Friday, January 10, 2014

Pengertian Dan Macam Macam Perjalanan Bisnis

Pengertian Dan Macam Macam Perjalanan Bisnis - Perjalanan Bisnis adalah perjalanan ke suatu tempat kerja yang berbeda  yang di tentukan oleh perusahaan. Perjalanan bisnis  adalah perjalanan yangdilaksanakan oleh seorang pimpinan suatu perusahaan yang berkaitan dengan tugas dan pekerjaan untuk jangka waktu yang tertentu.

Pelaksanaan perjalanan bisnis berbeda dengan perjalanan biasa. Seseorang yang melaksanakan perjalanan biasa , mempersiapkan sendiri segala sesuatunya , baik dalam menentukan tempat yang dituju maupun dalam menggunakan dana , dan biasanya keluarga pun ikut serta. Sedangkan pejalanan bisnis ,biasanya perusahaan yang memutuskan semuanya.
http://www.artikelampuh.blogspot.com/p/sitemap.html

Perusahaan yang menentukan tempat tujuan yang akan dikunjungi serta perusahaan yang membayar semua biaya untuk keperluan perjalanan bisnis  termasuk biaya transportasi , hotel , makan , minum dan tunjangan lainnya.

Dalam perjalanan bisnis , keluarga tidak ikut serta , karena perjalanan bisnis adalah urusan bisnis semata yang bertujuan untuk meningkatkan prospek bisnis agar lebih cerah,makmur dan dapat memperoleh banyak mitra usaha yang lebih baik, dan juga untuk meningkatkan dan mengembangkan semua kegiatan usaha dari sebuah perusahaan.

Oleh karena itu , perjalanan bisnis perlu dipersiapkan dengan baik oleh administrasi kantor atau sekretaris , sebagai asisten pimpinan perusahaan yang mempunyai tugas untuk mengurus keperluan pimpinan , mulai dari keberangkatan sampai dengan kepulangannya.

Untuk bisa mempersiapkan sebuah perjalanan bisnis , seorang sekretaris  harus mempunyai sedikit pengetahuan dan sebah keterampilan tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengaturan sebuha perjalanan bisnis dengan cermat , teliti dan rapih ,agar selama perjalanan bisnis tersebut pimpinan tidak menemukan kesulitan yang menghambat.

Seorang administrasi kantor / sekretraris harus mengetahui peraturan perusahaan yang mengatur tentang penggunaan transportasi pada perjalanan bisnis , seperti bagaimana prosedurnya , mengetahui hak hak pimpinan , serta mengetahui apa saja kewajiban perusahaan , apakah pimpinan dapat menggunakan fasilitas kelas utama (VIP) ,kelas ekonomi , atau menentukan sendiri kelas fasilitasnya.

Seorang administrasi kantor / sekretaris juga harus memiliki banyak pengetahun tentang hotel-hotel berbintang atau hotel tidak berbintang beserta tarif dan fasilitasnya , mengetahui tarif pesawat mengetahui tentang biro-biro perjalanan , dan mengetahui biaya sewa / rental mobil di tempat tujuan , bila pimpinan membutuhkan kendaraan roda empat.

Seorang administrasi kantor / sekretaris pun harus memutuskan segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan perjalanan bisnis . Pencarian informasi tentang tiket transportasi , akomodasi (penginapan) , beserta tarifnya sebaiknya dilakukan secara online dan pemesanan (reservation) sebaiknya dilakukan beberapa hari sebelum keberangkatan , karena jika pemesanan dilakukan menjelang keberangkatan , dikhawatirkan akan menghadapi berbagai kendala.

Adapun Macam - Macam Perjalan Bisnis

Ditinjiau dari segi wilayah negara tujuan , perjalanan bisnis dibedakan menjadi dua macam , yaitu :
  1. Perjalan Bisnis Dalam Negeri
    • Perjalanan Bisnis Antarkota dalam satu provinsi
    • Perjalanan Bisnis AntarProvinsi
  2. Perjalanan Bisnis Luar Negeri atau Perjalanan Antar Negara
Demikian Artikel Ampuh mengenai Pengertian Dan Macam Macam Perjalanan Bisnis yang dapat membantu proses pembelajaran siswa - siswi SMK Jurusan Perkantoran dan menambah sedikit pengetahuan untuk anda yang bekerja sebagai sekretaris atau seorang administrasi kantor.

Disqus Comments