Friday, August 16, 2013

Mengenal Junk Food (Makanan Sampah)

Mengenal Junk Food (Makanan Sampah) - Apa itu junk food ? banyak yang bertanya seperti itu karena kebiasaan dari kebanyakan orang hanya mengikuti apa yang selalu ia dengar.ketika mendengar orang mengatakan junk food mereka pun ikut tanpa mengetahui apa arti sebenarnya.

Pengertian Junk Food


Junk food merupakan makan yang lebih mengutamakan cita rasa daripada kandungan gizi. Misalnya,keripik kentang yang mengandung garam,permen,kue tar,makanan cepat saji yang di goreng,dan minuman bersoda. Banyak orang yang gemar memakan makanan ini. Namun,kamu harus berhati hati,sebab junk food tidak baik bagi kesehatan. Junk food juga dikenal sebagai makanan sampah.

Apakah Junk Food Sama Dengan Makanan Cepat Saji (Fast Food) ?

Sebenarnya,makanan cepat saji tidak sama dengan junk food (makanan sampah).Bahan makanan cepat saji masih mengandung gizi dan tidak berbahaya jka tidak di konsumsi secara berlebihan. Junk food biasanya hanya mengandung sedikit vitamin,protein,dan mineral. Junk food mengandung banyak mengandung banyak sodium,lemak jenuh,dan kolesterol. Apabila kandungan zat ini terlalu banyak di dalam tubuh,dapat menimbulkan banyak penyakit,misalnya darah tinggi,stroke,jantung,dan kanker.

Terlalu banyak kandungan sodium di dalam tubuh,dapat meningkatkan aliran dan tekanan darah sehingga bisa menimbulkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang tinggi juga akan memicu terjadinya gangguan ginjal,penyakit jantung,dan stroke.

Lemak jenuh sangat berbahaya bagi tubuh. Lemak ini mengakibatkan tingginya kolesterol yang dapat menutup saluran darah dan oksigen. Tingginya kandungan lemak jenuh akan menumbulkan kanker,terutama kanker usu dan kanker payudara. Kanker payudara merupakan pembunuh terbesar setelah kanker usus.

Beberapa junk food juga mengandung banyak gula,misalnya,minuman bersoda,permen,dan kue tar. Gula,tertutama gula buatan,sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita karena dapat menyebabkan penyakit diabetes, kerusakan pada gigi kita ,dan menyebabkan obesitas. Minuman bersoda mengandung paling banyak gula,sementara kebutuhan gula dalam tubuh tidak boleh lebih dari 4 gram atau satu sendok teh sehari.

Apakah kita benar benar tidak boleh mengonsumsi Junk Food ?


Jawabannya tentu tidak. Mengonsumsi junk food sesekali boleh saja,asal tidak terlalu sering. Lebih baik kamu memakan makanan yang sehat.

Demikian Postingan dari Artikel Ampuh mengenai Mengenal Junk Food (Makanan Sampah) yang akan membantu kita untuk mengenai lebih dekat makanan yang berbahaya untuk tubuh.
Disqus Comments