Macam Macam Diskusi - bergaram bentuk diskusi , antara lain diskusi kelompok , diskusi pleno , diskusi panel , debat , diskusi fak , diskusi podium , kongres , simposium , seminar , konferensi , lokakarya , forum diskusi , dan diskusi kasualis.
Macam Macam Diskusi - Diskusi Berasal dari Bahasa latin , yaitu discutere yang artinya adalah  membeberkan atau mengeluarkan masalah , sesuai dengan hakikatnya , diskusi juga merupakan  proses berpikir bersama-sama untuk dapat memahami suatu masalah dan menemukan sebab musababnya , kemudian mencari solusi atau pemecahannya.

Terdapat bergaram bentuk diskusi , antara lain diskusi kelompok , diskusi pleno , diskusi panel , debat  , diskusi fak , diskusi podium , kongres , simposium , seminar , konferensi , lokakarya , forum diskusi , dan diskusi kasualis.

Macam Macam Diskusi

Adapun Penjelasan Mengenai Macam Macam Diskusi Adalah Sebagai Berikut :


  1. Diskusi Kelompok
    Diskusi ini mengacu pada terbatasnya jumlah peserta. Diskusi kelompok bisa terlaksana dengan cara formal(resmi) dan nonformal(tidak resmi). Kelompok yang ikut dapat berupa kelompok yang sama dibidang profesi , status , usia atau jenis kelamin.
  2. Diskusi Pleno
    Dalam dikusi ini, kelompok kelompok datang dan berkumpul guna melaporkan hasil dari diskusinya di dalam kelompoknya. Diskusi ini adalah diskusi tindak lanjut dari diskusi kelompok.
  3. Diskusi Panel
    Diskusi jenis ini didahului dengan penyampaian uraian atau pembahasan.
  4. Debat
    Debat merupakan kegiatan melakukan suatu pembahasan atau melakukan pertukaran pendapat mengenai suatu masalah. Tiap peserta harus memberikan alasan untuk mempertahankan argument atau pendapatnya.
  5. Diskusi fak
    Diskusi fak bertujuan untuk mengelolah bahan diskusi secara bersama sama di bawah bimbingan seorang ahli. Diskusi fak merupakan suatu proses dimana orang saling bertukar informasi atau pikiran dan juga pendapat agar bisa mencapai pengetahuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya.
  6. Diskusi Podium
    Dalam diskusi ini , wakil dari tiap-tiap kelompok disuruh untuk menjelaskan masalah yang ada dengan terbuka atau secara terbuka.
  7. Kongres
    Kongres merupakan pertemuan para wakil organisasi (politik , sosial , dan profesi) untuk ber[ikir bersama dalam mengambil suatu keputusan.
  8. Simposium
    Simposium adalah sebuah pertemuan yang diselenggarakan guna membahas prasaran-prasaran yang dikemukakan oleh beberapa ahli mengenai pokok masalah tertentu.
  9. Seminar
    Dalam seminar , para ahli menyampaikan pembahasan masalah. Peserta berperan serta dengan menyampaikan pertanyaan , ulasan , maupun pembahasan sehingga pengkajian masalah jadi lebih mendalam.
  10. Konferensi
    Konferensi adalah suatu pertemuan dimana sejumlah orang datang dengan tujuan untuk berpikir bersama agar mencapai suatu keputusan bersama. Peserta konferensi mempunyai latar belakang dan minat yang sama.
  11. Lokakarya
    Lokakarya atau sanggar kerja merupakan pertemuan untuk membahasa suatu masalah dengan profesi masing masing.
  12. Forum Diskusi
    Forum diskusi merupakan kombinasi beberapa bentuk dialog. Forum diskusi memiliki kadar demokrasi yang tinggi.
  13. Diskusi Kasualis
    Diskusi kasualis adalah penelitian bersama atas satu masalah konkret atau situasi konkret yang mengandung berbagai kemungkinan jalan keluar. Diskusi ini bertujuan untuk mencari jalan keluar yang tepat.
Demikian Artikel Ampuh Mengenai Macam Macam Diskusi yang  memberikan kita gambaran tentang diskusi diskusi yang ada ,dan membuat kita bisa menentukan pertemuan yang kita ikuti itu termasuk dalam diskusi yang mana , dari ke 13 macam diskusi yang ada diatas.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: