6 Jenis Burung Kakak Tua Asli Indonesia - Kakak Tua Maluku - Kakak Tua Rawa - Kakak Tua Putih - Kakak Tua jambul Jingga - Kakak Tua Tanimbar - Kakak Tua Raja
6 Jenis Burung Kakak Tua Asli Indonesia - Berbicara mengenai Satwa, kita pasti mengetahui bahwa burung kakak tua adalah satwa yang dilindungi di Negaara kita ini, yaitu Indonesia tercinta , seperti dengan jajaran burung lainnya yaitu cendrawasih, burung jalan bali dan burung langkah lainnya, adalah burung yang dilindungi negara dan juga jumlah populasinya sekarang semakin berkurang.

Pernahkah kita berfikir untuk mengenal jenis jenis burung kakak tua , utamanya burung kakak tua yang berasal dari Indonesia, jika belum , artikelampuh akan berbagi dan mengenalkan anda mengenai 6 Jenis Burung Kakak Tua Asli Indonesia

6 Jenis Burang Kakak Tua Asli Indonesia

Adapun 6 Jenis Burang Kakak Tua Asli Indonesia


1.Kakak Tua Maluku

Kakak Tua Maluku
yang pertama adalah burung kakak tua yang berasal dari Kepulauan Maluku yang dikenal juga dengan Kakak Tua Maluku. Kakak Tua maluku memiliki ciri ciri khusus diantaranya yaitu tingginya kisaran 45 s/d 52 cm dan beratnya >850 gram dan ciri lainnya yaitu Kakak Tua Maluku Jantan lebih kecil dibandingkan dengan Kakak Tua Maluku Betina. ciri selanjutnya yaitu bulunya yang berwarna putih atau pink dan mengkilap, ekornya agak kekuning-kuninganan.dan fakta terkahir yaitu burung ini memiliki suara nyaring dan keras diapun merupakan burung kakak tua terbesar di dunia dan mampu hidup hingga 70 tahun lamanya.




2.Kakak Tua Rawa

Kakak tua rawa

Kakak tua rawa adalah burung yang berasal dari papua Indonesia selain itu juga terdapat di negara Papua Nugini dan Australia. Kakak tua rawa memiliki ciri yaitu tingginya kisaran 35 s/d 41 cm dan beratnya 270 s/d 630 gram ,paru atas dan paru bawah memiliki ukuran yang sama. Selanjutnya ukuran jantan lebih besar dibandingkan dengan betinanya.

Kakak tua biasanya pergi secara berkelompok dan sering berkumpul di daerah rawa untuk minum dan mencari makan berupa biji-bijian liar dan hasil pertanian lainnya seperti jagung dan gandum.

 

3.Kakak Tua Putih

Kakak Tua Putih
Kakak tua putih ukurannya kisaran 46cm, kemudian beratnya kisaran 400 gram bagi betina,800 gram bagi jantannya dan memiliki paruh yang lebih besar dari kakak tua putih betina.

Kakak Tua Putih hidup di hutan tropis utamanya pada kepulauan maluku bagian utara,sama dengan namanya burung ini memiliki bulu yang semua berwarna putih.

Kakak tua putih adalah burung yang pintar dan mampu menirukan ucapan manusia dengan sedikit latihan, dan yang lebih hebatnya kakak tua putih mampu hidup selama 80 tahun.








4.Kakak Tua jambul Jingga

Kakak Tua jambul Jingga

Kakak tua jingga adalah jenis burung kakak tua yang mempunyai ciri ciri seperti,ukurannya berkisar antara 13 s/d 15 inchi ,mampu hidup hingga 50 tahun lamanya. Pulau Sumba merupakan asal dari hewan endemic ini,ciri lainnya yaitu cakar dan kakinya kuat, memiliki saya yang warnanya kuning atau putih kusan, yang terakhir tentunya memiliki jambul ditengah kepalanya dengan warna jingga.










5.Kakak Tua Tanimbar

Kakak Tua Tanimbar
Kakak Tua Tanimbar adalah burung kakak tua yang asalnya dari kepulauan Tanimbar,Provinsi Maluku. Ciri Kakak Tua Tanimbar yaitu ukuran panjangnya kisaran 31 cm, beratnya hingga 250 gram,yang membuatnya dijuluki sebagai kakak tua terkecil yang ada di Dunia.

Warna dominan putih dan hampir merata keseluruh tubuh,bahkan bulunya pada bagian paruh dan matanya pun memiliki warna putih yang keabu abuan. Burung ini mampu hidup hingga 30 tahun saja namun itu sudah digolongkan cukup lama meskipun lebih singkat dibandingkan kakak tua lainnya.


6.Kakak Tua Raja

Kakak Tua Raja

Kakak Tua Raja adalah kakak tua yang paling menyeramkan dari semua jenis kakak tua, kanapa ? yah karena ciri cirinya yang memiliki bulu berwarna hitam yang dominan hampir seluruh tubuh meskipun paruhnya,pipinya dan lidahnya berwarna merah tetap saja kakak tua ini dilihat berwarna hitam.

Ciri Kakak Tua raja Hitam yaitu ukurannya kisaran 55 s/d 60 cm, beratnya kisaran 900 s/d 1200 gram,dan juga merupakan kakak tua terbesar di dunia. Kakak Tua raja berasal dari Papua indonesia dan ada juga di australia dan papua new guina.









Demikian Artikel Ampuh mengenai 6 Jenis Burung Kakak Tua Asli Indonesia yang mengenalkan kita kepada keindahan dari Fauna Indonesia yang jarang kita ketahui, hal ini mungkin bisa menambah kecintaan kita kepada tanah air Indonesia.
Axact

Abdillah.S.A.S

Hanya Seorang Penulis Blog yang blognya selalu di copy paste tanpa ampun, dan Sekarang beralih menjadi penulis wisata di Aneka Wisata Nusantara

Post A Comment:

2 comments:

  1. Ternyata burung kakak tua banyak jenisnya yah gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan , silahkan baca jenis jenis buaya juga yang ada di artikel ampuh ^_^
      terima kasih sudah berkunjung

      Delete