Skala Kekuatan Otot - Kekuatan Otot adalah Kemampuan yang dimiliki otot secara optimal untuk berontraksi maupun berelaksasi sehingga menghasilkan gaya. Berbagai hal dapat mempengaruhi kekuatan otot seseorang misalnya cedera, luka, bekas operasi dan hal lain sebagainya. Sdelain itu olahraga juga merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan kekuatan otot berkurang.
Kekuatan otot bisa diukur dengan menggunakan MMT (Manual Muscel Testing) atau Disebut Dinamometer. kedua alat ukur ini yang paling sering ditemukan di klinik fisioterapi untuk mengukur skala kekuatan otot.


Skala Kekuatan Otot :
  1. Skala 0
    Pada otot dengan kekuatan skala 0, sama sekali tak mampu bergerak / Lumpuh total, tidak mampu berkontraksi sedikitpun baik tangan atau kaki tak mampu merespon rangsangan dari otak untuk bergerak, bila lengan/tungkai dilepaskan dari ketinggian maka akan jatuh, 100% PASIF dalam pergerakan.
  2. Skala 1
    Kekuatan pada otot 1 mampu menampakkan adanya sedikit kontraksi yang terlihat namun persendian tidak mampu bergerak.
  3. Skala 2
    kekuatan otot pada skala 2 yaitu dapat sedikit bergerak dengan gerakan yang lemah seperti membalikkan telapak tangan, tidak dapat melawan gaya grafitasi.
  4. Skala 3
    Kekuatan otot pada skala 3 dapat menggerakan otot melawan gaya gravitasi,tapi masih tidak mampu menahan dorongan dari fisioterapi saat diuji.
  5. Skala 4
    Kekuatan otot pada skala 4, artinya disini otot mampu berkontraksi dengan melawan gaya grafitasi dan dapat menahan dorongan yang minimal.
  6. Skala 5
    Otot dapat bergerak bebas, mampu melawan gaya gravitasi, mampu menahan dorongan dengan semaksimal mungkin.

Demikian Artikel Ampuh Mengenai Skala Kekuatan Otot , yang dapat membantu kita mempelajari mengenai Kekuatan otot kita , pelengkap tugas sekolah dalam bidang biologi dan keperluan lainnya, Semoga bermanfaat. 
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: