Wednesday, May 7, 2014

Etika Dalam Menggunakan E-Mail

Etika Dalam Menggunakan E-Mail - Etika dalam menggunakan e-mail atau Netiket, dalam penggunaan email orang bebas berekspresi dalam menuliskan kata-kata kapanpun,dimanapun dalam keadaan apapun,namun dalam penggunaan e-mail kita harus memerhatikan beberapa etika.

Pada kenyatannya dalam berbagai komunitas yang menggunakan internet untuk berinterkasi, khususnya menggunakan e-mail, telah mengembangkan beberapa etiket yang digunakan dalam berinteraksi di dunia maya, khususnya dalam penggunaan email.


Etika Dalam Menggunakan E-Mail


Berikut beberapa netiket dalam berinteraksi menggunakan email :


  • Tindak menulis e-mail dengan memakai huruf besar semua. E-mail yang keseluruhan pesannya ditulis dengan menggunakan huruf besar dapat diartikan sebagai berteriak atau marah.
  • Menggunakan emoticon/smiley, apabila kita ingin memberitahukan mengenai emosi kita kepada orang lain. Ini perlu untuk menghindari kesalahpahaman.
  • Mempertimbangkan dengan baik-baik apa yang perlu ditulis. Tidak semua orang atau milis bisa menerima ekspresi yang keras. Paling aman adalah bersikap netral dan tidak berapr-api
  • Tidak melampirkan file apa pun pada e-mail sebelumnya ada kesediaan dari calon penerima e-mail. Ini juga berlaku di milis, karena sesuatu yang kita kirim akan diterima oleh banyak orang sekaligus. Hampir semua komunitas milis melakukan pelarangan pada anggotanya untuk menggunakan e-mail dengan attachment
  • Hanya menggunakan e-mail dengan format plain text, apabila mengirim e-mail ke discussion list.
  • Jika kita ingin memberitahu kepada teman kita mengenai keberadaan sebuah website yang menarik ,maka jangan memuat keseluruhan isi dari website tersebut. Cukup tulis saja alamat websitenya.
  • Tidak mempromosikan apapun ke dalam milis yang sifatnya binis, menawarkan jasa atau menjual barang - kecuali mendapatkan izin dari moderator milis atau jika milis tersebut memang khusus untuk menawarkan barang dan jasa.
  • Apabila menjawab e-mail, baik secara pribadi maupun di dalam milis,maka jangan mengikutkan keseluruhan dari isi e-mail sebelumnya. Editlah sedemikian rupa sehingga bagian-bagian penting saja dari e-mail lama yang diperhatikan, yaitu yang akan Anda tanggapi saja.
Demikian Artikel Ampuh mengenai Etika Dalam Menggunakan E-Mail , dimana kita sebagai netter atau orang-orang yang menggunakan internet khususnya email untuk berinteraksi harus memperhatikan etika ini agar tidak terjadi kesalapahaman di dunia maya.
Disqus Comments