Cara Mudah Mengajari Anak Berpuasa - Berpuasa pada bulan ramadhan merupakan kewajiban seluruh pemeluk agama islam khususnya yang sudah baliq atau cukup umur, dan juga untuk anak-anak meskipun tidak diwajibkan namun kita harus tetap mengajari anak tersebut untuk berpuasa sejak dini, agar kedepannya dia bisa berpuasa dengan baik dan untuk mengajarkan puasa tersebut peran orang tua sangatlah penting.

Artikelampuh kali ini ditulis untuk membantu para orang tua mengajarkan cara berpuasa kepada anak secara benar dan tidak memaksakan anak tersebut untuk berpuasa, tips dibawah ini memberikan kita petunjuk mengenai cara yang benar untuk mengajak anak berpuasa ,sehingga anak tersebut akan dengan senang hati berpuasa.
Cara Mudah Mengajari Anak Berpuasa


Adapun Cara Mudah Mengajari Anak Berpuasa


Jelaskan Mengenai hukum berpuasa pada bulan Ramadhan

Hal pertama yang harus kita lakukan sebagai orang tua yaitu menjelaskan bahwa hukum puasa ramadhan itu wajib, namun kembali tekankan untuk anak-anak tidak diwajibkan namun dia harus berlatih karena kelak jika ia dewasa dia akan wajib berpuasa, penjelasan itu dibutuhkan agar anak-anak tidak merasa terpaksa dalam latihan berpuasa.

Ajarkan Anak Anda berpuasa secara bertahap

Sebelum menyuruh anak anda berpuasa,pertama-tama tanyakan dulu kesediaan sang anak , jika sang anak bersedia maka suruhlah ia berpuasa tapi tidak secara penuh, dia boleh berbuka ketika dia merasa lapar atau haus, hal ini dibutuhkan untuk melatih anak secara bertahap dalam berpuasa. Atau anda bisa juga menargetkan anak anda berpuasa sampai jam 12 siang.

Berikan Makanan Bergizi Pada Anak Saat Sahur

Kita sebagai orang tua harus menghidangkan makanan sahur yang bergizi untuk anak,agar pada saat anak mulai mencoba untuk berpuasa anak tersebut akan mendapat ketahanan yang lebih dan semakin senang menjalankan puasanya meskipun belum secara penuh, namun ini sudah sangat membantu anak anda untuk berlatih puasa.

Ajak Anak Anda Bermain

Jika anak anda sudah memulai latihan puasanya dan selama itu belum memutuskan untuk berbuka, maka anda harus tanggap dengan mengajaknya bermain atau mengajaknya ke ruang terbuka untuk mencari angin segar, karena hal ini berguna agar anak melupakan rasa laparnya, dengan begitu anak anda mungkin akan bisa bertahan hingga berbuka puasa.

Demikian Artikel Ampuh mengenai Cara Mudah Mengajari Anak Berpuasa , dimana cara-cara diatas terbukti efektif untuk membantu anak belajar berpuasa dimana peran kita sebagai orang tua sangat menentukan agar anak kita bisa berpuasa dengan baik dan terbiasa.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: