Monday, September 28, 2015

Gangguan Konsep Diri

Gangguan Konsep Diri - Dalam sistem neurobehaviour ini merupakan salah satu masalah sangat sering terjadi yang terjadi karena kurangnya penguasaan dan mengenali dirinya sendiri. Konsep diri adalah ide, pikiran, kepercayaan diri dan pendirian yang diketahui mengenai dirinya dan mempengaruhi individu dalam berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain.
Konsep diri termasuk persepsi akan sikap dan kemampuan berinteraksi seseorang dengan masyarakat dan lingkungannya, sangan dipengaruhi dengan nilai-nilai yang berkaitan dengan pengalaman, objek dan tujuan yang diinginkannya.
Konsep diri adalah cara individu memandang dirinya secara utuh baik fisikal, emosional, intelektual, sosial dan spiritual Menurut Beck William dan Rawlin dalam defenisinya mengenai konsep diri.


Faktor Yang Mempengaruhi Konsep diri menurut Stuart dan Sudeen yaitu :

  1. Teori Perkembangan
    Seseorang berkembang melalui kegiatan eksplorasi lingkungan melalu berbagai macam aspek seperti : Bahasa, pengalaman atau pengenalan mengenai diri sendiri, nama panggilan, pengalaman budaya dan hubungan intrapersonal yang terjalin.
  2. Significant other (Orang Terdekat dan Terasa Penting)
    Yang mana penguasaan konsep diri dipelajari melalui kontak dan pengalaman berkomunikasi dengan orang lain. Belajar mengenai diri sendiri melalui cerminan orang lain. Anak sangat dipengaruhi oleh orang tua terdekat, Remaja dipengaruhi oleh teman terdekat mereka, Pengaruh dari orang terdekat sangat penting dan selalu ada disepanjang siklus hidup, serta pengaruh budaya dan sosial.
  3. Self Perfection (Persepsi diri sendiri)
    Berupa penilaiannya terhadap pengalaman tentang suatu situasi yang pernah dilalui dan di aplikasikan di masa depan. Konsep diri dapat dibentuk melalui pandangan diri sendiri dari pengalaman yang positif.

Pembagian Konsep Diri 

  • Gambaran Diri, adalah sikap seseorang terhadap dirinya secara sadar atau tidak sadar. sikap ini mencakup persepsi dan perasaan tenang.
    Faktor yang Mempengaruhi :
    - Pengalaman Operasi
    - Kegagalan Fungsi Tubuh : Stroke, kebutaan
    - waham yang berkaitan dengan bentuk dan fungsi tubuh
    - tergantung pada mesin
    - perubahan usia
    - umpan balik interpersonal yang negatif
    -  standar sosial budaya
    Gangguan Gambaran Diri :
    - Syok psikologi
    - Menarik diri
    - Penerimaan atau pengakuan secara bertahap
  • Ideal Diri, Merupakan persepsi individu tentang bagaimana ia harus berperilaku berdasarkan standar, aspirasi, tujuan dan penilaian personal tertentu.
    Faktor Yang Mempengaruhi :
    - Kecenderungan individu menetapkan batas ideal sesuai kemampuan
    - Faktor budaya yang mempengaruhi individu menetapkan  batas ideal
    - Ambisi dan keinginan seseorang
  •  Harga Diri, adalah perilaku pribadi terhadap hasil yang di capainya dan menganalisa seberapa jauh perilaku memenuhi ideal diri.
    Faktor Yang Mempengaruhi :
    - Gangguan fisik dan mental
    - sistem keluarga yang tidak berfungsi
    - Pengalaman traumatik misalnya aniaya fisik, emosi dan seksual
    - ideal diri tidak realistis
    - perkembangan individu
    Gangguan harga diri dapat digambarkan sebagai perasaan negatif, hilangnya kepercayaan diri, dan harga diri rendah.
  • Peran, Seperangkat perilaku yang diharapkan di lingkungan sosial yang berhubungan dengan fungsi individu pada berbagai kelompok sosial.
    Faktor Yang Mempengaruhi :
    - kejelasan perilaku dengan penghargaan yang sesuai dengan peran yang dilakukan
    - konsisten respon
  • Identitas, Merupakan kesadaran mengenai diri sendiri. Identitas ditandai dengan individu memandang dirinya sendiri secara unik dan meraakan dirinya berbeda dengan yang lainnya.

Demikian Artikel Ampuh Mengenai  Gangguan Konsep Diri, yang dapat membantu kita mempelajari mengenai faktor yang mempengaruhi konsep diri dan bagian konsep diri, pelengkap tugas sekolah dalam bidang Keperawatan dan keperluan lainnya, Semoga bermanfaat.
   
Disqus Comments