Saturday, October 4, 2014

Tata Cara Shalat 'Id (Shalat Hari Raya)

Tata Cara Shalat 'Id (Shalat Hari Raya) - Shalat 'Id hukumnya sunnat mu'akkad bagi laki-lai dan perempuan, jika yang bermukim atau musafir. Boleh dikerjakan sendiri dan lebih baik jika dikerjakan berjama'ah. Shalat hari raya ada 2, yaitu : "Idul Fitri yang dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal dan Idul Adl-ha yang dilaksanakan pada tanggal 10 Dzul Hijjah. Waktu shalat 'id dimulai dari terbit matahari sampai matahari condong.
Tata Cara Shalat 'Id (Shalat Hari Raya)

Cara Mengerjakan Shalat 'Id
  • Pada waktu pagi hari tanggal 1 Syawal, setelah kita menunaikan shalat shubuh dan setelah kita mandi sunnat Hari Raya. Kemudian berangkat menuju masjid atau tanah kapang, dengan memperbanyak takbir.
  • Setelah sampai di masjid sebelum duduk disunnatkan mengerjakan shalat Tahyatul masjid dua raka'at. Jika di tanah lapang tidak ada tahyatul masjid, hanya setelah tiba di tanah lapang kita terus duduk dan ikut mengulang-ulang bacaan takbir hingga dimulainya shalat 'id tersebut.
  • Lafazh niat shalat 'Id sebagai berikut:
    Bila shalat 'Idul Fitri' niatnya sebagai berikut:
    "USHALLI SUNNATAN LI'IIDIL FITHRI RAK'ATAINI (MA'MUMAN/IMAMAN) LILLAAHI TA'AALAA." ALLAAHU AKBAR."
    Artinya : "Saya niat shalat 'Idul Fithri dua raka'at (ma'muman/imaman) karena Allah Ta'ala" Allahu Akbar.

    Bila shalat 'Idul Adl-Ha, niatnya sebagai berikut:
    "USHALLI SUNNATAN LI'IIDIL ADL-HA RAK'ATAINI (MA'MUMAN/IMAMAN) LILLAAHI TA'AALAA." ALLAAHU AKBAR."
    Artinya : "Saya niat shalat 'IdulAdl-Ha dua raka'at (ma'muman/imaman) karena Allah Ta'ala" Allahu Akbar.
  • Pada raka'at yang pertama, sesudah niat, lalu membaca takbiratul ikhram, kemudian membaca do'a iftitah, lalu takbir 7 kali, dan setiap habis takbir disunnatkan membaca :
    "SUBHANALLAHI WALHAMDULILLAAHI WALAA ILAA-HA ILALLAAHU WALLAAHU AKBAR."
    Artinya :"Maha Suci Allah, dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah dan Maha Besar."

    Setelah takbir 7 kali dan membaca tasbih tersebut, kemudian membaca surat Fatihah dan ditambah surat yang disukai (lebih utama membaca surat Qaf atau surat Al-A'la).
  • Pada raka'at kedua, setelah berdiri lalu membaca takbir 5 kali, dan setiap takbir disunnatkan membaca tasbih seperti pada raka'at pertama. Kemudian membaca surat fatihah dan ditanbah dengan surat yang disukai, dan yang leih utama membaca surat Al-Ghasyiah. Di dalam membaca fatihah dan surat, imam disunnatkan untuk menyaringkan suaranya, sedangkan ma'mum tidak.
  • Shalat Id dikerjakan sebagaimana shalat yang lain. Dan dikerjakan dalam dua raka'at
  • Khutbah dilakukan dua kali sesudah shalat'Id, yaitu pada khutbah pertama membaca takbir 9 kali, dan pada khutbah kedua membaca takbir 7 kali dan membacanya berturut-turut.

Hal-Hal Yang Perlu Dikerjakan Sebelum Shalat Id.
  • Pada hari raya disunnatkan untuk mandi, berpakaian yang bagus, memakai wangi-wangian.
  • Disunnatkan untuk makan dahulu sebelum pergi shalat "Idul Fitrhri", tapi pada hari raya Haji, disunnatkan tidak makan kecuali setelah sholat.
  • Waktu kembali dari shalat'Id, disunnatkan untuk mengambil jalan yang berlainan daripada berangkatnya.
Takbir
Pada hari raya Fithrarh dan hari raya Haji, disunnatkan membaca takbir di luar waktu shalat, waktunya sebagai berikut :
  • Pada hari raya Fithrah, waktu takbir dari terbenamnya matahari sampai imam berdiri untuk mengerjakan shalat 'Id.
  • Pada hari raya Haji, takbir dimulai dari shubuh pada 'Arafah (9Dzul Hijjah) dan pada tiap-tiap shalat Fardlu pada saat itu.

    Lafazh Takbiran :
    "ALLAHU AKBAR ALLAAHU AKBAR ALLAAHU AKBAR,  LAA ILAAHA ILLALAAHU WALLAAHU AKBAR,ALLAAHU AKBAR WALILLAAHI KATSIIRA, WASUBHAANALIAAHI BUKRATAN WA-ASHIILAA, LAA ILAAHA ILLALLAHU WALAA NA'BUDU ILLAA IYYAAHU MUKHLISHIINA LAHUDDIINA WALAU KARIHAL KAAFI RUN. LAA ILAAHA ILLALLAAHU WAHDAHU SHADAQA WA'DAHU, WANASHARA 'ABDAHU, WA-A AZZA JUNDAHU WAHAZAMAL AHZAABA WAHADAHU. LAA ILAAHA ILLALLAAHU WALLAAHU AKBAR. ALLAHU AKBAR WALILLAAHILHAMDU.
    Artinya : "Allah Maha Besar (3x). Tidak ada tuhan melainkan Allah, Allah Maha Besar dan sebagala puji bagi Alla, Allah Maha Besar dan Maha Agung dan segala puji bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang, tiada tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang kami sembah kecuali hanya Allah, dengan ikhlash kami beragama kepadaNya, walaupun orang-orang kafir membenci. Tidak ada tuhan melainkan Allah sendiriNya, benar janjiNya, dan dia menolong hambaNya, dan dia mengusir musuh NabiNya dengan sendiriNya, tiada tuhan melainkan Allah, Allah Maha Besar Allah Maha Besar dan bagiNya segala puji,"
Demikian Artikel Ampuh mengenai Tata Cara Shalat 'Id (Shalat Hari Raya) , dimana pada hari raya Idul Fithri dan Idul Adl-Ha , semua orang laki-laki dan perempuan, anak-anak besar dan kecil, tua dan muda, supaya ikut meramaikannya, bahkan bagi wanita-wanita yang sedang haid(datang bulan) sekalipun dianjurkan untuk ikut keluar, bedoa'a dan takbir, meskipun tidak ikut shalat.
Disqus Comments