V
Prosesor yang didukung: 4
RAM yang didukung: 4 GB (x86) atau 32 GB (x64)
Catatan: Termasuk satu contoh virtual per lisensi.

Windows Server 2008 Enterprise, Windows Server 2008 Enterprise tanpa Hyper-V

Ketersediaan: Pisahkan 32-bit (x86), 64-bit (x64), dan 64-bit (x64) versi tanpa Hyper-V
Harga: $ 3999 (dengan 25 CALs); $ 3971 tanpa Hyper-V
Prosesor yang didukung: 8
RAM yang didukung: 64 GB (x86) atau 2 TB (x64)
Catatan: Termasuk empat contoh virtual per lisensi. Membangun pada edisi Standar dan menambahkan Windows Clustering.

Windows Server 2008 Datacenter, Windows Server 2008 Datacenter tanpa Hyper-V
Ketersediaan: Pisahkan 32-bit (x86), 64-bit (x64), dan 64-bit (x64) versi tanpa Hyper-V
Harga: $ 2.999 per prosesor, $ 2.971 per prosesor tanpa Hyper-V
Prosesor yang didukung: 32 (x86) atau 64 (x64)
RAM yang didukung: 64 GB (x86) atau 2 TB (x64)
Catatan: Termasuk maya contoh terbatas per lisensi. Membangun pada Enterprise Edition.

Windows Server 2008 untuk Sistem berbasis Itanium-
Ketersediaan: Sebuah versi 64-bit tunggal yang dirancang untuk server berbasis Itanium Intel
Harga: $ 2.999 per prosesor
Prosesor yang didukung: 64
RAM yang didukung: 64 GB
Catatan: Versi Windows Server 2008 tidak mendukung Hyper-V atau Server Core dan dirancang untuk tiga skenario penggunaan diskrit: database besar, line-of-business (LOB) aplikasi, dan aplikasi kustom.

Microsoft Hyper-V Server
Ketersediaan: A 64-bit (x64) versi tunggal
Harga: $ 28 (tidak, itu bukan salah ketik)
Catatan: Hyper-V Server baru adalah versi khusus dari Windows Server 2008 yang hanya mendukung peran Hyper-V, menyediakan dekat "telanjang logam" menginstal pilihan bagi mereka yang ingin menjalankan lingkungan virtual secara ekstensif. Versi produk tidak akan dikirim sampai selesai Microsoft Hyper-V kemudian pada tahun 2008.

Selain produk tersebut, Microsoft baru-baru ini mengumumkan bahwa dua baru Windows Server 2008 produk berbasis akan debut di paruh kedua tahun 2008, Windows Small Business Server 2008 dan Windows Essential Business Server 2008.

Windows Small Business Server 2008, dengan nama kode Cougar, ditujukan untuk bisnis dengan sampai 50 PC. Ini akan kapal dalam dua versi, salah satunya mencakup Windows Server 2008, Exchange Server 2007, SharePoint Services 3.0, dan satu tahun percobaan langganan Forefront Security for Exchange Server Small Business Edition dan baru Windows Live OneCare untuk Server. Sebuah versi premium dari produk menambahkan salinan kedua dari Windows Server 2008 dan SQL
 Server 2008 Standard Edition dan dapat diinstal pada dua server.

Windows Essential Business Server 2008, sebelumnya diberi kode Centro, adalah produk baru yang ditujukan untuk usaha menengah dengan sampai 250 desktop. Produk ini diinstal pada tiga server terpisah dan mencakup Windows Server 2008, Exchange Server 2007, Forefront Security for Exchange Server, System Center Essentials 2007, dan versi berikutnya dari Internet Security and Acceleration Server. Sebuah edisi Premium produk juga akan mencakup SQL Server 2008. Windows Essential Business Server memerlukan setidaknya tiga server fisik.

Kedua produk akan dijual hanya dalam 64-bit (x64) versi.

Demikian Artikel Panjang mengenai Review Lengkap Windows Server 2008 Semoga bermanfaat dan dapat membantu.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: