Body Alignment (Postur Tubuh) - Body Alignment (Postur Tubuh) adalah susunan yang geometris dari bagian-bagian tubuh yang tersusun dan terhubung satu sama lain.
Dalam pembentukan postur tubuh terdapat 4 penyusunnya yaitu : Sendi, Tendon, Ligamen, dan otot.


  • Sendi
    Sendi adlah tempat pertemuan atau saling menghubungkannya 2 tulang sehingga memungkinkan terjadinya pergerakan maupun tidak dapat terjadi pergerakan.

    Sendi (Artikulasi) dibedakan menjadi 3 bagian berdasarkan kebebasannya bergerak yaitu :
    a.Sinartrosis, Merupakan sendi yang tidak mampu bergerak. sendi ini tidak mampu bergerak karena pada sendi ini terdapat pada hubungan antar tulang yang memiliki jaringan ikat. Contohnya : Hubungan antar tulang pembentuk tengkorak kepala.

    b. Amfiatrosis, Merupakan sendi yang gerak leluasanya terbatas/sedikit. Contohnya tulang ruas-ruas tulang belakang.

    c. Diartrosis, Merupakan sendi yang mampu bergerak dengan bebas karena jaringan ikat antar tulang ini adalah jaringan ikat longgar sehngga memungkinkan terjadinya pergerakan. Contohnya : Sendi Peluru (kesemua arah) Pada bahu, Sendi Putar (Mampu melakukan putaran dan bertumpu pada satu sumbu) terdapat pada hubungan antar tulang pengumpil dan tulang hasta, Sendi Engsel (Bergerak satu arah) Pada siku, lutut dan ruas-ruas jari. Sendi Pelana pada telapak tangan. Sendi Luncur (Dapat bergeser) terdapat di selangka bahu.
  • Tendon
    Tendon adalah jaringan ikat fibrosa yang berbentuk padan dan keras, berwarna putih dan tendon berada pada ujung otot yang menempel pada tulang, dengan kata lain tendon merupakan penghubung antar tulang dan otot.

    Berdasarkan cara melekatnya tendon di bagi menjadi :
    a. Origo, Merupakan tendon yang melekat pada tulang yang tidak akan berubah posisi atau bergerak pada saat otot berkontraksi.

    b. Insersio, merupakan tendon yang melekat pada tulang yang dapat bergerak ketika otot berkontraksi.

  • Ligamen
    Ligamen merupakan susunan jaringan serabut yang terdiri dari jaringan ikat yang kenyal berwarna putih mengkilat dan fleksibel.Ligamen sebagai pengikat sendi dan hubungan antar tulang.
  • Otot
    Merupakan sekumpulan jaringan yang menjadi salah satu unsur terbesar pembentuk body alignment. Kekuatan dan ukuran otot dipengaruhi oleh latihan pergerakan otot, gizi, genetika, jenis kelamin dan umur.

    Karakter dari otot :
    a.Kontraksibilitas, Adalah kemampuan otot berubah memendek dan lebih pendek dari ukuran yang sebenarnya.
    b. Ekstensibilitas, Adalah kemampuan otot untuk berubah menjadi lebih panjang pada saat otot berkontraksi.
    c. Elastilitas, Adalah kemampuan otot untuk mengubah ukuran kembali kesemula.
 Demikian Artikel Ampuh Mengenai Body Alignment (Postur Tubuh), yang dapat membantu kita mempelajari mengenai penyusun body alignment, pelengkap tugas sekolah dalam bidang biologi dan keperluan lainnya, Semoga bermanfaat. 
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: