Penggolongan Darah Berdasarkan Sistem Rhesus - Sebelumnya kita telah membahas penggolongan darah berdasarkan sistem A, B, AB, O namun tidak bisa kita pungkiri bahwa masih ada lagi sistem penggolongan darah lainnya, sistem penggolongan darah tersebut adalah penggolongan darah berdasarkan sistem rhesus, dimana rhesus terbagi atas 2 jenis, yaitu rhesus (+) dan rhesusu (-).
Penggolongan Darah Berdasarkan Sistem Rhesus

Berikut Penjelasan Mengenai Penggolongan Darah Berdasarkan Sistem Rhesus


Pembagian Golongan Darah berdasarkan sistem rhesus tidak jauh berbeda dengan penggolongan darah berdasarkan sistem A, B, AB, O. Karena penggolongan darah dengan rhesus juga mengenal istilah Antigen dalam darah, dan antigen yang digunakan untuk menentukan rhesus itu yaitu antigen D yang ada di dalam darah.

Perbedaan Rhesus + (Rh+) dan Rhesus - (Rh-)
  • Orang yang memiliki Antigen D di dalam darahnya artinya bergolongan darah Rhesus + (Rh+)
  • Orang yang tidak memiliki Antigen D di dalam darahnya artinya bergolongan darah Rhesus - (Rh -).
Meskipun penggolongan darah ini sangat sederhana, tetapi kita tidak boleh menyepelekan hal ini , karena orang yang memiliki Rhesus - tidak bisa mendapatkan donor dari orang yang memiliki Rhesus + , karena  orang yang memiliki Rhesus - akan membuat antibodi terhadap antigen D yang ada pada darah Rhesus +, maka dari itu orang yang memiliki Rhesus - hanya bisa menerima donor dari orang yang memiliki Rhesus - juga, tapi yang sangat menyayangkan adalah orang dengan rhesus - , jumlahnya sangat sedikit di dunia.

Selain itu juga, golongan darah Rhesus sangat wajib untuk diperhatikan bagi ibu yang sedang hamil. Ibu yang memiliki Rh- dan jika mengandung anak dengan Rh+, kemungkinan darah  si ibu ini akan membentuk antibodi terhadap janin yang dikandungnya, dimana antibodi ini bisa masuk ke dalam plasenta calon bayi, yang bisa mengakibatkan bayi mengalami anemia, kulitnya bisa menjadi kekuning-kuningan, atau bahkan si ibu bisa mengalami keguguran dalam kandunga.

Demikian Artikel Ampuh mengenai Penggolongan Darah Berdasarkan Sistem Rhesus , semoga ini menambah pemahaman kita mengenai darah ataupun donor darah, dimana pada artikel sebelumnya kita juga membahas tentang darah dengan golongan darah A,B,AB,O. Jika merasa ini bermanfaat jangan lupa berkomentar dibawah ini.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: