Teknik Dasar Ilmu Grafologi - Grafologi, mungkin beberapa dari pembaca artikel ampuh belum mengetahui dengan pasti apa itu ilmu grafologi dan digunakan untuk apa? jadi jika anda belum mengetahui, silahkan baca tulisan kami mengenai Mengenal Ilmu Grafologi ,setelah anda membacanya maka kami akan semakin mudah untuk menjelaskan tentang teknik dasar ilmu grafologi.

Pada artikel sebelumnya saya menjelaskan mengenai hal-hal yang dijadikan aspek penilaian dalam membaca karakter menggunakan ilmu grafologi, diantaranya yaitu : Arah kemiringan huruf, Bentuk umum huruf-huruf, Huruf-huruf bersambung atau tidak, Spasi antar kata, Jarak vertikal antar baris tulisan, Interpretasi huruf "t", Arah tulisan pada kertas, tekanan saat menulis, ukuran huruf, sedikit tentang huruf "O, dan aspek penilaian lainnya.
Teknik Dasar Ilmu Grafologi

Adapun Teknik Dasar Ilmu Grafologi :


Penilaian dari Ukuran Tulisan (Besar Kecilnya Tulisan)
Aspek yang dinilai dari ukuran tulisan yaitu :  kecil, sedang, besar, dan sangat besar.
  • Tulisan tangan yang ukurannya kecil dapat menunjukkan sifat pendiam dari pemilik tulisan tersebut, kemudian diapun sering menyendiri ,akan tetapi dia mempunyai otak yang sangat cemerlang dan juga pemikirannya selalu ilmiah.
  • Tulisan tangan yang ditulis dengan ukuran yang kecil-kecil namun sangat jelas dan mudah untuk dibaca menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang pandai, memiliki konsentrasi yang kuat, Akan tetapi dia adalah orang yang sering memamerkan ilmu dan pengetahuannya. 
  • Tulisan tangan yang ditulis dengan ukuran yang kecil-kecil namun susah dibaca menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang mandiri dalam menjalani kehidupan nya.
  • Tulisan tangan sedang menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang sangat atau masih terpaku dengan tradisi kuno, dan hal-hal yang bersifat formil/modern. Logikanya sangat tinggi dan pandai mengambil keputusan.
  • Tulisan tangan yang besar menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang ambisius tetapi dia orang yang juga murah hati dan selalu ingin membuktikan dirinya agar dihargai oleh orang lain, dan juga orang ini suka hyperbola terhadap hal-hal sepele/kecil. 
  • Tulisan tangan yang sangat besar menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang sangat berhati-hati dalam banyak hal, kemudian dia juga suka memperhatikan sekelilingnya, akan tetapi dia sangat over aktingnya dalam mencari perhatian orang.
Penilaian dari Gaya Tulisan
Aspek yang dinilai dari Gaya tulisan yaitu : Gaya Sambung Biasa, Gaya Sambung Berbentuk Petak, Gaya Sambung Berliku, Gaya Lurus dan Lancip dan Gaya Campuran.
  • Tulisan Gaya Sambung Biasa, mencerminkan sifat pemilik tulisan sebagai orang yang senang memberi tanggapan dalam berbagai masalah (pendengar yang baik), Mudah bergaul dan selalu menerima saran dan masukan orang lain. Orang yang memiliki tulisan seperti itu adalah orang yang berbakat untuk jadi pemimpin.
  • Tulisan Gaya Sambung Berbentuk Petak mencerminkan sifat pemilik tulisan sebagai orang yang mudah untuk dipengaruhi, selalu memandang enteng setiap persoalan yang ada, kadang-kadang bertindak semberono dan tidak pernah berifkir panjang sebelum bertindak.
  • Tulisan Gaya Sambung Berliku mencerminkan sifat pemilik tulisan sebagai orang yang terlalu banyak luka-likunya, orangnya terkesan formil, sangat berhati-hati, akan tetapi pada umumnya dia adalah orang yang pendiam, suka menyendiri dan memiliki banyak bakat dan kreatifitas.
  • Tulisan Gaya Lurus dan Lancip mencerminkan sifat pemilik tulisan sebagai orang yang agresif,tekun dalam bekerja, kadang-kadang tidak bisa berkompromi. Dan jika huruf awal tulisannya lancip maka artinya dia adalah orang yang sedang mengalami konflik psikologis yang membuatnya bertindak secara agresif.
  • Tulisan Gaya Campuran (Biasanya penulisanya menulis dengan cepat sehingga tulisannya tidak karuan) mencerminkan sifat pemilik tulisan sebagai orang yang selalu berpikir cepat, sangat kreatif dan tidak suka di kritik. Dan jika hal yang dikerjakan tidak sesuai keinginannya maka dia tidak akan total dalam mengerjakan hal tersebut, dan paling pintar membuat alasan ketika menolak untuk menolong.
Penilaian dari Kemiringan Tulisan
Aspek yang dinilai dari kemiringan tulisan yaitu : miring ke kiri atau ke kanan, atau tegak lurus.
  • Tulisan yang miring ke kiri menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang tertutup (introvet) dan sangat individualis, dan sangat konservatif.
  • Tulisan miring ke kanan menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang ramah,bersikap terbuka (extropet)dan juga aktif, selain itu dia orang yang berani untuk menghadapi banyak tantangan baru. Orang ini mampu bekerja dalam kelompok.
  • Tulisan bentuknya tegak, menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang tidak suka diatur (tidak suka di intervensi). Namun orang ini ahli dalam mengontrol dirinya untuk berbuat hal-hal yang positif.
Penilaian dari Tekanan Tulisan
Aspek yang dinilai dari tekanan tulisan yaitu kekuatan dari tekanannya pada saat menulis.
  • Tekanan tulisan yang halus menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang tenang. 
  • Tekanannya tulisan yang tercetak jelas menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang bersifat kaku dan formal dan susah untuk menyesuaikan diri di dalam pergaulannya, dan dia berfikir bahwa dengan seperti itulah dia mampu dihargai oleh orang.
Penilaian dari Bentuk Huruf Awal
Aspek yang dinilai dari tekanan tulisan yaitu : Bentuk Jangkar, Bentuk Busur, Bentuk Memanjang yang ditulis pelan-pelan, Huruf awal Bentuk memanjang dari bawah.
  • Huruf awal Bentuk Jangkar menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang suka bersikap pasif cenderung bersikap kurang dewasa dan juga dia orang yang kurang percaya diri dalam menjalani hidupnya.
  • Huruf awal Bentuk Busur, menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yangcepat puas dengan hasil pencapaiannya, dan hidupnya sangat memegang teguh nilai-nilai agama (religius).
  • Huruf awal Bentuk Memanjang yang ditulis pelan-pelan, menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang sangat berhati-hati dalam merencanakan masa depannya.Kemudian panjang dari huruf awal juga mencerminkan dia orang yang sering terlambat kerja dan suka boros waktu.
  • Huruf awal Bentuk memanjang dari bawah, menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang agresif dan cepat dalam menyelesaikan pekerjaannya, dia juga orang yang suka melakukan berbagai macam eksperimen.
Penilaian dari Marjin
Penilaian dari Marjin menunjukkan kualitas pendidikan dan sosial dari orang yang menulis.
  • Marjin atas lebar,menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang cenderung menjaga jarak dan menarik diri dari orang lain, hormat terhadap orang yang lain, dan selalu bersifat formil.
  • Marjin atas sempit, menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang menyukai suasana formalitas.
  • Marjin bawah lebar, menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang memiliki rasa takut terhadap s*ks, orang yang idealis namun kurang bersahabat, memiliki trauma emosional.
  • Marjin bawah sempit, menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang memiliki naluri suka menimbun, orangnya SKSD (Sok Kenal, Sok Dekat),dia juga orang yang kurang berhati-hati, sangat sentimental, dan juga materialistis, dia sangat mudah lelah, dan kurang bisa berkomunikasi dengan baik.
  • Marjin kiri lebar, menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang memiliki latar belakang kebudayaan yang baik, kemampuan intelejensinya baik, nilai seninya tinggi, dan orangnya pun kritis.
  • Marjin kiri sempit, menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang mudah bersahabat dengan siapa saja dan tidak membeda-bedakan menurut strata sosial namun memiliki pikiran yang picik, tapi orangnya pendiam, dan hipersensitif,sangat hati-hati, dan selalu ingin menghindar dari tekanan.
  • Marjin kanan lebar,menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang memiliki ketakutan akan kelangsungan masa depannya.
  • Marjin kanan sempit,menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang sangat berhati-hati dalam mendekati calon teman dan dunianya secara umum, tetapi dia orang yang murah hati, juga sembrono, dan juga tidaksabaran, dan selalu ingin keluar dan tidak ingin terlibat dalam sebuah masalah.
  • Marjin Rata menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang
    memiliki pola piki yang teratur dan memiliki mata yang artistik.
  • Marjin Satu halaman penuh tulisan tanpa ada jarak (spasi), menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang pemikirannya picik, dan sangat banyak bicara.
  • Satu halaman hampir semuanya bermarjin, menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang sangat penakut,juga orang yang tertekan, dan juga orang yang tidak pernah puas.
  • Marjin kiri acak-acakan, menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang tersebut terkena depresi dan temporer.
  • Marjin kiri semakin melebar ketika tulisan turun, menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang bisa bertindak cepat dan spontan, akan tetapi dia orang yang kesulitan menggunakan waktu.
  • Marjin kiri semakin menyempit ketika tulisan turun, menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang suka memulai tugas yang sikap berani.   Marjin sempit di sisi kiri dan kanan,menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang tidak percaya diri, atau tidak pernah melihat dirinya baik.
  • Marjin kiri tidak rata.menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang tidak dapat menyesuaikan dirinya dengan masyarakat luas, pembangkang (suka melawan/suka menyimpang/tidak disiplin).
  • Tidak ada marjin,menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang sibuk, selalu berusaha keras, tidak suka berbagi (pelit), dan juga gois.
Dinilai dari Kemiringan
Aspek Penilaiannya yaitu Ke kiri: berhubungan dengan masa lalu dan hal-hal yang negatif,Vertikal: berhubungan dengan pengendalian dan formalitas,Ke kanan: berhubungan dengan masa depan dan hal-hal yang positif.
  • Jika miring Ke kanan, Tulisan tersebut menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang ekstrover, mudah berkomunikasi, bersahabat, tidak tenang, aktif, responsif,tergesa-gesa(kurang sabar),suportif dan dia selalu ingin memberi dan menerima afeksi.
  • Jika miring Terlalu ke kanan, Tulisan tersebut menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang suka bergaul akan tetapi susah mengendalikan emosinya, sangat mudah bosan, suka gelisah, dan memiliki banyak teman dekat.
  • Jika miring Sedikit ke kanan,Tulisan tersebut menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang sangat membutuhkan kehadiran orang lain, berpandangan luas dan ekstrover
  • Jika miring Ke kiri,Tulisan tersebut menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang introver,lebih kuat nalar dari pada emosinya, sangat mudah tersinggung,sering mengucilkan diri sendiri, dan takut akan masa depan.
  • Jika miring Terlalu ke kiri,Tulisan tersebut menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang introspektif, suka gugup,dan seorang pemimpi.
  • Jika miring Sedikit ke kiri, Tulisan tersebut menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang kebih banyak menggunakan pikirannya, dan juga agak introver.
  • Jika Vertikal,Tulisan tersebut menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang independen(suka berdiri sendiri), tidak introver dan juga tidak ekstrover, tidak suka bergantung pada orang lain. dia orang yang netral dan selalu berfikiran positif.
  • Kemiringan Bervariasi (ada yang ke kanan, ada yang ke kiri),Tulisan tersebut menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang multitalent atau serbaguna tapi kadang tidak stabil yang mengakibatkannya mudah berubah, kadang murung,kadang senang dan juga kadang terombang-ambing untuk memiliki kata hati dan pikiran.
Aspek penilaian dari kemiringan turun,datar ataupun naik.
Turun: berhubungan dengan depresi, lelah, ketidakjujuran, kesedihan, pesimisme,Datar: berhubungan dengan ketenangan dan stabilitas luar,Naik: berhubungan dengan penuh harapan, ambisi, kejujuran, aktivitas, motivasi dan sukses.
  • Jika Miring ke atas (menaik), Tulisan tersebut menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang ambisius dan selalu optimis, orangnya juga teratur,memiliki  perasaan dan sangat bertanggung jawab, suka dan mudah bergaul, dan juga pribadi yang menyenangkan.
  • Jika Menaik tiruan (garis dasar menaik tetapi jatuh pada bagian akhir),Tulisan tersebut menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang mudah menyerah.
  • Jika Miring ke bawah (menurun),Tulisan tersebut menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang suka pesimisme dan mudah depresi, dan sangat suka terkena kelelahan fisik dan mental.
Dinilai dari Tinggi Tulisan
Tinggi tulisan juga dapat menentukan kepribadian dari seseorang
  • Tinggi Bervariasi, menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang suka mengungkapkan suasana hatinya, lebih mementingkan perasaan ketimbang akal sehat. Tidak dapat diandalkan.
  • Tinggi Membentuk kurva (menaik kemudian menurun) atau cembung,menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang sangat mudah menyerah, sangat semangat dalam memulai sebuah pekerjaan.
  • Tinggi Membentuk kalung (menurun kemudian menaik) atau cekung,menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang gigih untuk mencapai tulisan, sangat antusias dalam bekerja.
  • Tinggi Lurus,menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang sangat stabil, dan sangat terkendali.
  • Tinggi Sangat lurus,menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang bertindak dangkal dan kelihatan seolah-olah terkendali.
  • Tiap kata naik,menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang menulisnya sedang dalam suasana bahagia
  • Tiap kata turun,menunjukkan bahwa pemilik tulisan tangan tersebut adalah orang yang tidak dalam keadaan yang bahagia
Demikian Artikel Ampuh mengenai Teknik Dasar Ilmu Grafologi, semoga bermanfaat untuk anda dalam membaca karakter calon karyawan anda, dan juga dapat membaca karakter keluarga, suami/istri atau bahkan pacar anda bagi anda yang masih berpacaran,jika bermfaat silahkan berikan komentar anda dibawah ini.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: