Capres Dan Cawapres Paling Potensial Dalam Pemilu 2014 | Aburizal Bakrie Anies Baswedan Chairul Tanjung Dahlan Iskan Gita Wirjawan Hatta Rajasa Hary Tanoesoedibjo Hidayat Nur Wahid Irman Gusman Joko Widodo Jusuf Kalla Mahfud MD Megawati Soekarno Putri Prabowo Subianto Pramono Edhie Wibowo Sri Mulyani Indrawati Wiranto Surya Paloh Sutiyoso Sri Sultan Hamengkubowono X
Capres Dan Cawapres Paling Potensial Dalam Pemilu 2014 - Pemilu 2014 tidak akan lama lagi dilaksanakan,tepatnya pada bulan april 2014 , tentu saja sudah banyak nama nama yang di gadang gadang atau di calonkan sebagai presiden dan wakil presiden republik indonesia untuk periode 2014-2019

Nama -nama Capres Dan Cawapres Paling Potensial Dalam Pemilu 2014 , adalah nama nama yang dikutip dari Buku milik :
Tim Divaro dan Yugha E,S.I.P Yang berjudul PETARUNG POLITIK Profil Capres dan Cawapres RI Potensial 2014 yang diterbitkan Oleh Penerbit Erlangga
Capres Dan Cawapres Paling Potensial Dalam Pemilu 2014

Adapun Nama  Nama Capres Dan Cawapres Paling Potensial Dalam Pemilu 2014 Adalah :


Aburizal Bakrie
Aburizal Bakrie

Besar dan tumbuh di lingkungan pengusaha, mengasahnya menjadi pengusaha besar. Pernah tercatat sebagai orang Terkaya Indonesia pada 2007 yersi Forbes. Setelah meraih gelar insinyur dari Institut Teknologi Bandung. is memilth membesarkan kelompok usaha Bakrie yang dirintis ayahnya Achmad Bakrie sejak 1942. Berbagai jabatan bergengP dalam bidang usaha hingga politik telah is genggam. Kini, ambisinya untuk menjadi orang nomor satu di negen im telah diwujudkan dengan berbagai strategi. Melakukan "start' lebih dulu dibanding figur-figur lain

Anies Baswedan
Anies Baswedan

Namanya melambung ketika tercatat sebagai rektor termuda di Indonesia. Anies menggantikan posisi cendekiawan muslim terkemuka, Almarhum Nurcholish Madjid atau Cak Nur. sebagai Rektor Universitas Paramadina di usianya yang belum genap 40 tahun atau tepatnya 38 tahun.

Anies Baswedan sudah meraih apresiasi dan dalam dan luar negeri. tramanya tercatat dalam 100 intelektual publik dunia menurut jumal Foreign Policy (2008). Bahkan pada tahun 2010, majalah Foresight, terbitan lepang, memasukkan Anies dalam jajaran 20 orang yang diperkirakan akan berperan dalam perubahan dunia 20 tahun mendatang.

Ia juga dianggap tokoh pendidikan yang mumpuni. Gebrakannya melalui Gerakan Indonesia Mengajar menginspirasi dan menarik minat ribuan sarjana dari perguruan tinggi bergengsi untuk mengabdi di pelosok negeri sebagal guru muda.

Kini, namanya masuk ke dalam peserta konvensi Calon Presiden dari Partai Demokrat. Anies, muda. cerdas, dan mumpuni. siap berkompetisi secara sehat dalam arena itu.

Chairul Tanjung
Chairul Tanjung

Nama Chairul Tanjung sudah lama beredar sejak zaman Orde Baru. Meski berada dalam lingkaran yang begitu dekat dengan Penguasa, statusnya ketika itu masih pengusaha kelas menengah.

Merintis bisnis sejak kuliah di tengah keterbatasan. Kini, sosok yang bergetar dokter gigi ini telah menjadi salah satu sosok konglomerat papan atas. Bisnisnya menyebar ke banyak sektor strategis, mulai dari media. ritet dan perbankan.

“Si Anak Singkong” pun kini digadang.gadang menjadi salah satu sosok yang potensial dilamar untuk menduduki jabatan penting di Republik ini.

Dahlan Iskan
Dahlan Iskan

Sebagai jurnalis. Dahlan Iskan dikenal memiliki reputasi yang mumpuni. Wartawan senior Goenawan Mohamad bahkan tak ragu memuji pria kelahiran Magetan, Jawa Timur ini sebagai,'Wartawan hebat.' Reputasi Dahlan dapat ditelusuri dari reportase detailnya untuk majalah tempo tentang tenggelamnya kapal Tampomas di perairan Masalembo, Jawa Timur, pada 1981.

Sebagai pengusaha media, Dahlan dikenal *bertangan emas". Jawa Pos yang nyaris bangkrut dlsulapnya menjadi salah satu jaringan media terbesar di Indonesia saat ini. Sejak 1982, ia memimpin Jawa Pos melebarkan Jaringannya hingga ke daerah-daerah.

Langkah kakinya mengurus negara dimulai ketika Presiden Yudhoyonon menunjuknya sebagai Direktur Utama Perusahaan lisnik Negara. Di perusahaan BUMN itu, Dahlan menggebrak. 20 bulan menjadi orang nomor satu di pabrik setrum, Dahlan pun diangkat menjadi menteri negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Jalan menuju “RI-1” ditempuhnya dengan menyambut undangan konvensi calon presiden dari Partai Demokrat.
Gita Wirjawan
Gita Wirjawan

Gita wirajawan adalah seseorang dengan tampilan flamboyan dan digadang menjadi calon presiden dan mengikuti konvensi calon presiden partai demokrat.

Hatta Rajasa
Hatta Rajasa

Hatta Rajasa adalah nama yang selalu tercantum dalam daftar nama kabinet di tiga periode pemerintahan terakhir. yaitu pada periode megawati , sby dan sby lagi .Kini, Hatta sebagai ketua Umum PAN digadang sebegai calon presiden.

Hary Tanoesoedibjo
Hary Tanoesoedibjo

Hary Tanoesoedibjo awalnya lebih dikenal sebagai pengusaha kepiawaiannya ia mampu menyulap perusahaan merugi kembali bernilai jual tinggi. Langkah terpentingnya dimulai ketika membeli Bimantara milik Bambang Triatmodja

Kini, belakangan namanya kerap muncul di tayangan Tetelevisi, Ia dengan percaya diri maju sebagai Calon Wakil Presiden dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mendampingi Wiranto selaku Calon Presiden.

Hidayat Nur Wahid
Hidayat Nur Wahid

Namanya muncul sebagai salah satu kader terbaik Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sejak 21 Mei 2000, la menggantikan Nurmahmudi Ismail sebagai Presiden Partai Keadilan sebelum berganti nama menjadi Partai Keadilan Sejahtera.

Dikenal bersih dan sederhana, Hidayat menduduki kursi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2004-2009. la pun menanggalkan jabatannya sebagai Presider PKS. Sudah menjadi komitmen partainya, setiap kader tidak pastas merangkap jabatan di partai manakala dipercaya menjabat di lembaga kenegaraan dan pemerintahan. Hal ini untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan jabatan.

Pernah mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan ekonom Didik J. Rachbini pada tahun 2012, dengan jargon Ayo Beresin Jakarta'. Pasangan cagub dan cawagub nomor urut empat ini kalah di putaran pertama. Namun, di kalargan internal PKS, nama Hidayat tetap unggul sebagai talon presiden.

Irman Gusman
Irman Gusman

Irman Gusman mulai terjun ke dunia politik setelah tumbangnya kekuasaan Soeharto. Kiprah Irman dimulai sebagai anggota Majelis Permusyawararan Rakyat (MPR) RI Utusan Daerah Sumatera Barat pada 1999. Sejak awal Irman sudah melihat betapa strategisnya posisi Fraksi Utusan Daerah (FUD) sebagai sarana untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan daerah. Namun upaya ke arah itu bukan dilaluinya dengan mudah. Begitu dia masuk MPR, lembaga tinggi negara itu justru memutuskan untuk menghapus Fraksi Utusan Daerah.

Irman melawan dengan menggalang dukungan untuk membentuk forum Utusan Daerah. Diperlukan dua tahun sebelum pada 2001 agenda pembicaraan mengenai FUD akhirnya kembali dibicarakan dalam Sidang MPR. Untuk memenangkan rencana, Irman dan kawan-kawan hams melobi banyak pihak. Di masa itulah, kepiawaian Irman bernegosiasi teruji. Untunglah, kerja keras mereka tak sia-sia. Pada Sidang tahunan 2001, MPR kembali mengakui keberadaan FUD. Irman pun didaulat menjadi Wakil Ketua Fraksi FUD MPR RI 2002-2004.

Joko Widodo
Joko Widodo

Joko Widodo atau Jokowi adalah nama paling populer di Indonesia saat ini. Berbagai lembaga survei menempatkan namanya di angka tertinggi keterpilihan masyarakat untuk Caton Presiden Republik Indonesia 2014 Sederhana, bersih, dan rajin turun ke lapangan, adalah modal lengkap yang diinginkan rakyat, dan, Jokowi, sapaan akrabnya, memiliki semua itu.

Setetah sukses di Solo, Jawa Tengah, Jokowi melangkah menuju Jakarta. Berpasangan dengan Basuki TjahaJa Purnama atau Ahok. memenangi Pemilihan Gubemur DKI Jakarta pada 2012. Kini namanya. digadang-gadang untuk melaju di Pemilihan Presiden pada 2014 mendatang.

Jusuf Kalla
Jusuf Kalla

Ketika kalah dalam Pemilihan Presiden tahun 2009, cita-cita Jusuf Kalla sangat sederharna, kembali ke kampung halamannya, Makassar. Duet Yudhoyono dan Kalla memang berpisah pada tahun 2009. Keduanya memutuskan jalan masing - masing. Yudhoyono memilih Boediono, sedangkan Kalla Wiranto.

Selepas menanggatkan jabatan Wakil Presiden, kesibukannya tak surut. la tidak bisa sepenuhnya istirahat. Perannya kini semakin bertambah sebagai negarawan ketimbang politisi. Sukses menjadi juru damai berbagai konflik, Kalla ditunjuk sebagai ketua Palang Merah Indonesia menggantikan Marie Muhammad. PMI pun kembali menemukan pemimpin yang segar .Selain itu Kalla juga terpilih sebagai Ketua Umum Pusat Dewan Masjid Indonesia periode 2012-2017 dalam Mukhtamar VI DMI di Jakarta. Sebagai Ketua Dewan Masjid, Kalla memprotes pelantang suara masjid yang kelewat keras tanpa mengenal waktu.

Mahfud MD
Mahfud MD

Mengawal kariernya sebagai akademis, Mohammad Mahfud MD adalah satu dari sedikit orang yang pernah mencicipi lembaga negara dengan fungsi yang berbeda-beda ,eksekutif , yudikatif dan legislatif. Ia pernah menjadi Menteri Pertahanan di Era Abdurrahman Wahid , Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Terakhir Ketua Mahkamah Konstitusi.

Jabatan terakhirnya sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi , Lembaga yang dipimpinnya dikenal bersih dan transparan , selain Komisi Pemberantasan Korupsi.

Setelah melepaskan jabatannya sebagai pimpinan Mahkamah , Manfud pun digadang-gadang sebagai calon potensial Presiden pada 2014 mendatang.

Megawati Soekarno Putri
Megawati Soekarno Putri

Lahir sebagai anak Sang Proldamator, Megawati menjemput takdirnya ketika menjadi Presiden Republik Indonesia Kelima tahun 2001 sampai 2004. Meski Dianggap sering diam ketika menjadi Presiden, Mega sukses mengakhiri kepemimpinannya dengan suksesi yang mulus. Pemilihan Umum tahun 2004 berlangsung lancar. meski ia harus mengakui keunggulan pasangan Yudhoyono-Kalla .Keduanya adalah menteri koordinator di masa kepemimpinannya.

Nama Megawati meroket ketika ia menjadi simbol perlawanan terhadap Orde Baru, yang berujung pada Kerusuhan 27 lull 1996. Slogan Mega Bintang, istilah yang identik koalisi Mega dengan Partai Persatuan Pembangunan. Mega Bintang pula yang mernbuat Orde Baru bergidik dan segera memberangusnya. Maklum, hanya Mega yang memiliki kekuatan untuk menyaingi Golkar dan Soeharto kala itu.

Prabowo Subianto
Prabowo Subianto

Di dalam urat nadinya mengalir darah pejuang. Ayahnya subianto Djojohadikusumo adalah sang maestro perekonomian Indonesia.Ketika Orde lama berkuasa , Sumitro sekeluarga berpindah-pindah tempat tinggal. Kakeknya,Margono Djojohadikusumo adalah pemimpin Bank Negara Indonesia pada masa perjuangan.

Nama Prabowo dikenal sebagai prajurit kombatan. Ia memiliki reputasi mumpuni di berbagai operasi militer melawan gerakan separatis.Faktor menantu penguasa Orde Baru dianggap sebagian kalangan berpengaruh pada laju kariernya yang cepat. Sempat menjadi calon Wakil Presiden mendampingi Megawati Soekarno Putri,Kini Prabowo menjadi salah satu kandidat terpopoler tegas dan nasionalis adalah kriteria yang melekat pada dirinya.

Pramono Edhie Wibowo
Pramono Edhie Wibowo

Menjadi ipar susilo bampang yudhoyono, tak bisa menutup mata akan reputasi pramono sebagai seorang prajurit tangguh. Lulus dari akademi militer dengan predikat lulusan terbaik, kariernya terhitung cemerlang hingga menduduki jabatan-jabatan yang strategis. Memasuki masa pensiun , Pramono pun ikut dalam konvensi Calon Presiden dari Partai Demokrat.

Sri Mulyani Indrawati
Sri Mulyani Indrawati

Sri mulyani bukan sembarang perempuan , Kariernya dimulai dari Kampus lalu perlahan demi perlahan ia pun memasuki pemerintahan, Perempuan ini pernah dinobatkan sebagai menter keuangan terbaik Asia untuk Tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 19 September 2006 di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura , Ia juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke 23 di Dunia versi majalah Forbes tahun 2008 dan wanita paling berpengaruh ke 2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan oktober 2007

Gesekan politik membuatnya terpental dari kabinet. Ani , begitu ia kerap disapa , ditarik oleh Bank Dunia sebagai Direktur pelaksana pada 2011 ia sedikit dari banyak perempuan Indonesia yang berpotensi dan berpengaruh untuk kembali masuk dalam lingkaran pemerintahan.

Wiranto
Wiranto

Wiranto dua kali ikut serta dalam pemilihan calon presiden dan wakil presiden di tahun 2004 dan 2009 , naik sebagai kandidat presiden dan wakil presiden. Meski gagal,namanya tetap potensial sebagai kandidat calon presiden di tahun 2014

Ia dianggap salah satu orang yang berjasa dalam mengantarkan masa transisi dari orde baru ke era reformasi. Posisinya sebagai ajudan presiden soeharto menjadi langkah penting dalam perjalanan karier Wiranto.

Surya Paloh
Surya Paloh

Surya paloh kerap menggebrak. Ia pernah menolak gelar bapak pembangunan kepada presiden soeharto. Ia juga mendukung ketua umum partai persatuan pembangunan , John Naro dalam pencalonan sebagai wakil presiden pada 1988.

Sikap kritisnya berlanjut ketika melalui perusahaan media yang dimilikinya Media Indonesia dan Prioritas.

Setelah lama menjadi bagian dari Golkar,Surya pun memilih jalan lain dengan mendirikan Partai Nasdem.

Sutiyoso
Sutiyoso

Sutiyoso adalah satu satunya gubernur yang memimpin ibukota di lima era kepresidenan (1997-2007) Soeharto,Habibie,Abdurrahman Wahid,Megawati,dan Susilo Bambang Yudhoyono. Meseum rekor indonesia (MURI) menganugerahinya penghargaan 'Satu-satunya Gubernur di Indonesia yang mengalami Lima Kali Pergantian Presiden' tahun 2004. Masa menjabat 10 tahun itu bukannya dilaluinya dengan mudah.Berbagai kebijakannya menuai kontroveri.

Mulai dari bus Trans Jakarta plus jalur khusunya,pemagaran kawasan monas, Pembangunan Banjir Kanal Timur yang merelokasi warga setempat,pemindahan warga bantaran sungai kotor ke rumah susunm pembangunan taman menteng, penebangan pohon untuk pelebaran jalan thamrin dan monorel, pendirian patung jenderal sudirman , sampai "Car Free Day"

Sri Sultan Hamengkubowono X
Sri Sultan Hamengkubowono X

Lahir ketika Republik Indonesia Bergejolak seolah memberikan naluri yang tajam sebagai seorang pemimpin. namanya ikut tercatat sebagai suara reformasi 1998. ia adalah Raja yang dicintai Rakyatnya.

Demikian Artikel Ampuh mengenai Capres Dan Cawapres Paling Potensial Dalam Pemilu 2014 semoga membantu kita untuk lebih mengenai calon calon yang akan memimpin bangsa dan negara kita kedepannya.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

2 comments: