Tradisi Lebaran Di Berbagai Negara - Mudik adalah hal yang lumrah dikerjakan ketika umat muslim sedunia merayakan hari raya idul fitri, dimana mereka mudik karena ingin berkumpul dengan sanak saudara di hari yang suci tersebut, dimana mereka bisa meminta maaf atas kesalahan-kesalahan yang telah mereka perbuat dimasa lampau terhadap keluarga utamanya orang tua. dan pada saat mudik tersebut, banyak orang-orang yang memiliki tradisi yang unik di berbagai negara di dunia ini.
Tradisi Lebaran Di Berbagai Negara
Tradisi Di Indonesia
Umat islam di Indonesia menggunakan momen idul fitri sebagai momentum untuk berkumpul dengan keluarga yang sangat jauh dari mereka yang mungkin dulunya berpisah karena alasan yang logis seperti sudah menikah ataupun merantau keluar kota, dan pada saat idul fitri mereka pun pulang untuk bersilaturahmi dan meminta maaf. Hal ini bisa dilakukan karena Hari Raya Idul Fitri di Indonesia dijadikan Hari Libur Nasional. dan idul fitri di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan lebaran. Tradisi yang sangat khas yaitu dihari ini setiap orang berkunjung kerumah-rumah tetangga untuk menyantap makanan seperti ketupat,opor ayam dan kue-kue kering.

Tradisi Di Turki
Hari Raya Idul Fitri diturki disebut dengan Bayram (dari bahasa Turki). Biasanya setiap orang akan saling mengucapkan “Bayram?n?z Kutlu Olsun”, “Mutlu Bayramlar”, atau “Bayram?n?z Mübarek Olsun”. Pada hari Bayram mereka menggunakan Bayramlik atau baju Bayram untuk berkunjung kerumah-rumah orang yang mereka cintai dan bersiarah ke makam keluarga mereka, dan ketika mereka mendatangi rumah-rumah biasanya anak-anak kecil disana dikasih Permen, coklat, baklava dan lokum dan juga uang.

Tradisi Arab Saudi
Di Riyadh Arab Saudi, umat Muslim membuat dekorasi rumah yang indah di rumah mereka pada saat Idul Fitri dayang. Setelah mereka mendekorasi mereka mengadakan pagelan seni, pembacaan puisi dan menyanyikan lagu-lagu sambil menyantap daging domba, sayur dan nasi.

Tradisi Di Nigeria
Nigeria merupkan negara sekuler yang sejumlah besar penduduknya beragama islam dan kristem. Oleh karena itu, ketika disana muslim merayakan idul fitri, banyak juga umat kristen yang ikut merayakannya.Idul Fitri di Nigeria dinamakan “Sallah Kecil” dan ketika idul fitri mereka akan saling mengucapkan “Barka Da Sallah,” yang berarti “Salam di Sallah” dalam bahasa Hausa. dan tradisi lainnya hampir sama yaitu pada idul fitri merupakan libur nasional dan mereka menggunakan kesempatan tersebut untuk mengunjungi keluarga mereka.

Tradisi China
56 kelompok etnis yang diakui secara resmi di Cina, 10 diantaranya adalah mayoritas Muslim. Jika mereka shalat ied mereka menggunakan baju kokoh,dan ketika idul fitri mereka akan mengunjungi makan, membaca al-quran dan mengadakan beberapa festifal,dan juga menjalankan berbagai ritual doa.

Demikian Artikel Ampuh mengenai Tradisi Lebaran Di Berbagai Negara, semoga ini memberikan kita pengetahun mengenai cara dunia merayakan idul fitri, yang hampir sama dengan indonesia dan juga ada yang sangat berbeda.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: