Mengenal Bela Diri Pencak Silat - Pengertian Pencak Silat,Unsur Unsur Pencak Silat Dan Aliran Aliran Pencak Silat
Mengenal Bela Diri Pencak Silat - Kali ini Artikel Ampuh akan berbagi mengenai olahraga bela diri yang berkembang di tanah air kita yaitu indonesia.

Pencak Silat ialah seni bertarung atau bela diri asli Indonesia,yang telah memiliki umur berabad-abad. Pencak silat ini diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi selanjutnya. Pada Jaman dalu ketika menusia masih hidup dari berburu,mereka hidup secara berkelompok dan saling bermusuhan. Untuk mempertahankan hidupnya,mereka belajar membela diri dengan cara menirukan gerakan gerakan binatang buruan. Dengan berkembangnya peradaban,seni bela diri kini berkembang menjadi hampir lebih sempurna dan dinamakan Pencak Silat

Di masa lampau tidak semua wilayah di Indonesia menggunakan istilah yang disebut pencak silat. Beberapa daerah di Jawa lazimnya menggunakan nama pencak.Adapun di Sumatera dan daerah lainnya dinamakan silat. Kata "Pencak" dapat diartikan gerak dasar dalam seni bela diri yang terikat pada memiliki peraturan yang digunakan pada saat belajar,latihan,dan pertunjukan. Adapun "silat" diartikann sebagai gerak bela diri yang sempurna,yang bersumber pada kerohanian yang suci murni,guna keselamatan diri atau kesejahteraan bersama,menghindarkan diri dari bala atau bencana (perampok,penyakit,tenung,dan segala sesuatu yang jahat atau merugikan masyarakat).

Dewasa ini istilah atau nama pencak silat mengandung unsur unsur pengertian seperti tersebut, di samping adanya empat aspek atau unsur pencak silat,,yaitu :

1.Unsur Olahraga
2.Unsur Kesenian
3.Unsur Bela Diri
4.Unsur Kerohanian (Kebatinan)

Pencak silat adalah hasil budaya masyarakat Indonesiia untuk membela diri dan mempertahankan eksistensi (kemandirian) dan integritasnya (manunggalnya) terhadap sebuah lingkungan hidupnya dan alam sekitar kita agar dapat mencapai sebuah keselarasan hidup guna meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Peranan pencak silat adalah sebagai prasarana dan sarana guna membentuk seorang manusia yang  seutuhnya yang mimiliki sifat seperti sifat pancasilais,sehat,kuat,terampil,tangkas,tenang,sabar,kesatria, dan percaya pada diri sendiri.

Aliran Aliran Pencak Silat

Menurut Donn F.Draeger dan Robert W,Smith dalam bukunya Asian Fighting Arts,adapun aliran pencak silat yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut :

1.Sumatera :Pauh,Strelak,dan Kumango
2.Jawa Barat :Cimande,Cikalong,Cianjur,Mustika Kwitang,dan Cingkrik
3.Jawa Tengah :Setia Hati,Perisai Sakti,dan Tapak Suci
4.Jawa Timur : Perisasi Diri
5.Madura : Pamur
6.Bali : Bhakti Negara dan Tridharma
7.Sulawesi Selatan : Merpati Putih

Demikian Artikel Ampuh kami mengenai artikel Mengenal Bela Diri Pencak Silat yang memberikan kita sedikit gambaran dan pengenalan terhadap olahraga pencak silat.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

2 comments:

  1. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali ..............




    agen tiket murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan terima kasih sudah berkunjung ^_^

      Delete