Transpor Antar Membran - Membran plasma pada sel berperan dalam mengatur keluar masuknya molkekul dari dan keluar sel. Membran plasma ini bersifat selektif permeabel (Penyeleksian hanya molekul tertentu yang masuk). Perpindahan molekul atau ion dari dalam dan keluar sel terdapat 2 cara, yaitu : Transpor Aktif dan Transpor Pasif.

1. TRANSPOR PASIF


    Merupakan perpindahan Senyawa molekul atau ion melalui membran sel tanpa memerlukan energi. Perpindahan ini terjadi secara spontan mengikuti aliran konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah.
Transpor Pasif Meliputi:
a. Difusi, pergerakan secara acak dari partikel gas, cairan dan larutan dari lingkungan yang berkonsentrasi tinggi (Hipertonik) kelingkungan berkonsentrasi rendah (Hipotonik) baik melalui membran plasma atau tidak sehingga mencapai taraf keseimbangana molekul.
Difusi terbagi  menjadi 2 yaitu: difusi sederhana contohnya Penggunaan setetes parfum akan memenuhi aroma keseluruh ruangan. dan Difusi terfasilitasi adalah perpindahan molekul dibantu oleh protein tertentu untuk melewati membran sel. Contohnya proses molekul glukosa melewati membran.
b. Osmosis, Merupakan proses perpindahan molekul air (pelarut) dari konsentrasi rendah (Hipotonik) ke konsentrasi yang lebih tinggi (Hipertonik) melalui membran sel yang selektif permeabel.

2. TRANSPOR AKTIF

    Untuk molekul yang berukuraan lebih besar tidak dapat ditranspor melalui transpor pasif, sehingga di perlukan transpor aktif yaitu perpindahan molekul zat melalui membran sel menggunakan energi (ATP=Adenosit TriPospat).Energi yang digunakan dalam proses ini merupakan hasil dari metabolisme yang dibentuk ATP. Dengan adanya energi tersebut mampu menggerakkan molekul bergerak melawan perbedaan konsentrasi. kelebihan transpor Aktif yaitu dapat mengangkut molekul yang berukuran besar, dan molekul yang di angkut dapatditimbun/disimpan dalam sel. Transpor Aktif dibedakan menjadi 3 tipe yaitu: Pompa Ion, Endositosis dan Eksositosis.

Demikian Artikel Ampuh Mengenai Transpor Antar Membran, yang dapat membantu kita mempelajari mengenai Cara-cara molekul berpindah di dalam sel kita , bisa dijadikan bahan penelitian , pelengkap tugas sekolah dalam bidang biologi dan keperluan lainnya, Semoga bermanfaat.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: