Friday, January 10, 2014

Teknik Olahraga Lari Gawang

Teknik Olahraga Lari Gawang - Lari Gawang Adalah cabang olahraga athletik dimana seorang athlet harus berlari dengan cepat dan melewati gawang gawang kecil yang tingginya telah diatur , lari gawang biasanya mempunyai jarak yaitu 110,200, dan 400 meter.

http://www.artikelampuh.blogspot.com/p/sitemap.html

Adapun Teknik Olahraga Lari Gawang Adalah :

  1. Dalam lomba lari gawang diatur berbeda-beda baik kelompok umur peserta, jarak lomba,berbeda tinggi hawang,berbeda pula jumlah langkah antar gawang.

  2. Tergantung dari tinggi badan dan kemampuan sprint si atlet, tujuan utamanya adalah agar dapat membuat 7-9 langkah dari garis start ke gawang pertama, kemudian dapat mencapai irama tiga langkah diantara gawang.

  3. Kadang - kadang adalah perlu menukar langkah kaki si atlet pada waktu start lari gawang, maksudnya supaya tolakan kaki untuk mengambil gawang pertama adalah betul dan tepat.

  4. Pada waktu bertolak pinggang si altelt harus tinggi dan cukup jauh guna memperoleh lintasan/trajectory yang rendah di atas gawang.

  5. Lutut kaki depan harus tinggi dengan kaki bengkok dan kemudian diluruskan seperti gata karate membuat tendangan tumit untuk melewati gawang dengan kaki lurus.

  6. Lintasan gerak tubuh pelari harus rendah diatas gawang,sedang lutut sedikit bengkok.

  7. kaki penolak (belakang) ditarik kedepan dengan memutar samping dan tetap diangkat tinggi untuk menjangkau kedepan ,untuk membuat langkah yang panjang.

  8. Sekali kaki depan telah melewati gawang ,segera ini dibawah secepatnya ketanah dalam keadaan lurus .

  9. Lengan - lengan bergerak sinkonis diatas gawang sehingga dapat cepat kembali ke posisi gerak dorong kedepan.

  10. Badan membungkuk kedepan diatas gawang guna memelihara gerak dorong kedepan.

  11. Lari gawang yang baik adalah lari jarak pendek / sprint yang baik pula tujuannya adalah gerak cepat melewati gawang , waktu yang diperlukan melayang (lama) diudara diatas gawang adalah waktu yang terbuang sia - sia
Demikian Artkel Ampuh mengenai Teknik Olahraga Lari Gawang semoga dapat membantu dan memberikan kita sedikit pemahaman mengenai olahraga untuk kelangan guru olahraga , pelajar ataupun atlet atlet yang masih pemula.
Disqus Comments