5 Jenis Senyawa Lipid - Lipid merupakan suatu makromolekul yang ada didalam sel dan berfungsi sebagai penyimpan cadangan energi bagi sel, merupakan lapisan pelindung, komponen vitamin dan komponen hormon. Lipid bersifat Hidrofobik (Tidak suka air) Senyawa lipid yang paling penting yaitu lemak, fosfolipid dan steroid.


Ada 5 Jenis Senyawa Lipid Yaitu :
  1. Lemak
    Lemak (Trigliserida atau Trisilgliserol) tersusun atas 3 asam lemak dan 1 molekul gliserol. Gliserol merupakan sejenis alkohol dengan 3 atom karbon yang memiliki gugus hidroksil, sedangkan Asam lemak terdiri dari 16-18 atom karbon. Jenis-jenis Asam Lemak yaitu Asam Lemak Jenuh dan Asam Lemak Tak Jenuh.
    Contoh Asam Lemak Jenuh yaitau, Asam stearat dan asam palmitat, pada lemak hewan akan berbentuk padat pada suhu ruangan.
    Contoh Asam Lemak Tak Jenuh adalah Asam linoleat, asam oleat , lemak nabati yang akan mencair pada suhu ruangan.
  2. Fosfolipid
    Dengan nama lain Fosfogliserida terdiri atas Asam lemak, alkohol dan Gliserol. Foffolipid bersifat ambivalen terhadap air, karena ekor pada fosfolipid bersifat hidrofobik (Sukar dilewati air) dan Kepala dari Fosfolipid bersifat hidrofilik (Mudah dilewati air). Fosfolipid merupakan komponen utama pembentukan membran sel.
  3. Sfingolipid
    Tersusun dari 3 molekul sfingosin, asam lemak dan kepala  polar fosforilkolin. sfingolipid ini terdapat pada selubung meilin sel saraf.
  4. Steroid
    merupakan lipid kerangka karbon yang berbentuk 4 cincin yang bersatu. seyawa steroid yaitu stigmasterol dan sitosterol (terdapat pada tanaman) , ergosterol dan kolestrol. Kolestrol berfungsi sebagai perkusor dalam sistetis hormon seks vertebrata tetapi jika konsentrasi kolestrol terlalu banyak dalam darah akan menyebabkan aterosklerosis.
  5. Lilin
    Merupakan senyawa yang terbentuk dari ester asam lemak dan alkohol. Asam lemak yang menyusun senyawa ini adalah asam palmiat. sedangkan untuk alkohol disusun umumnya 26-34 atom karbon C.
 Demikian Artikel Ampuh Mengenai 5 Jenis Senyawa Lipid , yang dapat membantu kita mempelajari mengenai jenis-jenis senyawa yang tergolong lipid, bisa dijadikan bahan penelitian , pelengkap tugas sekolah dalam bidang biologi dan keperluan lainnya, Semoga bermanfaat.

Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: