Teknik Olahraga Lari Sprint Cara Cara Sprint , Menjelaskan Bagaimana Lari Sprint
Teknik Olahraga Lari Sprint - Lari Sprint atau lari cepat biasa juga dikenal dengan lari jarak pendek yang jaraknya biasanya dari 50 - 400 m tidak lebih tetapi tetap ada di dalam range tersebut . Dalam olahraga lari sprint atau lari jarak pendek ini ada beberapa teknik yang bisa digunakan

http://www.artikelampuh.blogspot.com/p/sitemap.html

Adapun Teknik Olahraga Lari Sprint Adalah :


  1. Dalam lomba lari jarak pendek (sprint) dan gawang , kebanyakan atlet menggunakan start jongkok (Gb.1,2) sehingga otot pendorong yang kuat dari kaki berada di belakang massa tubuh yang di dorong maju ke depan

  2. Aba - aba "BERSEDIA" (On Your Marks) seorang atlet (Gb.1) ada dalah posisi jongkok dengan satu kaki -+ satu kaki di belakang garis start, dan kaki yang lain -+ dua kaki di belakangnya. Jari-jari tangan ada di belajang garis diletakkan di tanah selebar bahu. Lutut kaki belakang ditaruh di atas tanah (Gb.1).

  3. Pada aba-aba "SIAP" (set), lutut diangkat dari tanah , pinggang berada lebih tinggi dari bahu . bahu bergerak di depan tangan. Kepala menunduk dan relaxed.

  4. Pada aba-aba "YA" (Go= bunyi pistol) memberikan reflex gerakan mendorong. Kaki depan menjejak balok start, kaki belakang digerakkan dalam keadaan bengkok. Lengan bergerak kuat.

  5. Sejauh 20 m pertama si atlet berlari dengan tetap bergerak rendah, lepas bagaikan anak panah meninggalkan busur dengan laju di atas lintasan.

  6. Bentuk lari sprint (Gb.6) menunjukkan sedikit condong badan ke depan , sedang berat badan berada di depan kaki pendorong. Lutut depan diangkat tinggi untuk memberi kemungkinan kaki belakang mendorong secara sempurna.

  7. Gerak lengan yang kuat dengan lengan bengkok -+ 90" pada siku, membantu gerakan mendorong.

  8. Badan relaxed, sedang kepala tenang (steedy) tidak oleng dan tidak goyang.


Demikian Artkel Ampuh mengenai Teknik Olahraga Lari Sprint semoga dapat membantu dan memberikan kita sedikit pemahaman mengenai olahraga untuk kelangan guru olahraga , pelajar ataupun atlet atlet yang masih pemula.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: