Etika Dalam Menggunakan E-Mail - Etika Etika Menggunakan Email, cara berinteraksi di e-mail, bagaimana berinterkasi di e-mail.
Etika Dalam Menggunakan E-Mail - Etika dalam menggunakan e-mail atau Netiket, dalam penggunaan email orang bebas berekspresi dalam menuliskan kata-kata kapanpun,dimanapun dalam keadaan apapun,namun dalam penggunaan e-mail kita harus memerhatikan beberapa etika.

Pada kenyatannya dalam berbagai komunitas yang menggunakan internet untuk berinterkasi, khususnya menggunakan e-mail, telah mengembangkan beberapa etiket yang digunakan dalam berinteraksi di dunia maya, khususnya dalam penggunaan email.


Etika Dalam Menggunakan E-Mail


Berikut beberapa netiket dalam berinteraksi menggunakan email :


  • Tindak menulis e-mail dengan memakai huruf besar semua. E-mail yang keseluruhan pesannya ditulis dengan menggunakan huruf besar dapat diartikan sebagai berteriak atau marah.
  • Menggunakan emoticon/smiley, apabila kita ingin memberitahukan mengenai emosi kita kepada orang lain. Ini perlu untuk menghindari kesalahpahaman.
  • Mempertimbangkan dengan baik-baik apa yang perlu ditulis. Tidak semua orang atau milis bisa menerima ekspresi yang keras. Paling aman adalah bersikap netral dan tidak berapr-api
  • Tidak melampirkan file apa pun pada e-mail sebelumnya ada kesediaan dari calon penerima e-mail. Ini juga berlaku di milis, karena sesuatu yang kita kirim akan diterima oleh banyak orang sekaligus. Hampir semua komunitas milis melakukan pelarangan pada anggotanya untuk menggunakan e-mail dengan attachment
  • Hanya menggunakan e-mail dengan format plain text, apabila mengirim e-mail ke discussion list.
  • Jika kita ingin memberitahu kepada teman kita mengenai keberadaan sebuah website yang menarik ,maka jangan memuat keseluruhan isi dari website tersebut. Cukup tulis saja alamat websitenya.
  • Tidak mempromosikan apapun ke dalam milis yang sifatnya binis, menawarkan jasa atau menjual barang - kecuali mendapatkan izin dari moderator milis atau jika milis tersebut memang khusus untuk menawarkan barang dan jasa.
  • Apabila menjawab e-mail, baik secara pribadi maupun di dalam milis,maka jangan mengikutkan keseluruhan dari isi e-mail sebelumnya. Editlah sedemikian rupa sehingga bagian-bagian penting saja dari e-mail lama yang diperhatikan, yaitu yang akan Anda tanggapi saja.
Demikian Artikel Ampuh mengenai Etika Dalam Menggunakan E-Mail , dimana kita sebagai netter atau orang-orang yang menggunakan internet khususnya email untuk berinteraksi harus memperhatikan etika ini agar tidak terjadi kesalapahaman di dunia maya.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: