Pengertian Kartun, Karikatur Dan Cergam - Adapun Pengertian Kartun, Karikatur Dan Cergam adalah : Kartun Kata kartun berasal dari bahasa inggris cartoon, yang diangkat dari bahasa Italia cartone.Karikatur Karikatur berasal dari bahasa italia caricare.Cergam Cergam atau cerita bergambar adalah cerita yang menjadi inti dari ceritanya adalah narasinya,
Pengertian Kartun, Karikatur Dan Cergam - Kartun,Karikatur dan Cergam secara fisik hampir tidak berbeda namun, pada dasarnya ketiganya memiliki pengertian tersendiri dan memiliki perbedaan yang spesifik yang menandakan ciri khasnya masing masing.

Pengertian Kartun, Karikatur Dan Cergam

Adapun Pengertian Kartun, Karikatur Dan Cergam adalah :


Kartun
Kartun

Kata kartun berasal dari bahasa inggris cartoon, yang diangkat dari bahasa Italia cartone. Istilah ini muncul setelah tahun 1843 untuk menamai sketsa pada kertas a lot (siout paper) yang berisi desain lukisan dinding (Irwanto,1995:65). Namun, sekarang ini pengertian kartun menjadi gambar yang bersifat humor atau satire, jadi kartun merupakan satu wujud ekspresi seni yang bermaksud melucu, menyindir, dan mengkritik. Ensiklopedi Nasional Indonesia (1990) menyebutan ciri kartun, yaitu pesan atau komentar humoritis atau satiris tentang suatu peristiwa aktual. Kartun biasanya berpanel tunggal, sementara komik terdiri dari beberapa panel. Penggambaran tokoh dalam komik biasanya digambarkan dalam bentuk kartun.

Karikatur
Karikatur
Karikatur berasal dari bahasa italia caricare. Kata ini berhubungan dengan kata carattere yang berarti karakter dan cara yang diartikan sebagai roman muka (Supradaka, 1993) mengartikan karikatur sebagai humor yang menekankan ejekan atau sindiran tentang masalah sosial politik yang sedang hangat dibicarakan.

Bentuk visual dari karikatur biasanya dilakukan dengan distorsi-distorsi pada bagian tertentu sehingga kesannya menjadi lucu atau aneh. Distorsi ini digunakan sebagai penekanan tentang tema yang diangkat sebagai karikatur.

Cergam
Cergam
Cergam atau cerita bergambar adalah cerita yang menjadi inti dari ceritanya adalah narasinya, sedangkan gambar hanya sebagai ilustrasi pelengkap. Gambarnya hanya sebagai ilustrasi dari cerita yang ada dan tidak terjungtaposisi, tetapi hanya menceritakan salah satu adegan dalam sebuah cerita.

Demikian Artikel Ampuh mengenai Pengertian Kartun, Karikatur Dan Cergam yang dikutip dari Buku  Melaksanakan PTK Itu Mudah Halaman 143-144 oleh Masnur Muslich yang diterbitkan oleh Bumi Aksara pada tahun 2009. Semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca setia Artikel Ampuh.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

1 comments: