Sejarah Lahirnya Tahun Baru China - Tahun Baru China atau bagi daerah luar dataran china menyebutnya Hari Raya Imlek. Perayaan Hari Raya ini dilaksanakan pada tanggal 1-15 pada bulan pertama dikalender china. Hari raya ini diperingati oleh orang Tionghoa. Malam tahun baru Imlek disebut Chuxi (Malam Pergantian Tahun).

Perayaan tahun baru china dirayakan oleh seluruh penduduk dunia dibagian manapun karena 1/5 dari penghuni bumi adalah orang-orang keturunan china, banyak bangsa yang bertetangga dengan negara china ikut merayakan hari raya imlek seperti Korea, Taiwan, Vietnam, Nepal, Mongolia, Bhutan dan Jepang. Khusus di dataran China, Indonesia, Makau, Hongkong,Malaysia dan negara-negara yang memiliki penduduk beretnis China. sebagian dari mereka merayakannya dengan perayaan yang sudah beraktualisasi dengan budaya setempat.

Sejarah Hari Raya Imlek, yaitu dimulai sebelum Dinasti Qin, Tanggal perayaan pada awalnya belum jelas. Kemungkinan tahun baru diawal tahun pada bulan pertama semasa Dinasti Xia, Bulan 12 semasa Dinasti shang dan bulan 11 semasa Dinasti Zhou di China. Bulan kabisat lah yang digunakan untuk memastikan kalender tionghoa yang sejalan dengan perputaran matahari, selalu ditambah seteah bulan 12 sejak dinasti shang dan zhou. Akhirnya Kaisar pertama China yaitu Qin Shi Huang menetapkan hari raya imlek tionghoa berawal dibulan 10 pada 221 SM. sedangkan pada kepemimpinan kaisar Wu yang memerintahpada masa Dinasti Han menetapkan bulan 1 sebagai awal tahun baru yang berlaku hingga sekarang.

Demikian Artikel Ampuh Mengenai Sejarah Lahirnya Tahun Baru China, yang dapat membantu kita mengetahui arti sebenarnya dari "Hari Raya Imlek" semoga bermanfaat!
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: