Monday, May 19, 2014

Makna Hari Kebangkitan Nasional Bagi Bangsa Indonesia

Makna Hari Kebangkitan Nasional Bagi Bangsa Indonesia - Hari Kebangkitan Nasional adalah hari dimana Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran bangkit untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara kita Republik Indonesia, yang dulunya tidak pernah muncul selama penjajahan oleh Belanda dan Jepang.

Hari Kebangkitan Nasional ditandai dengan 2 peristiwa yang sangat penting yaitu:

  1. Berdirinya Boedi Oetomo Pada 20 Mei 1908
  2. Ikrar Sumpah Pemuda Pada 28 Oktober 1928
Hari kebangkitan nasional diperingati karena kita merupakan bangsa yang besar dan kita tidak melupakan sejarah,dan kita selalu bercermin pada sejarah,dan pada hari kebangkitan nasional kita akan mendapat banyak pelajaran yang berharga.
Makna Hari Kebangkitan Nasional Bagi Bangsa Indonesia

Adapun Pelajaran Yang Kita Dapat Dari Hari Kebangkitan Nasional Adalah :


Perubahan Besar Yang Dimulai Oleh Satu Orang.

Kebangkitan Nasional dimulai oleh tokoh yang bernama Dr.Wahidin Sudirohusodo. yang merupakan leluhur kita, putra bangsa dan pahlawan nasional. Dimana pada waktu itu Dr. Wahidin Sudirohusodo tidak tinggal diam dan ingin membuat perubahan pada bangsanya yang dimana cita-cita beliau pun menyebar kepada seluruh mahasiswa kedokteran pada jaman itu yang merupakan asal muasal dari kemunculan Budi Utomo. 

Dorongan Untuk Bangkit Yang Dibentuk oleh Rasa Cinta.

Dr.Wahidin Sudirohusodo yang di dorong oleh rasa cintanya terhadap masyarakat Indonesia yang menderita, membuatnya bangkit melakukan sesuatu untuk masyarakat dan bangsa ini. Yang pada akhirnya beliau membentuk perkumpulan untuk anak-anak yang tidak bersekolah tetapi memiliki kepandaian, karena beliau sadar bahwa pendidikan itu penting bagi kemajuan Indonesia.

Cita-Cita Luhur Yang Harus Disebarkan.

Dr. Wahidin Sudirohusodo bekerja keras untuk menyebarkan cita-citanya yang luhur, dan kemudian mendapat sambutan yang baik dari siswa Sekolah Kedokteran di Jawa khususnya daerah Jakarta , Adapun para siswa itu adalah Gunawan Mangunkusumo,Sutomo,Cipto Mangunkusumo, dan teman-temannya yang lain.

Mahasiswa Memberikan Dampak yang Besar.

Banyak mahasiswa yang menolak untuk memberikan sesuatu yang berguna untuk bangsa ini dan hanya berkata "Kita kan masih mahasiswa, nanti saja ketika kita sudah sarjana!". Sebenarnya kata kata tersebut menggambarkan kemalasan mahasiswa untuk membangun bangsa ini, apakah mereka tidak pernah berfikir bahwa yang mendalangi kebangkitan nasional adalah para mahasiswa. Mari kita bercermin pada Sutomo,Gunawan Mangkusumo dan Cipto mangunkusumo yang saat itu belum menjadi dokter,dan tidak lain berstatus sebagai mahasiswa, mereka berhasil mendirikan Budi Utomo sebagai lambang kebangkitan nasional.

Demikian Artikel Ampuh mengenai Makna Hari Kebangkitan Nasional Bagi Bangsa Indonesia , yang memberikan kita pengetahuan mengenai hari kebangkitan nasional yang sangat bermakna bagi indonesia , Admin artikelampuh mengucapkan selamat hari kebangkitan nasional 2014.
Disqus Comments