4 Sehat 5 Teratur - Mungkin kata slogan “4 SEHAT 5 SEMPURNA” adalah kata yang lumrah didengar dimasyarakat namun, belakangan ini dikalangan masyarakat tersebar kata slogan berupa “4 SEHAT 5 TERATUR”. Ya, slogan ini diciptakan untuk mereka golongan penderita DM “Diabetes Melitus” . Dengan ini menjelaskan bahwa penderita DM dalam melakukan kehidupan sehari-hari haruslah memenuhi aturan “4 SEHAT 5 TERATUR” sebagai upaya mengelola diabetesnya. 


Karena menurut Kementrian Kesehatan , di Indonesia pada tahun 2003 pengidap Diabetes diatas usia 15 tahun telah mencapai 6,9%. Maka dari itu, Dr. Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD, KEMD (Salah satu Staff divisi Metabolik Endokrin, Departemen IPD FKUI/RSCM) menyatakan bahwa, hal yang efektif dalam pengelolaaan diabetes adalah melalui program “4 SEHAT 5 TERATUR”.

ISI DARI 4 SEHAT 5 TERATUR :
  1. Edukasi/pendidikan tentang diabetes, Diharapkan agar penderita diabetes selalu aktif dalam mencari informasi terbaru tentang perkembangan diabetes, sehingga lebih memahami cara mengelola dan pengobatan diabetes.
  2. Menggerakan badan atau melakukan aktifitas seperti jalan-jalan berkeliling setiap 3-4x seminggu selama 30 menit.
  3. Pengaturan Pola makan yang seimbang, yaitu dengan memakan makanan yang mengandung gula rendah dan berserat tinggi, agar gula darah seimbang dan terkontrol.
  4. Penggunaan Insulin, terapi obat ini harus dengan anjuran dari dokter sesuai dosis yang di butuhkan penderita diabetes.
  5. (SMGD) Swa-Monitoring Glukosa Darah yang terstruktur yaitu melakukan  pemeriksaan gula darah secara mandiri dan rutin untuk memantau kadar gula darah.
Demikian Artikel Ampuh Mengenai 4 Sehat 5 Teratur , yang dapat membantu kita mempelajari mengenai cara mengelola pola hidup sehat bagi pasien Diabetes Melitus, bisa dijadikan bahan penelitian , pelengkap tugas sekolah dalam bidang biologi dan keperluan lainnya, Semoga bermanfaat.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: