Teknik Membuat Jurnal Bagi Admin Jaringan , Pentingnya Membuat Jurnal Bagi Admin Jaringan , Cara Membuat Jurnal Bagi Admin Jaringan
Teknik Membuat Jurnal Bagi Admin Jaringan - Untuk para admin jaringan (utamanya pada admin di jaringan yang berskala besar) sering kali melakukan pengubahan atribut server . Nah , best practice-nya , setiap kali anda melakukan utak - atik di server , anda harus mencatat apa yang anda ubah tersebut pada sebuaj jurnal.

Sehingga seandainya ada orang lain yang menggantikan tugas anda , atau tiba tiba server error , anda bisa tahu apa saja yang telah dilakukan sebelumnya.

Teknik Membuat Jurnal Bagi Admin Jaringan

Berikut adalah Teknik untuk membuat jurnal admin jaringan :


  1. Jika anda menjadi admin sendirian , anda bisa menggunakan catatan kertas.
  2. Anda bisa juga menggunakan catatan di table PC atau PDA. kemudian anda bisa  melakukan sinkronisasi catatan dari tablet PC atau PDA tersebut ke PC biasa menggunakan software atau lainnya.
  3. Jika ada lebih dari satu admin yang menangani jaringan , anda dapat menggunakan jurnal elektronik di mana semua admin bisa mengakses dan mengeditnya. Contohnya membuat wiki server untuk digunakan bersama - sama dan bisa di edit pula bersama sama . Jurnal juga sebisa mungkin di-backup.
  4. Anda juga bisa menggunakan folder yang di share di server file atau website internal dari departemen IT di kantor. Bisa juga dengan software kolaborasi khusus.
  5. Jurnal ini bukanlah dokumentasi jaringan yang penuh spesifikasi teknis, kecuali memang itu diperlukan. Yang penting dengan adanya jurnal ini , admin bisa mengetahui atau melakukan tracking atas apa saja yang telah di update oleh administrator di hardware , atau software jaringan
  6. Untuk mengisi jurnal . jangan lupa gunakan kalender sehingga anda tahu kapan update atau event terjadi. anda juga bisa mencatat kapan hardware atau software menjadi kadaluarsa sehingga anda atau admin lainnya bisa menjadwalkan kapan harus di upgrade hardware atau software server .anda juga bisa tahu kapan harus melakukan update periodik.
  7. Dengan adanya jurnal . proses administrasi jaringan yang berukuran besar akan berjalan kontinyu dan tidak ada misunderstanding. Akhirnya waktu downtime jaringan bisa diminimalkan.
  8. Buatlah daftar kegiatan harian , mingguan,bulanan , dan tahunan untuk menjadwalkan apa saja yang perlu anda kerjakan tiap periode tersebut.
  9. Anda juga bisa mengelompokkan catatn berdasarkan kategori per server atau per kategori hardware atau software untuk mengtracking perubahan yang dilakukan di masing-masing kategori.
  10. Jika ada mesin virtual di dalam komputer , maka track juga perubahan yang ada di masing-masing mesin.
  11. Catat pula update dan testing untuk sistem operasi dan aplikasi - aplikasi yang ada di dalamnya. Jadi dari tiap mesin bisa diketahui apa saja isi mesin tersebut , dari mulai sistem operasi hingga program detilnya.
  12. Jangan lupa cantumkan database alamat kontak yang mencantumkan  nomor telepon dan alamat email dari penjual hardware dan software yang anda gunakan.
  13. Catat semua masalah yang ada , dan bagaimana cara memecahkan masalah tersebut
  14. Catat juga jika ada training training yang dilakukan oleh departemen IT
  15. Catat keluhan keluhan dari pengguna jaringan  yang pernah ada.
  16. Banyak admin yang tidak membuat jurnal jaringan ini kebingungan ketika ada kesalahan atau masalah yang muncul di jaringan. jadi jangan remehkan pentingnya jurnal jaringan. Ini ibarat buku harian seorang admin jaringan. Anda bisa tahu dengan tepat apa saja yang sudah dilakukan administrasi di jaringan. Siapa tahu masalah yang dihadapi sekarang ini pernah dipecahkan sebelumnya , jadinya mempermudah troubleshooting.
Demikian Artikel Ampuh mengenai Teknik Membuat Jurnal Bagi Admin Jaringan semoga dapat membantu anda para admin jaringan yang ingin sukses dengan jurnalnya
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: