Teknologi Generasi Dua Setengah /Half Second Generation (2.5G) , GPRS(General Packet Radio Services) , WIDEN (Wideband Integrated Dispatch Enhanced Network) , CDMA2000 lx Release 0/RTT (1 times Radio Transmission Technology)
Teknologi Generasi Dua Setengah /Half Second Generation (2.5G) - Setelah membahas mengenai Teknologi Generasi Kedua / Second Generation (2G) ,kali ini artikel ampuh akan membahas yang selanjutnya yaitu teknologi 2.5 G atau teknologi generasi dua setengah.

Teknologi 2.5G adalah pengembangan dari teknologi 2G, utamanya dalam teknologi GSM yang telah mengalami penyempurnaan fitur, yang terkhusus pada aplikasi data. Untuk sistem yang memiliki basis GSM, teknologi 2.5G di implementasikan dalam GPRS atau (General Packet Radio Services) dan teknologi Widen, sedangkan sistem yang memiliki basis CDMA di implementasikan dalam teknologi CDMA2000 lx. 

Teknologi Generasi Dua Setengah /Half Second Generation (2.5G)

Adapun Macam Macam Teknologi Generasi Dua Setengah / Half Second Generation (2.5 G) :

  1. GPRS(General Packet Radio Services)
    GPRS adalah teknologi overlay yang dimasukkan kedalam jaringan GSM untuk menghandel komunikasi data pada sebuah jaringan. Dalam artian lain dengan menggunakan handset GPRS, komuni-kasi data tetap berlangsung di atas jaringan GSM dengan GSM masih menangani komunikasi suara dan transfer data ditangani oleh GPRS. perkembangan teknologi GRPS yang melampaui GSM bisa dilakukan dengan efektif, tanpa harus menghilangkan infrastruktur yang lama, hanya dengan menambahkan beberapa software dan hardware baru pada station dari server GSM. Kecepatan transfer data GPRS dapat mencapai 160 Kbps.

    Berdasarkan kemampuannya, GPRS dibagi menjadi 3 kelas, yaitu:
    • Kelas A, dapat terhubung ke jaringan GSM dan GPRS (yaitu suara atau SMS) pada waktu yang bersamaan.
    • Kelas B, bisa terhubung ke jaringan GPRS dan GSM (yaitu suara atau SMS) akan tetapi hanya satu yang bisa digunakan untuk waktu yang sama. Ketika layanan GSM (telepon/SMS) dipakai, maka layanan GPRS harus dipending dan yang kemudian akan secara otomatis aktif lagi jika layanan GSM (telepon/SMS) telah selesai digunakan. Kebanyakan perangkat GPRS termasuk dalam kelas ini.
    • Kelas C, untuk menghubungkan layanan GPRS atau GSM (suara, SMS), harus diadakan pergantian service dengan cara manual antar kedua layanan tersebut karena mereka tidak berganti dan aktif secara otomatis.
  2. WIDEN (Wideband Integrated Dispatch Enhanced Network)
    WIDEN merupakan pengembangan dan iDEN (2G) dan sisi software yang dikembangkan oleh Motorolla dan diperkenalkan pada tahun 1993. WiDEN mampu mentransfer data sampai kecepatan 100 Kbps.
  3. CDMA2000 lx Release 0/RTT (1 times Radio Transmission Technology)
    Merupakan teknologi yang dikembangkan dari teknologi CDMAone dengan menambahkan kemampuan pada layanannya dan beroperasi di frekuensi 400 MHz, 800 MHz, 900 MHz, 1700 MHz, 1800 MHz, 1900 MHz, dan 2100 MHz.

Demikian Artikel Ampuh mengenai Teknologi Generasi Dua Setengah /Half Second Generation (2.5G) , jangan lupa baca seputar teknologi lainnya di artikelampuh yang bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: