Mekanisme Metabolisme Karbohidrat - Karbohidrat adalah salah satu asupan makronutrien yang dibutuhkan tubuh kita, Fungsi dari karbohidrat yaitu sebagai zat pembangun bagi tubuh kita. Karbohidrat terbentuk secara ilmiah melalui pensintetisan antara CO2 (Karbon Dioksida) dan H2O (air) yang terjadi dalam proses fotosintetis menghasilkan beberapa macam bentuk karbohidrat, contohnya Monosakarida (C6 H12 O6), Disakarida (C12 H22 O11) dan Polisakarida (C6 H11 O5). Zat makanan ini merupakan produsen makanan utama untuk mahluk hidup.

Sumber zat karbohidrat terdapat dalam banyak makanan. biasanya bahan makanan ini di jadikan sebagai makanan pokok dan dapat di temui dimanapun.  Misalnya, Jagung, Gandum, Biji-bijian, Sagu, Ketela pohon, kentang dan ubi. Namun di Indonesia makanan pokok yang umumnya di komsumsi adalah Beras.

Makanan yang mengandung karbohidat ini setelah di olah menjadi siap makan dan memasuki area tubuh akan mengalami beberapa tahap penguraian sehingga dapat di serap oleh sel-sel tubuh, yaitu pada tahap awal adalah:
  • Glikolisis, Proses ini yaitu Pengoksidasian Glukosa atau Glikogen menjadi Asam Piruvat dan Asam laktat (asam kelelahan yang disimpan pada otot), glikolisis terjadi pada semua jaringan tubuh.
  •  Oksidasi dari asam pruvat menjadi asetil koefisien A (Asetil-KoA).
  • Glikogenesis, yaitu pensintetisan glikogen dari glukosa.
  • Glikogenolisis, merrupakan pemecahan atau degradasi glikogen, hasil utama adalah glukosa yang akan disimpan dan disintetis dalam hati, sedangkan asetil-KoA dan Asam laktat hasil yang akan di simpan pada otot-otot kita.
  • Terjadinya reaksi antara atau Hexose Monophosphate yaitu pensintetisan perantara penting yang bersama glukosa yaitu NADPH dan ribosa.
  • Glukoneogenesis, adalah tahap akhir dari metabolisme karbohidrat yaitu pembentukan glukosa dari bahan lain yaitu asam amino (protein) yang diubah menjadi glikogen.

 Demikian Artikel Ampuh mengenai Mekanisme Metabolisme Karbohidrat , semoga ini dapat membantu untuk lebih mengenal tentang sistem pembentukan energi dalam tubuh kita.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: