Macam Macam Media Transmisi Fisik Jaringan - Jaringan menggunakan berbagai media transmisi fisik , termasuk kabel ulir , kabel coaxial , serat optik , gelombang mikro , dan frekuensi radio lain untuk transmisi nirkabel
Macam Macam Media Transmisi Fisik Jaringan - Jaringan menggunakan berbagai media transmisi fisik , termasuk kabel ulir , kabel coaxial , serat optik , gelombang mikro , dan frekuensi radio lain untuk transmisi nirkabel . Masing - masing memiliki keuntungan dan keterbatasan . Jarak kecepatan yang luas mungkin untuk medium mana pun yang diberikan tergantung pada bentuk piranti lunak dan piranti kerasnya.

Adapun Macam Macam Media Transmisi Fisik Jaringan Adalah :


  1. Kabel Ulir
    Kabel Ulir Kabel UTP dan STP
    Kabel Ulir (Twisted Wire) terdiri dari kabel tembaga yang berpasangan dan merupakan jenis medium transmisi yang cukup lawas . Banyak sistem telepon di bangunan memiliki kabel ulir yang terpasang untuk komunikasi analog , tapi dapat digunakan untuk komunikasi digital pula. Walaupun merupakan bentuk media fisik yang sudah usang , kabel ulir digunakan pada sebagian besar LAN sekarang ini dan dapat menghasilkan kecepatan hingga 1 Gbps . Pengabelan LAN yang paling umum sekarang adalah CAT5,CAT5 berisi empat pasang kabel tembaga dan dapat mentransmisi sampai 1.000 Mbps , Kabel ulir memiliki jarak yang terbatas yaitu sampai sejauh 100 meter (328 Kaki).


  2. Kabel Coaxial
    Kabel Koaksial ( Coaxial Cable)
    Kabel Koaksial (coaxial cable) , serupa dengan yang digunakan untuk televisi kabel , berisi kabel tembaga tunggal , diisolasi secara rapat , dan dapat mentransmisikan volume data yang lebih besar dari kabel ulir . Kabel koaksial digunakan untuk LAN zaman awal dan tetap digunakan sekarang untuk jarak yang lebih jauh (lebih dari 100 meter) di bangunan - bangunnan besar . Istilah koaksial sering mengacu pada CAT5 'padat' dan memiliki kecepatan sama dengan kabel ulir ,hingga 1.000 Mpbs


  3. Kabel Serat Optik Dan Jaringan Optik (Fiber Optik)
    Fiber Optic ( Kabel Serat Optik)
    Kabel Serat Optik (fiber-optic cable) terdiri atas kabel kaca yang jernih , masing-masing setebal rambut manusia , yang diikat menjadi kabel. Data diubah menjadi pulsa cahaya , yang dikirim melalui kabel serat optik oleh perangkat laser dengan kecepatan bervariasi , dari 500 kilobit hingga beberapa triliun bit per detik dalam kondisi eksperimental. Kabel serat optik sangatlah cepat , ringan dan lebih tahan lama dari medium kabel , dan sangat cocok untuk sistem yang membutuhkan transfer data bervolume besar . Tetapi , kabel serat optik lebih sulit digunakan dan dipasang , serta lebih mahal.

    Jaringan Optik (optical network) ini dapat mentransmisi semua jenis data ,suara , dan video melalui serat optik dan menyediakan bandwith yang besar untuk banyak jenis layanan dan piranti lunak yang baru.


  4. Media dan Perangkat Transmisi Nirkabel
    Media Transmisi Nirkbel ( Access Point )
    Transmisi nirkbel di dasarkan pada sinyal radio dari frekuensi yang bervariasi. Sistem gelombang mikro (microwave) , baik dari bumi maupun dari angkasa , mentrasmisikan sinyal radio berfrekuensi tinggi melalui atmosfer dan digunakan dalam skala yang luas untuk komunikasi dengan volume yang tinggi , jarak jauh , dan titik ke titik. Sinyal gelombang mikro mengikuti suatu garis lurus dan tidak dibelokkan oleh kelengkungan bumi , oleh karena itu , sistem transmisi bumi jarak jauh membutuhkan stasiun transmisi yang ditempatkan terpisah sekitar 37 mil , sehingga menambah biayaa untuk pemasangan sistem gelombang mikro.

Demikian Artikel Ampuh mengenai Macam Macam Media Transmisi Fisik Jaringan semoga dapat membantu anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang jaringan komputer.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: