Penggolongan Darah Berdasarkan Sistem A,B,AB,O - A, B, AB , O adalah sistem golongan darah yang sudah sangat familiar dimasyarakat pada saat ini, Penggolongan darah berdasarkan sistem A, B, AB, O adalah sistem yang dikembangkan oleh Karl Landsteiner yang merupakan seorang ahli Biologi dan Fisika dari negara Austria.

Berdasarkan penggolongan darah dengan sistem A, B, AB, O pasti banyak pertanyaan yang timbul di benak kita, di antarnya bagaimana cara membedakan ke empat jenis golongan darah tersebut ?, dan juga kita bertanya, mengapa antar golongan darah tersebut tidak bisa saling donor jika tidak sama ?
Sistem Golongan Darah A,B,AB,O

Berikut Penjelaskan Mengenai Sistem Golongan Darah A,B,AB,O

Di dalam sel darah merah, terdapat banyak jenis antigen dan salah satunya yaitu atigen A dan antigen B dimana antigen ini ada pada permukaan sel darah merah. Kedua antigen tersebut biasanya kita miliki keduanya, kita bisa juga hanya memiliki salah satu diantaranya dan juga bisa saja kita tidak memiliki kedua antigen tersebut, dan antigen ini merupakan salah satu penentu untuk menentukan golongan darah anda.

Salah satu penentu lainnya dalam menentukan golongan darah yaitu aglutinin yang terkandung dalam darah kita. Aglutinin berfungsi sebagai antibodi terhadap antigen A dan antigen B. Aglutinin juga terbagi atas dua yaitu Aglutinin A dan Aglutinin B. Aglutinin A dalam darah akan menolak Antigen A dalam darah, begitupun Aglutinin B akan menolak Antigen B dalam darah.

Penolakan tersebut akan ditandai dengan penggumpalan aglutinin pada saat bertemu dengan antigen yang ia tolak. Maka dari itu jika kita mendonorkan darah kita, kita tidak boleh sembarangan, kita harus mengikuti berbagai test laboratorium yang mengetes kecocokan darah kita dengan sample darah orang yang akan kita donorkan.

Berikut Cara Menentukan Golongan Darah Kita Apakah A, B, AB, atau O
  • Orang yang bergolongan darah A memiliki Antigen A dan Aglutinin B dalam darahnya.
  • Orang yang bergolongan darah B memiliki Antigen B dan Aglutinin A dalam darahnya.
  • Orang yang bergolongan darah AB memiliki Antigen A dan Antigen B tetapi tidak memiliki Aglutinin A dan Aglutinin B.
  • Orang yang bergolongan darah O memiliki Aglutinin A dab Aglutinin B tetapi tidak memiliki Antigen A dan Antigen B.
Demikian Artikel Ampuh mengenai Penggolongan Darah Berdasarkan Sistem A,B,AB,O dimana artikel ini kami re-write dari situs sains.me , yang kami ramu dengan bahasa sederhana agar para pembaca artikel ampuh bisa mendapatkan pengetahun mengenai pembagian golongan darah berdasarkan sistem ini, dan tentunya menambah wawasan kita semua.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: