Saturday, August 10, 2013

Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia - Apa Kabar Para Pembaca Se Tanah Air Indonesia, Beberapa hari lagi kita akan berpesta besar di Seluruh Indonesia,untuk merayakan dan memperingati hari kemerdekaan indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945 dan pada saat itu diadakan upacara peringatan dan pembacaan teks proklamasi yang mengingatkan kita ke detik detik kemerdekaan bangsa Indonesia.


Berikut Kutipan dari Teks Proklamasi Asli Yang Ditulis Oleh Bung Karno:


Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan

dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17 - 8 - 45
Wakil2 Bangsa Indonesia.

Adapun Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia Yaitu :

  1. Jika kita lihat dari sudut pandang hukum, proklamasi merupakan sebuah pernyataan yang berisi tentang keputusan Negara Indonesia untuk membuat atau menetapkan aturan hukum nasional Indonesia dan menghapus arturan hukum kolonial.
  2. Jika dilihat dari sudut pandang politik ideologis, proklamasi merupakan sebuah pernyataan negara Indonesia yang melepaskan diri dari penjajahan dan membuat atau membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka,bebas, dan berdaulat.
  3. Proklamasi juga merupakan puncak dari perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai dan memperjuangkan kemerdekaan.
  4. Proklamasi juga menjadi sebuah alat hukum internasional untuk menyatakan kepada seluruh rakyat indonesia dan seluruh dunia, bahwa Indonesia dapat mengambil nasibnya ke dalam tangannya sendiri untuk memegang seluruh hak kemerdekaan.
  5. Proklamasi merupakan sebuah lampu mercusuar yang selalu menunjukkan jalannya sebuah sejarah, memberikan inspirasi, dan banyak motivasi motivasi dari perjalanan bangsa Indonesia di segala keadaan.

Demikian Artikel Ampuh Mengenai Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia yang akan memberikan kita kesadaran nasional betapa pentingnya kemerdekaan itu untuk selalu dikenang dan dijadikan teladan,dan juga dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme bagi para pembaca artikel ampuh menjelang kemerdekaan yang akan datang beberapa hari kedepan.
Disqus Comments