Cara Membuat Label Undangan Menggunakan MS Word 2007 dan MS Excel 2007
Cara Membuat Label Undangan Menggunakan MS Word 2007 dan MS Excel 2007 - Beberapa di antara kita mungkin pernah akan menikah,mungkin telah menikah dan beberapa akan melangsungkan pernihkan,dalam pernikahan kita membutuhkan undangan sebagai penghargaan kita kepada tamu, maka dari itu kita membuat undangan yang diberikan label nama dari yang kita undang,namun apakah anda tau bagaimana cara membuat label undangan tersebut,sehingga lebih mudah digunakan ?

Berikut Cara Membuat Label Undangan Menggunakan MS Word 2007 dan MS Excel 2007 , yang lengkap dengan gambar sehingga bisa mempermudah anda.

Langkah Pertama

  • Buka Progam Microsoft Office Excel 2007.
  • Kemudian, Tulisa nama yang akan kita undang,seperti gambar yang ada dibawah ini :

  • Setelah itu save (simpan) file ke komputer anda dengan mana file "Data Undangan" , kemudian klik save.seperti gambar dibawah ini :
  • Setelah itu tutup program Microsoft Office Excel 2007 anda.

Langkah Kedua

Selanjutnya kita akan membuat master label, sebagai contoh kita akan membuat master label dengan jenis Label 103, dengan langkah sebagai berikut :

  • Kemudian buka program Microsoft Office Word 2007 anda.
  • Kemudian klik menu mailings dan klik submenu label seperti gambar dibawah ini :
  • Selanjutnya klik options seperti gambar dibawah ini:
Dan pilih New Label , lihat gambar dibawah ini
  • Label Name isilah sesuai dengan keinginan anda
  • Top Margin diukur dari tepi kertas atas sampai ke tepi Label paling atas
  • Side Margin dari tepi kertas sebelah kiri sampai ke tepi label paling kiri
  • Vertical Pitch dihitung dari tepi atas label baris pertama sampai ke tepi atas label baris kedua
  • Horizontal Pitch dihitung dari tepi kiri label kolom pertama sampai ke tepi kiri label kolom kedua
  • Label height, tinggi label dihitung dari tepi atas label sampai tepi bawah label. Untuk lebih mudahnya tinggi label ini biasanya tertera di bungkus label yang anda beli,
  • Label Width, lebar label dihitung dari tepi kiri label sampai tepi kanan label.
  • Number across, diisi dengan banyaknya label dalam satu baris
  • Number down, banyaknya label dalam satu kolom
  • Page Size, sebaiknya anda pilih ukuran Custom (Catatan: diingat ukuran Page Size harus sama dengan Page pada pada Properties Printer Anda, karena jika tidak sama maka hasil Print tidak akan pas)
  • Page Width, lebar ukuran kertas label
  • Page Height, tinggi ukuran kertas label

  • Setelah anda telah mengisi dengan benar sesuai dengan keinginan anda,kemudian klik Ok.
  • Kemudian Ok lagi.
  • Kemudian Klik New Document, dan lembar kerja akan tampil seperti gambar dibawah ini.

  • Setelah itu save (simpan) file ke komputer anda dengan mana file "Label Undangan" , kemudian klik save.seperti gambar dibawah ini (ingat harus di folder yang sama dengan "Data Undangan" yang kita buat excel tadi) :

Langkah 3

  • Selanjutnya klik Menu Mailling dan Klik Select Recipients kemudian Pilih Use Existing List. 

  • Buka File Excel yang tadi kita buat dengan nama "Data Undangan" yang anda buat tadi kemudian Klik Open.
  • Kemudian akan tampil kotak dialog untuk Select Table , maka pilih sheet 1, karena tadi kita membuat datanya di sheet 1. kemudian klik ok.

  • Selanjutnya masukkan field ke dalam table caranya klik Insert Merge Field ,lalu klik Field satu persatu sesuai dengan posisi yang kita inginkan. 

  • Maka hasilnya akan nampak seperti dibawah ini:

  • Hal penting yang harus kita lakukan selanjutnya yaitu meletakan Next Record didepan filed nama selain di filed nama pada kolom pertama baris pertama. dengan cara Klik Maillings ,kemudian pilih Rules dan pilih Next Record.

  • Maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

  • Selanjutnya jika anda ingin melihat hasil penggabungannya maka klik icon Preview Result.

  • Maka hasilnya akan seperti dibawah ini :

  • Selanjutnya jika anda ingin mencetak (Print) Klik finish & merge kemudian Print Document.

  • All, Dipilih ketika kita ingin print semuanya
  • Current Record, dipilih jika kita hanya ingin print record yang sedang aktif
  • Form, dipilih jika kita ingin print beberapa record saja.

Demikian Artikel Ampuh mengenai Cara Membuat Label Undangan Menggunakan MS Word 2007 dan MS Excel 2007 , yang akan membantu anda yang akan menikah dan ada keluarganya yang akan menikah.

Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

0 comments: